7 Tip Perawatan Kulit untuk Anda yang Suka Berolahraga

By:
Posted: May 24, 2019

MELAKUKAN OLAHRAGA TIM, berlari, berenang, bersepeda, dan aktivitas lainnya merupakan cara yang baik untuk memelihara kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan. Namun... beragam olahraga tersebut membuat Anda harus melakukan hal-hal tertentu untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Tip-tip yang ada berikut akan memastikan Anda memelihara kebersihan dan kesehatan kulit sembari menikmati manfaat dari aktivitas fisik yang Anda lakukan.
#1 OLESKAN TABIR SURYA
Berkeringat tak membuat Anda kebal dari kerusakan akibat terpaan sinar matahari. Selalu gunakan tabir surya saat Anda berolahraga di luar ruang. Ya, mengelap keringat memang akan menghilangkan tabir surya dari permukaan kulit. Jadi Anda bisa mengoleskannya berkali-kali, terutama setelah mengelap keringat. Dan jika Anda berenang atau melakukan olahraga di air lainnya, lapiskan lagi tabir surya saat Anda keluar dari air.
#2 JANGAN LUPA MANDI
Debu, kotoran, keringat, dan bahkan klorin di kolam renang bisa menutup pori-pori serta membuat kulit menjadi kering. Mandi untuk mengusir kotoran atau bakteri. Jangan lupa mengoleskan pelembab sesegera mungkin setelah mandi, saat kulit Anda masih lembab.
#3 GUNAKAN PAKAIAN YANG MELINDUNGI
Bahan ringan yang menyerap keringat akan bekerja sangat baik dan membiarkan kulit bernapas. Pastikan Anda membawa pakaian ekstra sehingga Anda tidak melewatkan banyak waktu dengan pakaian penuh keringat saat selesai berolahraga. Pakaian yang basah dengan keringat bisa menyebabkan iritasi dan kulit melepuh akibat gesekan.
#4 KAOS KAKI BERSIH
Pastikan mengganti kaos kaki secara rutin untuk menghindari athletes foot. Jika Anda berada di area kolam renang, kamar mandi umum, atau ruang ganti, pastikan menggunakan flip flop sandal sehingga telapak kaki tidak langsung bersentuhan dengan lantai.
#5 GUNTING KUKU SECARA RUTIN
Pastikan melakukan hal ini. Terutama jika Anda seorang pelari. Ketika berlari, telapak kaki menekan jari-jari kaki ke ujung sepatu. Hal ini bisa mengangkat kuku dari bantalannya. Memotong kuku secara rutin akan mencegah hal ini. Namun jika itu tidak terjadi, konsultasikan dengan dokter.
#6 KULIT MELEPUH ITU BIASA
Kulit yang melepuh biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun pastikan menjaga area yang melepuh dari gesekan atau apapun yang menyebabkannya melepuh. Jika Anda perlu mengeluarkan cairannya, gunakan jarum yang steril dan tusuk satu lubang kecil di satu sisi, kemudian tekan bagian yang melepuh untuk menguras cairannya. Bersihkan area tersebut dan tutup dengan pembalut untuk membantu mencegah infeksi.
#7 JANGAN BERBAGI PERLENGKAPAN
Khususnya topi, sarung tangan, helm, dan athletic supporter. Perlengkapan-perlengkapan ini bisa menahan bakteri dan kemudian mengirimkannya dari satu orang ke orang lainnya. Pastikan perlengkapan yang bisa digunakan untuk berbagi dibersihkan atau dibersihkan secara rutin.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts