Makanan Ini Bantu Anda Pulih dari Cedera Lebih Cepat

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

KETIKA CEDERA OLAHRAGA menimpa Anda, reaksi alami pertama yang mungkin Anda lakukan adalah memangkas pasokan kalori ke tubuh hingga melakukan aktivitas fisik kembali dan membakar energi. Namun Anda perlu ingat, proses pemulihan dari cedera juga membutuhkan bahan bakar. Ini seperti memperbaiki rumah, ujar ahli nutrisi olahraga Cynthia Sass, R.D., C.S.S.D. Retakan di fondasi butuh bahan mentah untuk menyatukan semuanya, dan di dalam tubuh, material-material mendath ini datang dari apa yang Anda konsumsim.
Protein, vitamin, mineral, dan antioksidan membantu proses pemulihan cedera, merelaksasi tendon yang tegang, dan menyatukan tulang yang retak lebih cepat. Jadi… selain mengikuti nasehat dokter untuk memposisikan area cedera lebih tinggi dan melakukan pengompresan dengan es, pilih kombinasi makanan yang tepat untuk mempercepat proses pemulihan cedera. Berikut sejumlah lini makanan yang akan membantu Anda pulih dari cedera lebih cepat.
#1 PRODUK SAYURAN DAN BUAH
Wortel, bayam, ubi manis, dan kale untuk vitamin A, serta jeruk, strawberry, paprika, dan brokoli untuk vitamin C
Mengapa: Vitamin A membantu sel darah putih memerangi infeksi, yang biasanya menyertai cedera, ujar Sas. Vitamin C telah terbukti membantu kulit dan luka di daging pulih lebih cepat dan tumbuh makin kuat. Selain itu, vitamin C juga membantu memperbaiki jaringan dan tulang rawan dengan menyodorkan formasi kolagen, sebuah protein penting yang membangun jaringan, pembuluh darah, dan bahkan sel tulang yang baru.
#2 PRODUK DAGING
Kalkun (rendah lemak), sirloin, ikan, dan ayam
Mengapa: Daging (rendah lemak) dilengkapi protein, komponen pembentuk sel-sel tubuh yang baru. Dalam sebuah penelitian pada 2008 yang dipublikasikan di Journal of the Federation of American Societies for Experimental Biology, para peneliti di University of Ottawa mengidentifikasi sebuah protein yang bertindak sebagai penghubung antara jaringan yang rusak, dan memromosikan perbaikan. Karena rata-rata atlet membutuhkan 112 gram protein tiap hari, mengonsumsi daging adalah salah satu cara mudah untuk mempercepat proses pemulihan.
#3 PRODUK SUSU DAN TELUR
Susu, yogurt, dan telur
Mengapa: Ketiga makanan ini adalah sumber protein yang bagus. Susu dan yogurt juga mengandung kalsium yang membantu memperbaiki tulang dan otot. Vitamin D dalam produk susu meningkatkan penyerapan kalsium dan membantu proses penyembuhan cedera otot serta tulang. Sebuah studi pada 2010 di Journal of Bone and Joint Surgery melaporkan, meningkatkan kadar nutrisi ini pada pasien yang mengalami defisiensi menghasilkan proses pemulihan yang lebih cepat.
#4 PRODUK SEREAL
Seral yang diperkokoh
Mengapa: Karena mengandung zinc, sebuah aset yang telah terbukti membangun sistem kekebalan tubuh dan memulihkan luka. Bersama dengan daging merah, sereal yang diperkokoh adalah pilihan terbaik (sebagian menawarkan 100 persen kebutuhan harian). Zinc tidak memperbaiki kerusakan jaringan, namun membantu nutrisi lain melakukannya. Hanya saja jangan berlebihan, ujar Sass memperingatkan. Mengonsumsi zinc secera berlebihan lebih dari 40 gram tiap hari berpotensi menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menekan sistem kekebalan tubuh.
#5 PRODUK LAUT
Salmon, tuna, dan trout
Mengapa: Sebagai tambahan se;lain protein, daging ikan dilengkapi asam lemak omega-3 yang meredakan peradangan hal yang meperlambat pemulihan dari tendinitis, retak tulang, dan nyeri ligamen.

More to explorer

Efek squat setiap hari

Efek squat setiap hari

Latihan ini dimulai dengan squat 5 kali seminggu, mulai dari 50 hingga 200-300 pengulangan per hari. Latihan ini sudah banyak dilakukan oleh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *