Manfaat minum air es setelah olahraga

By:
Posted: June 10, 2019

Pendinginan setelah berolahraga, terutama di musim kemarau, adalah bagian penting dari pemulihan.


Namun, masih ada satu pertanyaan besar yang ada di kepala setiap olahragawan. Mana yang lebih bagus bagi kesehatan antara minuman dingin atau minuman hangat?



Manfaat minuman hangat untuk pendinginan


Manfaat minum air es setelah olahraga

Inilah yang terjadi ketika mengkonsumsi minuman panas di hari yang panas:




  • Suhu tubuh naik

  • Sensor di mulut, tenggorokan, dan saluran pencernaan mengirim sinyal ke otak untuk menghasilkan lebih banyak keringat

  • Peningkatan keringat ini adalah kunci untuk proses pendinginan

  • Sementara banyak berkeringat mungkin terasa tidak nyaman atau tampak tidak diinginkan, keringat membantu kita untuk mendinginkan melalui keringat menguap dari kulit.


Agar dampak pendinginan ini terjadi, kita harus berada di lingkungan di mana keringat dapat menguap.



Manfaat minum air es setelah olahraga


Manfaat minum air es setelah olahraga

Sebuah studi membandingkan suhu tubuh setelah berolahraga untuk orang-orang yang minum minuman hangat atau minuman dingin selama berolahraga.


Hasilnya, minum minuman 50˚C atau lebih dingin dibanding minuman di supermarket mampu mengurangi penyimpanan panas tubuh lebih dari minum minuman dingin.


Lalu, apa yang terjadi jika minum minuman dingin?


Minum air dingin atau menelan es setelah berolahraga dapat mengejutkan organ dan tidak membantu tubuh dengan proses pendinginan alami.


Apa yang terjadi ketika Anda minum minuman dingin selama berolahraga?


Selama berolahraga, panas tubuh bagian dalam bergerak ke permukaan tubuh. Di sisi lain, suhu bagian dalam benar-benar menurun.


Terlalu banyak konsumsi makanan atau minuman dingin akan menyebabkan pembuluh darah mengencang (membatasi aliran darah) dan membuat tubuh tetap panas. Ini akan membuat kita merasa lebih hangat, bukan lebih dingin.


Jadi, apa pilihan minuman terbaik tergantung cuaca? Coba ikuti panduan sederhana ini untuk memilih minuman saat berolahraga di cuaca panas.



Panduan konsumsi minuman dingin atau minuman panas setelah olahraga


Manfaat minum air es setelah olahraga

Apabila kita berolahraga di cuaca hangat, maka lebih baik mengonsumsi minuman suhu kamar. Konsumsi minuman panas untuk meningkatkan tingkat keringat dan membantu mendinginkan tubuh.


Bila ingin menggunakan air dingin, maka tuangkan air dingin di atas kepala dan bahu. Bisa juda dengan membungkus air es dengan handuk basah dan dingin di sekitar leher dan / atau pergelangan tangan. Oleskan es di bagian dalam pergelangan tangan.



Manfaat minum air es setelah olahraga. Sehat atau tidak bagi tubuh?


Manfaat minum air es setelah olahraga

Terlalu banyak air es di bawah 3 derajat Celcius kemungkinan membuat pembuluh darah menyempit dan hal ini berisiko menyebabkan aliran darah terhenti.


Namun, hal ini tidak akan terjadi hanya karena adanya perubahan suhu yang mendadak. Suhu yang terlalu dingin memang dapat menyebabkan penyempitan dan penyusutan pembuluh darah.


Oleh sebab itu, ketika kita mengonsumsi es krim atau cairan yang terlalu dingin, otak terasa seperti membeku. Kondisi ini merupakan cara tubuh untuk mengingatkan kita supaya jangan langsung mengonsumsi makanan atau minuman es terlalu cepat dan banyak.


Berdasarkan penjelasan di atas, maka hindari minum air es yang terlalu dingin dan terlalu banyak dalam situasi apa pun.



Alasan kenapa air es tidak dianjurkan dikonsumsi setelah olahraga


Manfaat minum air es setelah olahraga

Tidak cepat diserap tubuh
Air dingin lebih cepat melewati lambung dan langsung dikirim menuju usus halus untuk penyerapan yang lebih maksimal. Maka, minum air es akibatkan kita merasa semakin haus.


Buang air kecil
Semakin dingin suhu usus halus, urin semakin dingin dan sulit ditahan oleh kandung kemih. Akibatnya, kita akan sering buang air kecil. Jika terlalu sering, maka tubuh akan kekurangan potasium dan sodium.


Hyponatermia
Minum air terlalu banyak air es tanpa jeda berisiko menyebabkan hyponatermia. Hyponatermia terjadi karena sodium pada darah menurun drastis secara tiba-tiba.


Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan "Manfaat minum air es setelah olahraga" akan dikirim ke alamat emailmu.


GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.




Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts