Program interval training untuk bakar kalori berlebih

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Program interval training | Latihan interval semakin populer karena dianggap sebagai salah satu metode latihan pembakar kalori paling efektif. Selain itu, latihan inteval pun digunakan untuk meningkatkan kinerja fisik.

Bagi pemula, latihan interval menyenangkan untuk diterapkan. Agar proses tidak berjalan mengecewakan, berikut tersaji latihan interval terbaik yang cocok menjadi bagian dari rutinitas kita.

Apa saja bentuk program interval training?

Program interval training untuk bakar kalori berlebih

Pelatihan interval adalah jenis pelatihan di mana aktivitas yang dipilih sedikit tetapi intensitasnya tinggi. Latihan interval diharapkan memudahkan kita untuk mengontrol kesulitan di beberapa sesi latihan.

Ada dua cara untuk melakukan ini: durasi atau intensitas pekerjaan dan periode pemulihan, dan dengan jumlah total interval. Ketika kita mengubah salah satu dari parameter ini, Anda juga mengubah tekanan pada tubuh.

Cara program interval traing membakar kalori berlebih

Program interval training untuk bakar kalori berlebih

Intensitas tinggi dari periode latihan meningkatkan stimulus bagi otot-otot. Dengan cara ini, kita mencapai efek latihan yang jauh lebih besar pada rentang waktu yang sama dengan lari jarak menengah.

Salah satu keuntungan terbesar adalah kita membakar banyak kalori dalam waktu yang relatif singkat. Otot membutuhkan banyak energi setelah latihan intens untuk proses pemulihan dan regenerasi.

Karena “efek afterburn,” metabolisme tetap meningkat setelah latihan dan kita terus membakar kalori tambahan.

Apa indikator kesuksesan latihan interval?

Program interval training untuk bakar kalori berlebih

Pelatihan interval biasanya dianggap sebagai metode pelatihan intensitas tinggi dan sangat berat. Itulah sebabnya, beberapa orang sering keliru mengasumsikan bahwa interval efektifhanya untuk pelari tingkat lanjut.

Tetapi interval aerobik, demikian sebutannya, menawarkan pelari pemula kesempatan yang sangat baik dari efek positif sesi latihan interval. Selain itu, kita dapat menciptakan program latihan interval secara personal dengan mempertimbangkan 2 hal, yaitu:

Jarak Tempuh
Jika berpedoman pada jarak tempuh, keuntungan dari latihan interval adalah jarak tempuh yang sama, yaitu 400 meter di minggu pertama. Selanjutnya, kita dapat membuat sesi yang berbeda, tetapi jarak tetap sama. Jarak yang sama sengaja dipergunakan untuk memudahkan kita mengukur performa.

Waktu Tempuh
Jika kita melakukan latihan interval dengan waktu tempuh sesuai keinginan, sebaiknya gunakan Heart Rate Monitor. Alat ini dipilih untuk mendapatkan informasi akurat perihal tingkat tenaga. Lari dengan waktu tempuh dapat memberikan keuntungan karena kita akan mengetahui seberapa besar kemampuan berlari selama rentang waktu tertentu.

Cara latihan interval yang tepat

Program interval training untuk bakar kalori berlebih

Warm up:
Karena periode latihan interval membuat banyak ketegangan pada otot, kita perlu melakukan pemanasan dengan benar. Lari menengah 10-15 menit sudah cukup untuk menghangatkan tubuh dan mencegah cedera. Kita perlu memilih kecepatan sehingga tetap berlari tanpa tersengal-sengal.

Interval (inti):
Periode kerja berlangsung selama 15 detik.
Kita perlu melakukan sprint submaksimal (90% dari sprint maksimal) atau, dengan kata lain, kecepatan tidak cukup penuh.
Sertakan dengan periode pemulihan yang terdiri dari 45 detik berjalan lambat.
Seluruh sesi berlangsung 15 menit, artinya kita menjalankan 15 interval secara total.

Cool-down:
Setelah jeda terakhir, kita perlu berjalan perlahan selama sepuluh menit.

Perlu diingat, kita tidak boleh berlebihan ketika menerapkan latihan. Pastikan beristirahat selama satu atau dua hari setelah sesi sebelum melakukan latihan berikutnya.

Pada awalnya, interval berjalan seminggu sekali sudah cukup. Setelah terbiasa, kita dapat mulai melakukan periode kerja 20 detik dan periode pemulihan 40 detik.

Selama latihan interval, kita perlu terus-menerus memeriksa waktu agar memastikan bahwa latihan berjalan sesuai rencana. Selain itu, kita perlu menyusun program pelatihan interval sesuai dengan kondisi dan situasi masing-masing.

More to explorer

DANAMON RUN 2019 Kembali Digelar

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Bank Danamon” atau “Bank”) akan menggelar kembali ajang lari Danamon Run, lomba lari dengan konsep unik dan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *