Program olahraga kardio yang paling efektif untuk berbagai tujuan

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Lakukan latihan atau kemudian program diet cepat? Apakah ini akan berpengaruh terhadap keberhasilan latihan? Ini semua tergantung pada tujuan pelatihan. Yang pasti, kita perlu program olahraga kardio yang paling efektif.

Menurunkan berat badan

Program olahraga kardio yang paling efektif untuk berbagai tujuan

Sebaiknya, lakukan latihan kekuatan sebelum daya tahan tubuh habis. Cara ini dipakai untuk mengosongkan simpanan karbohidrat. Tujuannya, memaksa tubuh untuk mendapatkan energinya terutama dari lemak daripada karbohidrat selama berlari.

Meskipun benar bahwa persentase lemak yang jauh lebih tinggi dibakar untuk energi, pembakaran kalori, di sisi lain, relatif rendah karena intensitas latihan yang rendah.

Jika ingin menurunkan berat badan, keseimbangan energi negatif adalah kuncinya. Jika ingin membakar lebih banyak kalori, maka berat badan akan turun secara otomatis.

Pada akhirnya, yang penting adalah berapa banyak kalori yang ingin dibakar melalui latihan. Sebarkan latihan selama beberapa hari. Dengan begitu. kita dapat berlatih dengan intensitas tinggi dan membakar banyak kalori.

Selain itu, tubuh akan mendapat kesempatan untuk pulih dengan benar sebelum latihan berikutnya.

Membangun otot dan meningkat kekuatan

Program olahraga kardio yang paling efektif untuk berbagai tujuan

Jika tujuan kita untuk membangun otot dan / atau meningkatkan kekuatan maksimum, lakukan sesi kekuatan sebelum latihan ketahanan. Sebaiknya, hindari latihan untuk membangun kekuatan ketika otot-otot sudah lelah.

Kondisi ini dipilih untuk meminimalisisr cedera. Ketika otot dipaksa untuk mengangkat beban dan/atau melakukan latihan kekuatan maksimum, otot yang lelah berpotensi alami cedera.

Setelah sesi kekuatan, kita tidak disarankan pula melakukan latihan yang menguras daya tahan. Hal ini dapat mengganggu proses pembentukan otot. Tubuh membutuhkan banyak pemulihan untuk memperbaiki dan membangun kembali jaringan otot. Dan, otot yang lelah meningkatkan risiko cedera.

Meningkatkan daya tahan selama berlari

Program olahraga kardio yang paling efektif untuk berbagai tujuan

Jika tujuan latihan yaitu meningkatkan daya tahan maka pergilah untuk berlari sebelum latihan kekuatan.

Untuk menghasilkan rangsangan pelatihan yang efektif, otot harus diistirahatkan sebelum sesi lari panjang dan / atau intensif. Otot-otot yang lelah sebelum berlari berdampak negatif terhadap gerakan dan bentuk lari.

Akibatnya, latihan akan menyebabkan ketegangan dan cedera yang terlalu sering pada sendi dan otot. Ketika ingin berlari setelah latihan kekuatan, maka pastikan untuk lari pendek dan intensitas rendah di zona ketahanan dasar.

Meningkatkan performa tubuh akibat program fitness

Program olahraga kardio yang paling efektif untuk berbagai tujuan

Pada dasarnya, kita dapat melakukan latihan kardio dan latihan kekuatan lan sesuai keinginan.

Namun, agar program berlangsung konsisten, kita perlu menetapkan tujuan pelatihan khusus untuk setiap sesi. Dengan begitu, kita dapat memperoleh hasil yang maksimal dari latihan.

Secara umum, kita dianjurkan untuk melakukan dua latihan secara berurutan. Hal ini mengakibatkan kita memperoleh hasil yang lebih baik dalam pelatihan kekuatan sekaligus ketahanan. Asalkan, kita memberi waktu atau jeda yang pas bagi tubuh untuk pulih.

Jika ingin menggabungkan latihan kekuatan dan daya tahan, maka kita peru mengikuti urutan yang paling cocok sesuai tujuan pelatihan secara spesifik.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Program olahraga kardio yang paling efektif” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *