10 Makanan yang Menurunkan Kadar Kolesterol Secara Alami

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

JIKA ANDA sudah mengonsumsi makanan-makanan yang membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami teruskan tindakan Anda. Selain itu, pertimbangkan pula untuk mengonsumsi 10 makanan dalam daftar yang ada di bawah ini untuk menyingkirkan kolesterol jahat.
#1 OATS
Jika Anda berusaha menurunkan kadar kolesterol, kuncinya cukup sederhana: Ubah hidangan yang Anda konsumsi saat sarapan. Mengganti menu makan pagi dengan hidangan yang mengandung dua porsi oats bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) hingga 5,3 persen dalam enam minggu. Oats mengandung beta-glucan, sebuah zat yang menyerap LDL, yang oleh tubuh kemudian diusir keluar.
#2 RED WINE
Para ilmuwan kembali memberi alasan bagi Anda untuk menenggak minuman beralkohol. Ya, red wine membantu Anda menurunkan kadar kolesterol. Sebuah studi yang dilakukan departemen metabolisme dan nutrisi di Universidad Complutense de Madrid, Spanyol, menemukan, mereka yang mengonsumsi suplemen anggur, yang memiliki komponen yang ditemukan di red wine, menurun kadar kolsterol LDL-nya hingga sembilan persen. Sebagai tambahan, mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi, menurun kadar LDL-nya hingga 12 persen.
#3 SALMON DAN IKAN BERLEMAK
Asam lemak omega-3 adalah salah satu keajaiban dunia yang memberikan manfaat kesehatan dan telah terbukti mampu menyingkirkan ancaman penyakit jantung, dementia, dan beragam penyakit lainnyaa. Dan sekarang, asam lemak ini bisa menambah daftar manfaat kesehatan yang diberikannya dengan menurunkan kadar kolesterol jahat. Merujuk sebuah penelitian dari Loma Linda University, menggantikan lemak jenuh dengan omega-3 seperti yang ditemukan pada salmon, sardin, dan hering bisa meningkatkan kadar kolesterol baik sebanyak empat persen.
#4 KACANG-KACANGAN
Jika Anda mencari cemilan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, mulailah mengonsumsi kacang-kacangan. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition melaporkan, sekitar 50 gram walnut, yang dikonsumsi enam kali seminggu selama satu bulan akan menurunkan kadar kolesterol (total) sebanyak 5,4 persen dan kolesterol LDL sebanyak 9,3 persen. Almond dan kacang mete juga bisa menjadi opsi yang baik. Selain baik untuk kesehatan jantung, kacang-kacangan juga tinggi kalori. Jadi, waspada dengan porsinya.
#5 TEH
Selain dikenal karena kandungan antioksidannya yang memerangi kanker, teh juga bisa membantu Anda menurunkan kadar kolesterol LDL. Menurut penelitian yang dilakukan USDA, teh hitam terbukti mampu mengurangi kadar lemak dalam darah hingga 10 persen dalam waktu hanya tiga minggu. Temuan ini disimpulkan dalam sebuah peneltian yang lebih besar tentang bagaimana teh membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.
#6 COKELAT
Ya, kandungan antioksidan yang dimiliki cokelat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada 2007 di AJCN, partisipan yang diberi kakao bubuk selama 12 minggu meningkat kadar HDL-nya 24 persen, dibandingkan peningkatan lima persen pada kelompok kontrol. Ingat, pilih dark chocolate atau yang pahit. Dibandingkan dengan susu cokelat, dark chocolate atau jenis yang pahit memiliki antioksidan tiga kali lipat.
#7 BAWANG PUTIH
Selain memberi rasa pada berbagai jenis hidangan, bawang putih masuk dalam daftar makanan yang membantu Anda menurunkan kolesterol. Bawang putih telah terbukti mencegah penggumpalan darah, mengurangi tekanan darah, dan melindungi dari ancaman infeksi. Penelitian terbaru menemukan, bumbu dapur ini juga membantu menghentikan pembentukkan plak yang menyebabkan penyumbatan arteri dengan mencegah partikel kolesterol menempel di dinding arteri.
#8 MINYAK ZAITUN
Berita baik: Bahan untuk memasak ini bisa memelihara kesehatan Anda. Minyak zaitun kaya kandungan asam lemak tak jenuh tunggal, yang menurunkan kadar kolesterol LDL dampak sampingan yang membantu menyingkirkan lemak perut.
9 BAYAM
Sayuran ini mengandung lutein, sebuah pigmen berwarna kuning yang juga ditemukan di sayuran berwarna hijau gelap dan kuning telur. Lutein telah memiliki reputasi sebagai pelindung indera dengan mencegah macular degeneration yang terjadi seiring pertambahan usia. Sekarang, penelitian juga menyarankan Anda mengonsumsi setengah cangkir makanan kaya lutein untuk mencegah serangan jantung dengan membantu dinding arteri menyingkirkan partikel kolesterol yang menyebabkan penyumbatan.
#10 APOKAT
Apokat merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu meningkatkan kadar lolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL. Kelebihan lainnya, buah ini mengandung beta-sitosterol, yang membantu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Karena apokat kaya kandungan kalori, jangan lupa untuk mempertimbangkan porsi yang Anda konsumsi.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *