Rahasia Latihan Angkat Beban Terbaik untuk Pemula

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

LATIHAN ANGKAT BEBAN adalah cara terbaik untuk membantu Anda memahat dan membentuk tubuh ideal. Tidak mengetahui bagaimana cara memulainya? Berikut adalah rahasia terbaik untuk memulai latihan angkat beban dan cara memilih beban yang yang tepat untuk (kemampuan) Anda.
LANGKAH 1: Free Weight atau Mesin Beban?
Jika sebelumnya Anda belum pernah melakukan latihan kekuatan, mesin beban akan membantu Anda mempelajari rangkaian sebuah gerakan latihan (yang menarget otot-otot tertentu) dengan aman. Karena mesin beban biasanya melatih otot secara terisolasi, alat ini merupakan pilihan yang bagus jika Anda ingin membangun atau membentuk otot-otot tertentu. Namun jika Anda ingin membangun kekuatan tubuh secara menyeluruh dan mengutamakan bentuk tubuh yang proporsional, free weight adalah pilihan yang lebih fungsional karena menyerupai gerakan tubuh Anda dalam rutinitas sehari-hari. Selain itu, dengan free weight Anda bisa melatih lebih dari satu kelompok otot dalam satu gerakan latihan. Anda butuh keseimbangan dan koordinasi tubuh lebih ketimbang menggunakan mesin beban. Jadi mulai dengan beban yang ringan.
LANGKAH 2: Berapa Berat Beban yang Harus Diangkat
Jika Anda baru saja memulai, prioritas utama Anda adalah melakukan gerakan dengan teknik dan postur yang sempurna. Jadi mulai dengan beban ringan hingga Anda merasa nyaman dengan gerakannya. Jika Anda sudah menguasai gerakannya, pilih beban yang bisa Anda angkat dalam 8-12 repetisi. Repetisi-repetisi terakhir seharusnya sangat menantang kemampuan Anda, namun tidak begitu berat sehingga Anda harus kehilangan teknik dan postur yang sempurna untuk menyelesaikannya. Selain itu pertimbangkan tujuan Anda. Jika ingin membangun kekuatan, angkat beban yang berat dengan 1-5 repetisi untuk tiap set. Jika ingin membangun ketahanan otot, pilih beban yang ringan, namun tingkatkan repetisi hingga sekitar 15-20 repetisi tiap set.
LANGKAH 3: Kapan Saat yang Tepat Menambah Berat Beban
Ketika Anda merasa bisa melalui repetisi dalam setiap set dengan mudah, itu pertanda yang tepat untuk menambah berat beban. Ikuti aturan ini: Jika Anda bisa melakukan 2 repetisi tambahan dalam dua set berturut-turut, tambah berat beban yang Anda gunakan. Merasa nyaman di set kedua, namun merasa kelelahan di set berikutnya? Kurangi 2 repetisi untuk tiap setnya.

More to explorer

Efek squat setiap hari

Efek squat setiap hari

Latihan ini dimulai dengan squat 5 kali seminggu, mulai dari 50 hingga 200-300 pengulangan per hari. Latihan ini sudah banyak dilakukan oleh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *