Program latihan half marathon

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Menyelesaikan setengah maraton merupakan tujuan setiap pelari, dengan sedikit pelatihan terstruktur. Berikut strategi dan contoh rencana pelatihan bagi pelari dengan 13-mile pertamanya. Tujuan dari latihan ini bukan hanya untuk menyelesaikan balapan, tetapi untuk bersenang-senang di seluruh proses, dari hari pertama latihan hingga garis finish.

Buat rencana

Program latihan half marathon

Membuat rencana menuju babak pertama maraton akan meningkatkan kinerja serta pengalaman secara keseluruhan. Jangan lupa, berlari butuh waktu. Kecuali kita mampu berlari seolah-olah seperti rusa yang mudah berlari menuruni jalan setapak.

Sayangnya, kita adalah manusia. Butuh beberapa minggu pelatihan sebelum mengikuti setengah maraton apa pun. Pilih balapan beberapa minggu lagi dan kembangkan rencana pelatihan.

Hal ini akan membantu kita tetap fokus pada pelatihan selama satu hari pada satu waktu dan membuat lebih dekat di hari perlombaan.

Temukan partner selama latihan

Program latihan half marathon

Melatih diri tidak selalu mudah. Namun, akan jadi mudah bila kita dapat menemukan dukungan yang membantu pada proses latihan. Partner atau setidaknya komunitas akan membantu kita di saat rasa lelah sudah terlanjur menyelimuti.

Ketika tidak sedang ingin berlari, entah karena sibuk atau karena tidak lagi memiliki semangat, partner akan mendorong kita untuk tetap konsisten berlatih.

Coba race pace

Program latihan half marathon

Pelajari “kecepatan balapan”. Cara ini akan membantu kita untuk sedikit mendorong tubuh menjadi lebih baik. Praktikkan latihan kecepatan balapan sekali atau dua kali seminggu. Cara lain untuk mencoba kecepatan kita yaitu ikut lomba 5k atau 10k lokal pada akhir pekan.

Kompetisi lokal adalah ajang yang bagus untuk menambah semangat dalam latihan dan membuat kita belajar bagaimana berlari di tengah-tengah para pesaing lain. Salah satu kesalahan terbesar pada setengah maraton adalah merasa terlalu senang.

Akibat rasa senang yang berlebihan di tengah lomba, kita akan kehabisan energi dalam beberapa mil pertama. Kita pun tertinggal jauh dari para pelari lain. Kita bisa mencoba kecepatan ideal pada minggu-minggu menjelang perlombaan besar.

Latihan managemen bahan bakar tubuh

Program latihan half marathon

Berlari setengah maraton memberi banyak tekanan pada tubuh. Oleh sebab itu, amat penting mengetahui cara mengisi bahan bakar di tengah lomba. Pengisian bahan bakar pada pertengahan balapan bertujuan agar tidak berhenti di mil balap berikutnya.

Selama pelatihan, pastikan melatih berbagai jenis hidrasi dan upaya pengisian bahan bakar. Manajemen bahan bakar di tengah perlombaan pun mengajarkan kita untuk menganl sumber makanan apa yang cocok bagi lambung maisng-masing kita.

Ketika mengonsumsi makanan untuk bahan bakar tubuh pada pertengahan balapan, maka kita akan membaginya ke dalam 3 sesi: sebelum pertandingan, saat pertandingan, dan sesudah pertandingan.

Apabila sudah mengetahui 3 sesi tersebut, maka kita perlu mengetahui pula makanan apa yang dapat dicerna dan memungkinkan kita untuk mengoptimalkan kinerja, serta meminimalkan proses pembuangan.

Latihan lari, kecepatan, dan daya tahan

Program latihan half marathon

Salah satu kesalahan adalah tidak mampu menyelesaikan jarak tempuh yang sebelum balapan besar. Jangan takut untuk mendorong tubuh lebih kerasa dari sebelumnya. Meski terkadang menyiksa, kita memerlukannya.

Apabila sudah melakukannya, jangan lupa untuk memberi tubuh waktu istirahat. Ini akan membuat proses pemulihan berjalan optimal dan lebih singkat. Setengah maraton bukan lari santai di hari Sabtu. Latihan jangka panjang di setiap minggu akan mengoptimalkan performa kita selama perlombaan.

Supaya tidak terlalu menyiksa tubuh, pastikan di setiap minggu kita tambah atau tingkatkan performa latihan. Kita berikan beban sedikit lebih banyak pada kaki agar semakin kuat dan lebih kuat di setiap sesi latihan.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Program latihan half marathon” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Puma Hoops Hadir di Tanah Air

PUMA secara resmi meluncurkan koleksi basket untuk pasar Indonesia, PUMA Hoops. Rangkaian koleksi PUMA Hoops yang sudah hadir yakni PUMA Clyde Court,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *