Cara memperkuat otot perut

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Ketika memperkuat otot di perut, punggung bagian bawah, dan glutes, secara otomatis kita sedang mengembangkan kekuatan, stabilitas, dan daya tahan yang lebih baik.

Selain itu, latihan perut akan memberi dampak positif ketika berlari, yaitu mempercepat lari, meningkatkan daya tahan pada jalur perbukitan, serta tenaga tetap stabil mil demi mil.

Berikut ini beberapa latihan cara memperkuat otot perut untuk meningkatkan performa lari:

X-Mountain Climber

cara memperkuat otot perut

Mulai dalam posisi tubuh terangkat tinggi dengan lengan lurus, pergelangan tangan di bawah bahu, tubuh membentuk garis lurus dari kepala hingga tumit.

Libatkan bagian tengah tubuh dan arahkan lutut kiri ke siku kanan. Bawa kaki kiri kembali ke posisi awal. Kemudian, arahkan lutut kanan ke siku kiri. Lanjutkan bergantian di antara kedua kaki secepat mungkin.

Squat Thrust

cara memperkuat otot perut

Berdiri dengan kaki selebar bahu dan lengan di samping. Arahkan pinggul ke belakang dan tekuk lutut untuk turun, jongkok dengan tangan di lantai.

Lakukan lompatan dengan kaki ke belakang sehingga mendarat di posisi tubuh horisontal. Lakukan lompatan dengan cepat menggunakan tangan dalam posisi jongkok. Ulangi seperti demikian seperti posisi awal.

Plank March

cara memperkuat otot perut

Mulai dalam posisi papan tinggi, dengan lengan lurus, pergelangan tangan langsung di bawah bahu, tubuh membentuk garis lurus dari kepala hingga tumit.

Tekuk siku kanan ke bawah lengan bawah ke lantai. Lengan kiri bawah ke lantai. Perpanjang lengan kanan, lalu lengan kiri untuk kembali ke posisi awal. Lanjutkan untuk mengulang, bergantian lengan mana yang memulainya.

Windshield Wiper

cara memperkuat otot perut

Berbaring telungkup di atas mattas dengan tangan lurus sehingga tubuh membentuk huruf “T” dan rentangkan kaki lurus ke atas ke arah langit-langit.

Jaga perut tetap kuat dan turunkan kaki ke kanan sejauh yang kitabisa tanpa mengangkat bahu dari lantai. Ayunkan kaki ke kiri dan turun sejauh mungkin tanpa mengangkat bahu. Lanjutkan bergantian dari sisi ke sisi.

Crab Kick

cara memperkuat otot perut

Duduk di lantai dengan kaki di tanah, tangan di bawah bahu, dan tekan tangan untuk mengangkat pinggul beberapa inci dari lantai.

Angkat tangan kanan dan kaki kiri, gerakkan keduanya secepat yang kita bisa. Ulangi dari posisi awal, dari satu sisi ke sisi lainnya. Lanjutkan bergantian di antara kedua kaki.

Panduan praktik cara memperkuat otot perut

Cara memperkuat otot perut

Supaya meminimalisir cedera dan mengoptimalkan hasilnya, ikuti tata cara mempraktikkan beberapa gerakan di atas, di antaranya:

  • Lihat gerakan yang perlu dilakukan
  • Scrol ke bawah untuk empat latihan perut yang berbeda untuk dicoba di rumah
  • Tentukan tujuan latihan: kekuatan, kekuatan, stabilitas, atau keseimbangan.
  • Ulangi latihan untuk membangun kekuatan, kekuatan, stabilitas atau keseimbangan yang optimal
  • Ulangi setiap latihan selama 30 detik, diikuti dengan istirahat 15 detik di antara gerakan, selama sirkuit 5 menit.
  • Tambahkan beberapa program latihan pada akhir latihan. BIsa dalam bentuk lari santai selama beberapa menit.

Adapun manfaat yang dapat kita peroleh secara langsung ketika memraktikkan latihan ini yaitu:

  • Power: latihan memperkuat kaki sehingga kuat melakukan pendakian di bukit terjal.
  • Strength: latihan bermanfaat untuk membangun stamina dan daya tahan di otot.
  • Stabilitas: latihan dipakai sebagai upaya mempertahankan performa ketika lari maraton.
  • Keseimbangan: meningkatkan keseimbangan tubuh, dari kaki, hingga perut, hingga lengan. Ini akan diterjemahkan menjadi bentuk lari yang lebih atletis dan seimbang.

Source: https://www.runnersworld.com/training/g23303464/ab-workouts-at-home/

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Cara memperkuat otot perut” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *