Tips membeli sepatu yang nyaman dan hindarkan cedera

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Tips membeli sepatu | Kaos, celana pendek, dan sepatu lari adalah perlengkapan wajib untuk menyusuri trotoar. Berlari tidak membutuhkan banyak peralatan atau uang. Namun, tidak demikian dengan sepatu lari milik kita. Kita wajib mempertimbangkan sepatu lari yang “pas” bagi masing-masing individu.

Pemilihan sepatu sering membuat perbedaan antara rasa nyaman saat berlari atau tersiksa selama menjalaninya. Pakar lari Sascha Wingenfeld menekankan peran penting sepatu.

Menurut Sascha, “Sepatu menjadi pendamping penting bagi kita untuk menempuh ratusan kilometer. Karena itu, penting mmepertimbangkan dampak sepatu pada tubuh serta mengurangi tekanan pada persendian dan jaringan ikat.”

Ada berbagai macam model sepatu, sistem bantalan dan fitur stabilitas dari berbagai produsen. Tetapi berapa lama sepatu lari kita dapat terus memberikan dukungan 100% dan penyerapan kejutan?

“Sayangnya, sulit menentukan angka seberapa maksimal performa sepatu bila telah digunakan sejumlah kilometer tertentu. Sejumlah tes dalam beberapa tahun terakhir telah menemukan bahwa umur sepatu tergantung pada banyak faktor yang berbeda, ” menurut Sascha. Setidaknya, ada enam faktor penting yaitu:

Jadikan berat badan sebagai tips membeli sepatu yang utama

Tips membeli sepatu yang nyaman dan hindarkan cedera

Semakin berat bobot pelari, semakin banyak keausan pada sepatu. Kedengarannya masuk akal, dan memang begitu.

Yang perlu disadari, dampak dari setiap tekanan atau daya dari kaki akan diterima sepati hingga lima kali berat badan.

Perhatikan usia sepatu

Tips membeli sepatu yang nyaman dan hindarkan cedera

Pelatihan lari bukan satu-satunya hal yang membuat umur sepatu menjadi semakin menua; Cuaca dan oksidasi juga berperan.

Seiring waktu, fitur bantalan dan stabilitas akan semakin lemah bahkan ketika kita tidak menggunakannya sama sekali.

Ketahui cara penggunaan (lari atau berjalan pelari)

Tips membeli sepatu yang nyaman dan hindarkan cedera

Teknik yang dinamis, ringan, dan cepat, di mana kaki hanya melakukan kontak singkat dengan tanah, mengurangi tekanan pada sepatu.

Jika bentuk pelari agak canggung dan tidak dinamis, ia akan menghentak tanah dengan seluruh berat badan. Akibatnya, sepatu akan menerima banyak tekanan tambahan pada bahan sepatu dan membuatnya menua lebih cepat.

Pertimbangkan bentuk permukaan jalur lari

Tips membeli sepatu yang nyaman dan hindarkan cedera

Permukaan jalur lari berpengaruh pula pada keausan pada sepatu. Jika sepatu sering digunakan pada aspal, tapak dan sistem bantalan akan aus.

Apabila berlari di jalur hutan yang lembut dan berbatu-batu, tidak akan ada banyak tanda aus pada sol karena efek bantalan tanah akan melunakkan benturan dan mengurangi beberapa tekanan pada sepatu.

Sesuaikan ukuran sepatu dengan kaki

Tips membeli sepatu yang nyaman dan hindarkan cedera

Memilih ukuran sepatu yang tepat juga penting untuk menjaga fungsionalitas. Kaki kita akan mengembang saat bersentuhan dengan tanah karena tekanan dari berat tubuh.

Jika memilih sepatu lari yang terlalu kecil atau pas, maka sepatu beresiko meregangkan jahitan. Oleh sebab itu, pilih sepatu lari satu ukuran lebih besar dari sepatu biasa. Pastikan lebar ibu jari antara ujung jempol kaki dan jahitan sepatu cukup luas.

Pilih model sepatu tepat

Tips membeli sepatu yang nyaman dan hindarkan cedera

Model atau jenis sepatu lari memiliki pengaruh terbesar pada usia sepatu. Sepatu netral yang ringan yang tidak menawarkan dukungan untuk masalah ortopedi tidak akan bertahan lama.

Pilih sepatu yang paling cocok dengan teknik lari. Jika kita seorang pelari yang telah berlari tanpa cedera selama bertahun-tahun dan telah menguasai bentuk lari yang baik, maka kita tidak perlu membeli sepatu dengan fitur stabilitas.

Berbeda bagi pemula. Kita butuh sepatu dengan fitur stabilitasi agar kontrol pendaratan pijakan dan pergelangan kaki tepat sehingga potensi cedera menjadi minim.

Sepatu dengan fitur stabilitas dibagi menjadi dua jenis: sepatu overpronasi yang membuat pergelangan kaki tidak menggulung ke dalam, dan sepatu supinasi atau underpronasi yang memberi struktur di bagian luar kaki.

More to explorer

Efek squat setiap hari

Efek squat setiap hari

Latihan ini dimulai dengan squat 5 kali seminggu, mulai dari 50 hingga 200-300 pengulangan per hari. Latihan ini sudah banyak dilakukan oleh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *