Makanan penambah imun

By:
Posted: June 10, 2019

Tenggorokan sakit dan tubuh merasa meriang? Ingin terhindar dari masuk angin? Cara efektif untuk menghindari hal-hal tersebut dengan teratur mengonsumsi makanan penambah imun atau superfood.


Makanan super adalah makanan yang memiliki jumlah vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat tinggi. Konsentrasi nutrisi yang tinggi menjadikannya bagus untuk kesehatan.


Superfood atau makanan penambah imun dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghentikan virus sebelum mulai memperburuk kondisi kesehatan.



Bawang putih


Makanan penambah imun

Bawang putih tidak hanya memberikan rasa ekstra pada makanan, tetapi juga salah satu makanan terbaik untuk sistem kekebalan tubuh.


Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi rutin ekstrak bawang putih berdampak posistif pada tekanan darah dan kadar kolesterol tinggi.


Selain itu, bawang putih penuh dengan antioksidan, yang memperkuat pertahanan alami tubuh. Hal ini membuat bawang untuk menahan bau mulut.



Jahe


Makanan penambah imun

Akar jahe berasa pedas dan memiliki aroma sedap. Oleh sebab itu, jahe sering digunakan digunakan untuk menambahkan beberapa tendangan ke minuman, teh, sup, dan hidangan Asia.


Jahe bermanfaat mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit. Selain itu, jahe juga membantu mengurangi mual.


Makan jahe setelah makan dengan banyak bawang putih membantu menghilangkan bau akibat konsumsi bawang putih.



Goji berry


Makanan penambah imun

Goji berry atau wolfberry mengandung vitamin C, vitamin B, asam lemak esensial, asam amino, plus mineral dan elemen pelacak.


Campurkan Goji berry pada sarapan atau taburkan segenggam goji berry di atas muesli untuk meningkatkan kekuatan sistem kekebalan.



Biji chia


Makanan penambah imun

Benih chia awalnya berasal dari Meksiko, digunakan oleh suku Aztec dan Maya. Ada banyak alasan untuk makan biji chia di antaranya kaya akan:


Asam lemak omega-3 atau setara dengan 100 g mengandung sebanyak 1kg salmon
Menyediakan dua kali lebih banyak protein nabati daripada biji lain.


Apabila direndam ke dalam cairan, biji chia dapat mengembang hingga 10 kali ukuran asli dalam beberapa menit. Oleh sebab itu, biji chia sering digunakan untuk membuat puding. Selain itu, dapat pula ditabur di atas salad atau dicampur yogurt.



Matcha


Makanan penambah imun

Matcha adalah teh hijau bubuk dan populer sebagai pengganti kopi. Matcha mengadung antiradikal bebas, vitamin, mineral, dan ampuh untuk melawan pilek atau flu.


Cara paling populer untuk menyajikan bubuk adalah matcha latte. Bubuk hijau matcha juga bagus sebagai tambahan pada makanan yang dipanggang.


Saat membeli bubuk matcha, pastikan bubuk itu bebas gula dan zat tambahan. Tentu saja, kualitas organik akan lebih baik. Cara terbaik untuk menyimpannya yaitu di dalam lemari es.



Kubis


Makanan penambah imun

Kubis menjadi salah satu sayuran super. Di dalamnya terkandung antioksidan yang tinggi sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit, seperti Alzheimer dan arteriosclerosis.


Kita dapat menambahkan kubis ke dalam salad, camilan sehat keripik daun kubis, atau mencampurkannya bersama apel, kiwi, alpukat, dan jahe untuk membuat smoothie hijau.



Bluberi


Makanan penambah imun

Blueberry termasuk sebagai makanan bluberi yang mengandung vitamin C, potasium, serta vitamin penting lainnya.


Kita dapat mengonsumsi bluberi bersamaan dengan smoothie, oatmeal panggang, atau hanya sebagai camilan. Berry merupakan vitamin anti-inflamasi yang melindungi tubuh terhadap penyakit. Flavonoid yang dikandungnya memberi warna pekat yang menjadi ciri khasnya.



Bayam


Makanan penambah imun

Selain tinggi vitamin C, bayam juga mengandung asam folat untuk memperbaiki sel yang rusak. Semangkuk bayam yang telah matang mengandung lebih banyak kalium serta magnesium.


Kalium dan magnesium berfungsi sebagai elektrolit untuk menjaga kestabilan mineral tubuh. Kandungan ini juga dimiliki oleh sayuran lain. Konsumsi bayam paling sedikit dua hingga tiga kali dalam sepekan.


Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan "Makanan penambah imun" akan dikirim ke alamat emailmu.


GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.




Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts