Dampak positif musik untuk lari. Tidak percaya?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Dampak positif musik | Musik mengirim energi tambahan pada punggung dan memberikan kegembiraan dan air mata saat berolahraga. Ternyata, musik bekerja memberi bahan bakar kepada tubuh melalui mood yang positif.

Oleh sebab itu, musik berpengaruh positif pada latihan. Ketukan yang tepat dapat membantu untuk lebih cepat mencapai tujuan.

Dampak positif musik selama berolahraga

Dampak positif musik untuk lari. Tidak percaya?

Musik dengan tempo yang tepat membuat tubuh terdorong untuk bekerja lebih keras selama latihan. Kalimat ini merupakan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian untuk Ilmu Olahraga dan Latihan.

Selain itu, musik dapat membantu tubuh mempertahankan kecepatan saat berlari atau selama latihan beban tubuh. Untuk memperoleh manfaat seperti demikian, tempo yang disarankan yaitu 120 hingga 130 bpm. Jika ingin mengetahui tempo musik, hitung ketukan per menit.

Musik sebagai pengalih rasa lelah selama latihan

Dampak positif musik untuk lari. Tidak percaya?

Terkadang latihan benar-benar menyenangkan, mudah, dan membuat sistem bekerja secara bersamaan. Namun, kondisi tersebut tidak selalu terjadi. Di hari-hari lain, jauh lebih sulit untuk termotivasi, muncul kondisi lemah dan ingin menyerah setelah beberapa menit.

Tentu, kita sering melihat beberapa orang yang mendengarkan musik saat olahraga. Uniknya, mereka tidak terlihat kelelahan fisik. Hal ini diakibatkan karena musik menginspirasi individu untuk terjun ke latihan, meski alami hari-hari buruk, dengan perasaan yang lebih baik.

Dampak positif musik: mempersatukan para individu yang gemar berolahraga

Dampak positif musik untuk lari. Tidak percaya?

Dampak positif musik pada motivasi dalam berolahraga akan sangat terasa ketika di kerumunan. Energi yang diciptakan oleh musik ketika berolahraga bersama sagat luar biasa. Individu yang terbawa ketukan musik menciptakan perasaan hebat dan membantu Anda tetap dengan olahraga, meski kondisi tubuh lelah atau tidak bersemangat di awal latihan.

Pemilihan playlist yang tepat akan mengurangi rasa sakit saat latihan

Dampak positif musik untuk lari. Tidak percaya?

Sebuah studi tahun 2013 dari McGill University menunjukkan bahwa individu yang mendengarkan musik alami penurunan konsumsi obat-obatan opiat (penghilang rasa sakit). Penelitian dilakukan terhadap pasien pasca operasi.

Secara medis, musik bukan pengganti obat untuk atasi rasa sakit. Namun, musik mampu mengalihkan rasa sakit atau nyeri pada tubuh. Selain itu, musik akan mendorong kita untuk menyelesaikan latihan.

Musik akibatkan otak melupakan durasi latihan

Dampak positif musik untuk lari. Tidak percaya?

Latihan selama satu jam bisa terasa berat, membosankan, dan terasa lama. Namun, musik akan membuat kondisi dan persepsi-persepsi tersebut hilang secara perlahan. Ketika melibatkan musik untuk latihan berdurasi lama, maka semua akan terasa lebih mudah.

Apabila kita melibatkan musik dalam latihan, maka kita akan terbiasa menghitung seperti demikian:
Latihan 60 menit sebenarnya hanya 15 lagu favorit
Jika masing-masing 4 menit, maka kita akan selesaikan satu album penyanyi favorit.

Musik membuat otak “bekerja” secara menyeluruh

Dampak positif musik untuk lari. Tidak percaya?

Ketika musik diputar, setiap nada masuk ke dalam otak melalui getaran-getaran di reseptor telinga, maka seluruh bagian otak pun terlibat secara bersamaan. Musik melibatkan hampir setiap wilayah otak yang kita ketahui, dan hampir setiap subsistem saraf.

Fakta ini dingkap oleh Profesor Daniel J. Levitin dalam bukunya This Is Your Brain On Music. Secara unik, sebagian otak akan menerjemahkan nada dan tempo. Sedangkan beberapa bagian lain memproses lirik dari musik tersebut.

Stres dan kecemasan akan luntur secara alami berkat musik

Dampak positif musik untuk lari. Tidak percaya?

Mendengarkan musik yang tepat selama peregangan atau kelas yoga, dapat membantu tubuh lebih santai dan relaks. Untuk kondisi ini, kita mendengarkan tempo yang lambat dan lirik yang lembut atau tanpa lirik.

Dampak positif musik demikian ditemukan berkat penelitian pada 2013 yang diterbitkan dalam Trends in Cognitive Sciences. Pada penelitian ilmiah tersebut, kesimpulan yang dibuat adalah mendengarkan musik dapat mengurangi tingkat stres.

More to explorer

Efek squat setiap hari

Efek squat setiap hari

Latihan ini dimulai dengan squat 5 kali seminggu, mulai dari 50 hingga 200-300 pengulangan per hari. Latihan ini sudah banyak dilakukan oleh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *