cara meningkatkan kecepatan lari dan stamina

By:
Posted: May 30, 2019

Biasanya, pelari tidak menghabiskan banyak waktu memikirkan ukuran bisep. Dan, tidak ada alasan pula kenapa mereka perlu melakukannya. Kebanyakan, lebih fokus membangun "kaki". Alhasil, kebanyakan pelari tidak pernah melatih tubuh bagian atas.


Namun, kondisi berbeda terjadi pada atlet 100m di Olimpiade. Semakin besar lengan, semakin cepat lari para atlet. Bagaimana bisa kekuatan dan ukuran lengan menjadi salah satu cara meningkatkan kecepatan lari dan stamina?



Cara meningkatkan kecepatan lari dan stamina dengan latihan kekuatan lengan


cara meningkatkan kecepatan lari dan stamina

Untuk sprint berlaku pada tingkat tertentu. Sprint merupakan teknik lari yang menghasilkan gerakan ke depan maksimum dalam periode waktu pendek. Lengan memberikan dorongan tambahan, melontarkan pelari ke depan.


Pundak yang kuat sangat penting untuk ini. Sementara kekuatan lengan memainkan peran kecil dibandingkan dengan gerakan lengan. Pada kompetisi yang ketat, dimana kecepatan seperseratus detik sangat penting, hal ini akan menjadi penentu kemenangan dan kekalahan.



Cara meningkatkan jarak tempuh lari dengan kekuatan lengan


cara meningkatkan kecepatan lari dan stamina

Soal lari jarak jauh, lengan besar merupakan kerugian. Alasannya, kekuatan lengan praktis tidak berdampak pada kinerja, lengan besar yang menggembung hanya akan menambah bobot pada tubuh.


Yang penting dalam lari jauh adalah teknik yang tepat. Ayunan lengan memengaruhi setiap gerakan mulai dari pinggul ke bawah. Jika mengayunkan lengan ebih cepat, maka frekuensi langkah akan meningkat. Ayunan lambat dan panjang menghasilkan efek sebaliknya: ini disebabkan oleh fakta bahwa gerakan lengan dan kaki dikoordinasikan oleh otak.



Cara meningkatkan kecepatan lari dan stamina dengan gerakan lengan


cara meningkatkan kecepatan lari dan stamina

Inilah cara menggunakan lengan ayun untuk meningkatkan kecepatan lari:




  • Tekuk siku pada sudut 90 derajat atau kurang

  • Biarkan lengan mengayun dengan longgar ke arah berlari (lengan tidak harus melewati garis tengah)

  • Jaga tangan tetap rileks dengan telapak tangan menghadap ke dalam. Jempol dan jari telunjuk harus menyentuh dengan ringan

  • Fokus pada dorongan siku ke belakang dibanding menariknya ke depan

  • Teknik lengan kanan membuat lari efisien. Namun, tidak kecepatan lari tidak akan optimal ketika akita belum membangun otot tubuh bagian atas (terutama otot inti).


Manfaat kekuatan tubuh bagi pelari


cara meningkatkan kecepatan lari dan stamina

Secara alami, otot kaki yang kuat sangat penting untuk berlari cepat, tetapi banyak pelari meremehkan pentingnya kekuatan tubuh bagian atas untuk kinerja lari yang baik:


Otot-otot perut dan punggung memainkan peran penting dalam menstabilkan tubuh bagian atas. Otot inti yang lemah menciptakan gerakan yang minim sehingga dorongan ke depan akan berkurang.


Tubuh bagian atas yang kuat sangat penting untuk menjamin distribusi energi yang efisien dari tubuh ke kaki. Tanpa ini, teknik lengan yang tepat tidak dapat memberikan dukungan optimal untuk kaki. Cara berlari yang efisien membantu lari lebih cepat dan mengeluarkan lebih sedikit energi.


Manfaat tambahan: otot perut dan punggung yang berkembang dengan baik membantu melindungi tulang belakang dari resiko lari. Dengan demikian, inti yang kuat sangat penting untuk meminimalkan risiko cedera.



Latihan tubuh bagian bawah bagi pelari


cara meningkatkan kecepatan lari dan stamina

Berikut adalah daftar latihan yang dapat dilakukan untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas di rumah, tanpa beban:




  • Latihan biceps berat badan dan latihan triceps

  • Latihan inti untuk pelari

  • Variasi papan dinamis

  • Latihan punggung bisa yang dilakukan di rumah


Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan "cara meningkatkan kecepatan lari dan stamina" akan dikirim ke alamat emailmu.


GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.




Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts