Makanan penambah kecepatan lari

By:
Posted: June 10, 2019

Perlombaan yang baik tidak hanya berganting pada latihan saja. Untuk meningkatkan kecepatan dan kinerja, kita perlu juga mempertimbangkan makanan yang masuk ke dalam tubuh.


Makanan yang tepat pada waktu yang tepat dapat meningkatkan kinerja berlari. Plus, dapat mengurangi risiko cedera dan sakit. Berikut makanan penambah kecepatan lari:



Pisang sebagai penguat energi



Jika butuh penguat energi tinggi karbohidrat sebelum sore hari, pisang adalah pilihan terbaik. Buah ini mengandung dosis kalium yang sehat (sekitar 400 mg).


Pisang sangat diperlukan bila sedang lari jarak jauh atau dalam cuaca panas yang membuat kita berkeringat dan kehilangan mineral berharga. Kalium (serta mineral lainnya seperti natrium, magnesium, dan klorida) menyuplai ulang nutrisi yang hilang ini dan dan menurunkan tekanan darah pada saat bersamaan.



Gandum yang mengandung karbohidrat tinggi



Oatmeal adalah sarapan yang sempurna bila ingin berlari sesudahnya. Ini memberi banyak karbohidrat (satu porsi mengandung sekitar 25 g) dan tinggi serat. Plus, gandum memiliki indeks glikemik yang rendah.


Indeks glikemik menyebabkan kadar gula darah naik perlahan, memberi energi selama periode waktu yang lebih lama dan membuat merasa kenyang lebih lama. Perlu diketahui pula, orang dewasa yang sehat harus mendapatkan sekitar 50% dari total energinya dari karbohidrat.



Selai kacang kaya akan vitamin E



Selai kacang yang kita maksud adalah selai kacang murni tanpa aditif seperti gula, garam atau minyak. Makanan penambah kecepatan lari ini merupakan sumber vitamin E yang baik, yang merupakan antioksidan paling efektif di antara vitamin-vitamin tersebut.


Memang, kacang mengandung banyak lemak, terutama terdiri dari asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.


Selain itu, kacang juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, mempercepat pemulihan pasca-lari dan mencegah cedera. Selai kacang juga mengandung banyak protein sehingga membantu otot tumbuh. Letakkan selai kacang pada roti gandum dengan irisan pisang - rasanya luar biasa! Ini juga baik untuk camilan dengan beberapa irisan apel.



Brokoli dengan vitamin c-nya



Sayuran hijau ini penuh dengan vitamin C. Menurut penelitian, brokoli dapat membantu mengurangi risiko, atau bahkan mencegah sakit otot setelah latihan intensif. Brokoli juga merupakan sumber kalsium, asam folat, dan vitamin K yang baik, yang memperkuat tulang kita. Brokoli rasanya lezat bersama salmon atau daging sapi tanpa lemak.



Yogurt hambar yang kaya karbohidrat dan protein


Makanan penambah kecepatan lari

Yogurt adalah kombinasi sempurna antara karbohidrat dan protein. Ini memiliki nilai biologis hampir 85%, yang artinya memiliki persentase asam amino esensial yang tinggi (yang tidak dapat disintesis oleh tubuh dan karenanya harus diperoleh melalui makanan).


Bila dikonsumsi tepat setelah lari, Yogurt dapat mempercepat pemulihan dan dengan demikian melindungi otot-otot dari cedera. Kalsium yang terkandung di dalamnya juga memperkuat tulang. Manfaat tambahan dari yogurt adalah bakteri asam laktat hidup (probiotik).


Bakteri baik ini merangsang flora usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bakteri ini untuk semua orang, bukan hanya pelari yang berdedikasi.



Kopi tingkatkan intensitas latihan interval



Penelitian telah menunjukkan bahwa secangkir kopi dapat meningkatkan intensitas latihan interval. Kafein membantu berlari lebih cepat dan menutupi jarak latihan dalam waktu yang lebih singkat.


Yang penting diminum yaitu kopi hitam - tanpa susu dan gula. Beberapa orang berpikir jikalau kopi membuat tubuh terhidrasi. Padahal, itu tidak benar.


Yang benar, kopi meningkatkan produksi urin dan mengakibatkan kita harus pergi ke toilet lebih sering daripada biasanya. Yang mana, hal ini bukan sesuatu yang menyenangkan selama maraton.


Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan "Makanan penambah kecepatan lari" akan dikirim ke alamat emailmu.


GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.




Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts