Ini Alasan Anda Harus Melakukan Cooling Down

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

MENGAPA ANDA harus melakukan cooling down (pendingan) setelah melakukan aktivitas fisik? Sebelum menjawab pertanyaan ini, sebaiknya Anda perlu memahami dulu apa itu cooling down, yang juga dikenal dengan sebutan warming down atau limbering down. “Pendinginan adalah aktivitas fisik ringan yang dilakukan setelah berolahraga, yang dimaksudkan untuk membuat tubuh bertransisi menuju zona detak jantung istirahat setelah bergerak pada tiitik maksimal,” ujar Edwin Sutjipto, seorang certified trainer dan sports enthusiast yang berbasis di Bandung.
Lebih lanjut dikemukakan, selain itu cooling down juga meningkatkan fleksibiltas tubuh dengan mengembalikan kondisi seperti semula melalui gerakan-gerakan ringan. Upaya ini bertujuan menurunkan denyut jantung yang berdegup cepat menjadi stabil sebagaimana kondisi awal.
Salah satu bagian dari cooling down adalah peregangan atau stretching. Gerakan-gerakan penutup kegiatan berolahraga ini dimaksudkan untuk meminimalisasi dampak DOMS (delayed onset muscle Soreness) atau suatu kondisi di mana otot terasa nyeri dan kaku dalam beberapa jam ataupun hari setelah melakukan aktivitas fisik. Salah satu langkah paling mudah untuk melakukan stretching adalah melemaskan otot dengan memanjangkan ataupun menarik otot-otot yang telah memendek akibat kontraksi saat berlatih.
Mayoritas penelitian mengungkapkan, cooling down membantu seseorang meningkatkan performa dan mengurangi risiko cedera. Jadi, jika Anda ingin tampil lebih baik dalam setiap jenis olahraga yang Anda lakukan dan membangun benteng anti-cedera, pastikan selalu melakukan cooling down. Salam olahraga!

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *