11 Cara Bangun Sesi Latihan Kardio Terbaik

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

HENTIKAN RUTINITAS yang menjemukan di atas treadmill ketika Anda melakukan latihan kardio. Keberhasilan rutinitas latihan kardio melibatkan sejumlah elemen. Pastikan Anda selalu patuh pada fondasi-fondasi yang ada berikut ini untuk mengantarkan tingkat kebugaran Anda pada posisi yang lebih tinggi… dari sebelumnya.
#1 BIKIN RANCANGAN LATIHAN SEBELUMNYA
Ketahui dengan pasti apa yang akan Anda lakukan sebelum mengayunkan kaki di treadmill, lintasan lari atau jalan raya.
#2 TENTUKAN WAKTU YANG STRATEGIS
Jika biasanya Anda cenderung melewatkan latihan kardio, ubah sedikit rutinitas aktivitas fisik Anda: Lakukan latihan kardio di sesi awal ketika berada di gym atau lakukan saat Anda libur melakukan sesi latihan kekuatan. Tidak penting kapan Anda melakukannya, tetapi jangan pernah meninggalkannya.
#3 FOKUS PADA SESI LATIHAN
Jika Anda membaca majalah atau buku saat melakukan latihan kardio, katakanlah, berlari di treadmill, segera hentikan. Tidak akan ada orang yang makin bugar ketika membaca sembari melakukan latihan kardio. Anda hanya bisa fokus pada satu hal di satu waktu. Jadi pastikan selalu fokus pada tujuan Anda di sesi latihan.
#4 LAKUKAN PEMANASAN YANG MEMADAI
Melakukan pemanasan dinamis akan meningkatkan mobilitas, mengurangi risiko cedera, dan menyiapkan sistem tubuh pada latihan yang Anda jalani. Jika Anda melewatkan pemanasan, ancaman cedera bisa sewaktu-waktu menyergap Anda.
#5 HINDARI LATIHAN KARDIO YANG MONOTON
Kecuali Anda berlati untuk mengikuti lomba lari jarak jauh, hindari melakukan aktivitas fisik dengan intensitas yang sama dalam periode yang lama. Memvariasikan intensitas yang bisa Ada lakukan melalui high-intensity and interval training (HIIT) akan meningkatkan metabolisme tubuh lebih baik ketimbang latihan yang monoton.
#6 JANGAN LUPA LAKUKAN SPRINT
Selipkan sprint (lari cepat) ke sesi latihan lari atau memanfaatkannya sebagai sesi latihan sendiri.Sprint mendongkrak metabolisme dan bisa membantu membangun otot di kaki Anda.
#7 SELIPKAN BODYWEIGHT EXERCISE DI RUTINITAS
Anda bisa melakukan bodyweight exercise di antara rutinitas lari Anda. Ini akan mengusir kebosanan dan meningkatkan komponen pembangun kekuatan di sesi latihan Anda.
#8 LAWAN KEINGINAN UNTUK BERHENTI
Abaikan suara di kepala yang meminta Anda untuk memperlambat, beristirahat, atau bahkan berhenti. Kebugaran adalah masalah disiplin. Biarkan semuanya ini berlangsung.
#9 LAKUKAN PENDINGINAN DI AKHIR SESI
Di akhir sesi latihan, pastikan membawa detak jantung Anda kembali turun. Ini akan meningkatkan proses pemulihan dan menormalkan kondisi tubuh setelah latihan intensif.
#10 DOKUMENTASIKAN LATIHAN ANDA
Catat semua latihan dan hasilnya. Angka tidak akan berbohong. Mendokumentasikan apa yang dilakukan akan memastikan Anda memahami kondisi apa yang bekerja atau tidak.
#11 PASTIKAN SELALU KONSISTEN
Pastikan selalu konsisten dengan program yang Anda rancang dan target yang Anda kejar. Bangun sebuah proses dari pemanasan hingga pendinginan di tiap sesi yang Anda lakukan. Semoga berhasil.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *