Susu non hewani bagi yang alergi luktosa

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Susu non hewani untuk mereka yang alergi luktosa susu. Faktanya, beberapa orang enggan mengonsumsi susu sapi karena alergi susu dan intoleransi laktosa hingga prinsip etika. Tapi apa yang dikatakan sains tentang minum susu sapi? Apa saja alternatif non-susu?

Kandungan nutrisi pada susu sapi

Susu non hewani

Susu adalah minuman yang sangat kompleks. Setidaknya, 100 g susu sapi mengandung:

  • 87 g air
  • 3 g protein
  • Lemak 4 g (sekitar 50% terdiri dari asam lemak jenuh seperti asam palmitat, sekitar 25% adalah asam lemak tak jenuh seperti asam oleat, dan sisanya adalah asam lemak tak jenuh ganda seperti asam linoleat)
  • 5 g karbohidrat (terutama laktosa)
  • Vitamin seperti A, B1, B2, B3, B5, B6; biotin, asam folat, B12, C, D, E, dan K.
  • Mineral seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium, fosfor, belerang, dan klorida.
  • Elemen tambahan seperti besi, tembaga, seng, mangan, fluorida, dan yodium.

Hormon-hormon yang terkandung dalam susu telah menyebabkan banyak diskusi tentang bagaimana dan berapa banyak susu yang perlu dikonsumsi.

Dua hormon yang ditemukan dalam susu adalah estrogen dan progesteron, diproduksi tubuh kita sebagai hormon seks. Lainnya termasuk hormon bioaktif, seperti insulin dan prostaglandin.

Resiko mengonsumsi susu

Susu non hewani

Minum terlalu banyak susu bisa berdampak buruk bagi kesehatan, di antaranya:

Beberapa penelitian membuktikan bahwa konsumsi susu berperan dalam pembentukan jerawat.
Minum terlalu banyak susu juga terbukti meningkatkan risiko kanker ovarium dan prostat.
Tidak ada bukti ilmiah bahwa wanita yang minum lebih banyak susu memiliki kepadatan tulang yang lebih tinggi.

Jenis susu non dairy (susu non hewani) untuk mereka yang alergi susu

Susu non hewani

Susu kelapa
Santan adalah alternatif susu yang baik dan tersedia di supermarket. Susu kelapa dibuat dengan mencampur daging kelapa dan merupakan sumber nutrisi baik karena mengandung magnesium, zat besi, dan kalium.

Santan juga mengandung asam laurat, asam lemak rantai menengah langka yang mudah diserap tubuh dan digunakan untuk energi.

Perlu dicatat bahwa santan tinggi lemak dan kalori. Meskipun banyak manfaatnya, kita tetap harus mengatur porsi yang lebih kecil. Saat membeli santan, cari santan organik murni, yang umumnya dijual dalam kaleng. Meskipun kelapa tidak berhubungan langsung dengan kenari, orang dengan alergi kenari dapat mengalami gejala alergi.

Susu almond
Susu almond merupakan campuran almond dan air yang ditumbuk halus. Jenis susu ini merupakan alternatif susu sapi yang sangat baik. Di dalamnya, bebas dari alergen dan tidak mengandung laktosa, protein kedelai, atau gluten.

Susu almond memiliki sifat anti-inflamasi dan mungkin lebih mudah dicerna daripada susu susu. Kelemahan dari susu almond adalah sering memperoleh gula tambahan dan diperkuat dengan banyak nutrisi tambahan.

Sebagai langkah antisipasi, beli susu almond organik polos, atau bahkan lebih baik, buat sendiri. Kita dapat menemukan petunjuk langkah demi langkah secara online.

Susu gandum
Susu oat adalah alternatif susu yang baik, karena tidak mengandung laktosa atau protein susu. Karena biji-bijian sereal kaya serat, ia juga membuat cepat kenyang. Susu oat sering dikatakan mengandung gluten, tetapi masih menjadi perdebatan.

Beberapa sereal berikut mengandung gluten: gandum, gandum hitam, ejaan, gandum, dan gandum einkorn.

Kadang-kadang gandum juga termasuk dalam daftar ini, karena gandum sering terkontaminasi oleh biji-bijian yang mengandung gluten dan karenanya mengandung protein lain yang disebut avenin. Akibatnya, muncul gejala yang mirip dengan yang disebabkan oleh intoleransi gluten. Orang dengan sensitivitas gluten harus berhati-hati dengan susu gandum.

Susu kedelai
Susu kedelai adalah alternatif susu vegan yang populer dan cocok untuk orang-orang dengan laktosa, protein susu, atau intoleransi gluten. Pengganti susu ini juga merupakan sumber protein dan asam lemak esensial yang baik.

Meskipun demikian, susu kedelai menghadapi banyak kritik. Ini mengandung isoflavon, yang memiliki struktur kimia yang mirip dengan hormon estrogen, yang diproduksi tubuh. Akibatnya, minum susu kedelai dapat memengaruhi efek estrogen dalam tubuh- baik secara positif maupun negatif. Jangan mengonsumsinya secara berlebihan dan hindari memberikan produk kedelai kepada bayi atau balita.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Susu non hewani” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *