Efek makan coklat

By:
Posted: June 10, 2019

Obat sempurna untuk mood di sore hari, patah hati, atau hanya sebagai camilan adalah coklat.


Hampir semua orang suka rasa manis dari. Namun, entah bagimana cokelat memiliki reputasi buruk. Misalnya, coklat sebabkan jerawat dan sakit kepala. Di sisi lain, cokelat juga dikatakan afrodisiak. Apakah mitos-mitos tentang coklat itu nyata?



Cokelat sebabkan jerawat


Efek makan coklat

Jika kita mengonsumsi terlalu banyak lemak atau gula, kulit menghasilkan lebih banyak minyak, yang mengarah pada pembentukan jerawat.


Karena cokelat sangat tinggi lemak, coklat dapat menyebabkan kotoran kulit. Namun, ini tergantung pada jenis kulit. Jika kita memiliki kulit berminyak, maka kita perlu mempertimbangkan diet coklat.



Cokelat tingkatkan libido


Efek makan coklat

Cokelat dikatakan sebagai afrodisiak. Meskipun kepercayaan ini sangat kuat, itu sebenarnya salah.


Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa hasrat seksual tidak meningkat dengan konsumsi cokelat. Kesalahpahaman bahwa cokelat merangsang pelepasan serotonin juga masih diperdebatkan.


Jumlah serotonim yang dapat diproduksi dalam tubuh setelah konsumsi cokelar terlalu kecil.



Cokelat hitam lebih sehat dibanding cokelat dengan warna lebih terang


Efek makan coklat

Cokelat hitam dikatakan lebih sehat daripada cokelat susu. Semakin gelap cokelat, semakin banyak antioksidan yang dimilikinya, yang dapat berdampak positif pada tubuh.


Efek positif dari cokelat hitam dinetralkan ketika dimakan bersama susu.



Efek makan coklat pada hati



Untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular (terutama stroke), disarankan agar kita makan sepotong cokelat hitam setiap hari.


Tips populer yang beredar luas mengatakan bahwa pola konsumsi seperti demikian dapat menurunkan tekanan darah.


Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal medis Heart mengungkapkan bahwa Flavonoid yang terkandung dalam tanaman kakao memiliki efek positif pada elastisitas pembuluh darah dan tekanan darah.



Cokelat akibatkan pusing kepala


Efek makan coklat

Banyak orang percaya bahwa makan cokelat dapat menyebabkan sakit kepala. Sebuah penelitian terhadap 63 wanita dilakukan untuk menyelidiki klaim ini dan sampai pada hasil yang mengejutkan: cokelat tampaknya tidak memicu sakit kepala.


Namun, mitos ini tampaknya tidak sepenuhnya salah. Jika kita sedang alami migrain, makanan tertentu seperti cokelat atau keju menjadi penyebab hal itu terjadi.



Efek makan coklat menurut medis


Efek makan coklat

Cokelat menghindarkan seseorang terkena penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). Hal itu dikarenakan:




  • Konsumsi cokelat menekan tekanan darah sistolik hingga dua poin.

  • Meningkatkan HDL (high-density lipoprotein) yang juga dikenal sebagai kolesterol baik. Cokelat dapat menurunkan LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat.

  • Mencegah diabetes melalui proses perbaikan resistensi insulin. Bagi penderita diabetes tipe 2, efek makan coklat dapat meminimalkan komplikasi dari gula darah tinggi.

  • Memperlancar aliran darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.


Cara konsumsi coklat


Efek makan coklat

Saat ini mudah ditemui cokelat kemasan dengan banyak bahan tambahan, sehingga akibatkan peningkatan kandungan lemak, gula, dan kalori. Hal itu tentunya tidak baik untuk kesehatan, karena bisa mengakibatkan beragam risiko penyakit.


Pada dasarnya, kakao dalam cokelat mengandung zat gula dan lemak yang rendah. Sedangkan serat yang dimiliki kakao sebagian besar berasal dari kulit ari biji kakao yang belum diproses.


Jika ingin memperoleh manfaat cokelat bagi kesehatan, maka pilih bubuk kokoa tanpa pemanis yang dapat disajikan pada susu rendah lemak, bubur gandum, atau makanan dan minuman lain.


Satu sendok makan bubuk kakao tanpa pemanis mengandung setidaknya 20 kalori, sekitar 0,5 gram lemak, 1 gram serat, dan lemak jenuh. Berbeda dengan cokelat hitam, cokelat tidak mengandung serat dan mengandung kalori, lemak dan lemak jenuh lebih tinggi.


Untuk memastikan nutrisi pada bubuk kako, perhatikan label pada kemasan produk sebelum membeli. Hindari produk dengan banyak bahan tambahan serta pemanis yang berlebihan.


Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan "efek makan coklat" akan dikirim ke alamat emailmu.


GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.




Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts