Tetap Berolahraga Saat Berpuasa

By:
Posted: May 28, 2019

PUASA DI BULAN RAMADHAN kerap menjadi alasan bagi sebagian besar orang untuk absen berolahraga. Alasan utama adalah tubuh yang tidak mendapatkan pasokan makanan dan minuman selama sekitar 13 jam. Sebetulnya, Anda masih bisa melakukan aktivitas fisik untuk memelihara kebugaran selama menjalankan ibadah puasa. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin mendapatkan hasil maksimal. Seperti yang dikemukakan Coach Romy Yulianto, seorang pelatih lari dan pengasuh GOFIT Midweek Training, berikut ini.
#1 Waktu Olahraga
Waktu terbaik olahraga saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan adalah beberapa saat menjelang berbuka dan sahur. Jika Anda memilih alternatif pertama, lakukan 30-40 menit sebelum waktu berbuka. Jika Alternatif kedua menjadi pilihan, 60-75 menit sebelum waktu sahur adalah periode yang ideal.
#2 Pertimbangkan Intensitas
Jika Anda bukan seorang atlet, lakukan berolahragalah seperti biasanya. Namun pertimbangkan masalah intensitas yang diterapkan. Apabila olahraga yang Anda lakukan hanya bertujuan untuk menjaga kebugaran, aktivitas fisik dengan intensitas ringan hingga sedang sudah sangat mencukupi.



#3 Pasokan Nutrisi
Pastikan Anda memasok tubuh dengan nutrisi dan cairan yang memadai selama periode berbuka hingga sahur. Untuk mencegah dehidrasi, pasok tubuh dengan 1,5-2 liter cairan tiap hari. Selain itu, pertimbangkan keseimbangan nutrisi yang Anda konsumsi dengan mengatur komposisi karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin serta mineral yang Anda konsumsi tiap hari..
5. Istirahat dengan Memadai
Waktu tidur yang mencukupi akan sangat membantu tubuh Anda. Selain membantu memelihara kesehatan tubuh, istirahat yang memadai juga mempercepat proses pemulihan. Selamat berolahraga!

 

Video: Courtesy INews

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts