Mendengarkan Musik Bantu Jaga Kesehatan

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

MUSISI TERKENAL Bob Marley pernah mengatakan, salah satu kebaikan musik adalah, ketika menyentuh Anda, Anda tidak merasakan rasa sakit atau nyeri. Anda semua, atau mungkian sebagian besar dari Anda, pasti pernah merasakan kekuatan musik dalam satu titik di kehidupan. Sebuah lagu tua bisa mengirimkan Anda ke suatu waktu ketika energi dan harapan bisa terus berlangsung tanpa batasan rasa lelah. Sebagian lagu bisa mengingatkan Anda tentang pentingnya orang-orang yang Anda sayangi, Anda pedulikan. Sebagian lagu juga bisa membangkitkan Anda.
Ya, kita tahu musik bisa memberikan kenyamanan, menginspirasi, dan memberikan dorongan energi. Tetapi penelitian menemukan, musik bisa melakukan lebih dari itu. Berikut lima alasan mengapa Anda perlu melibatkan musik dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu memelihara kesehatan tubuh dan pikiran Anda.
#1 BANTU TURUNKAN BERAT BADAN
Apakah Anda mendengarkan musik saat berlatih? Jika jawabannya Ya, ini bisa membantu Anda berlatih lebih lama dan menurunkan berat badan.Sejumlah penelitian memperlihatkan hal ini. Pada 2009, peneliti dari Brunel University di Inggris meminta partisipan berjalan di treadmill sembari mendengarkan musik, dan kemudian tanpa mendengarkan musik. Mereka menemukan, musik membantu seseorang meningkatkan ketahanan, berlatih lebih lama, dan secara umum… membangkitkan kemauan untuk berlatih lebih keras tanpa Anda menyadarinya.Dalam sebuah penelitian sebelumnya pada wanita dengan obesitas, peneliti menemukan hasil yang sama. Wanita yang mendengarkan musik saat berjalan kaki menyelesaikan program lebih baik ketimbang yang tidak. Hasil yang lebih baik, mereka yang berada di grup yang mendengarkan musik mampu memangkas berat badannya rata-rata delapan kilogram dan empat persen kadar lemak tubuh. Sementara mereka yang tidak mendengarkan musik hanya mampu mencatatkan angka separuhnya saja.
#2 DONGKRAK KEKEBALAN TUBUH
Musik dengan irama upbeat membantu Anda menjaga kesehatan tubuh. Sejumlah penelitian membuktikannya. Di 1993, para peneliti membagi partisipan dalam dua grup. Satu grup diperdengarkan musik tertentu yang dipilih, grup lainnya tidak diperdengarkan apapun. Kemudian kadar interleukin yang menjadi indikator aktivitas sistem kekebalan tubuh mereka diukur. Mereka menemukan, grup yang mendengarkan musik meningkat kadar interleukin-nya secara signifikan.Di 2013, para peneliti menganalisa lebih dari 400 studi dan melaporkan, musik bekerja lebih baik ketimbang obat-obatan yang diresepkan dalam sejumlah kasus, khususnya dalam hal mengurangi stres sebelum pelaksanaan operasi. Mereka juga melaporkan musik meningkatkan kadar IgA, sebuah tipe antibodi yang membantu mencegah infeksi dan mendongkrak sel pembunuh alami yang membantu mengurangi risiko infeksi serta kanker.Belum lama ini para peneliti juga menemukan, musik meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada pasien kanker. Mereka mengukur kadar cytokine pada partisipan setelah mereka menyanyi selama satu jam. Dan ditemukan, kadar cytokine meningkat signifikan, yang mengindikasikan terdongkraknya sistem kekebalan tubuh.
#3 REDAKAN NYERI
Jika Anda mengalami arthritis atau nyeri kronis jenis lainnya, dan Anda lelah menggunakan obat-obatan, Anda mungkin bisa memanfaatkan musik untuk meredakan nyeri yang Anda alami. Pada studi di 2003, para peneliti melakukan tes pada mereka yang menderita nyeri kronis akibat arthritis. Sebagian mereka mendengarkan musik selama 20 menit tiap hari, sementara lainnya tidak. Mereka yang mendengarkan musik berkurang rasa nyerinya saat diukur pada hari pertama, ke tujuh, dan ke-14. Dengan kata lain, mendengarkan musik sangat efektif meredakan nyeri.
Di 2014, para peneliti melaporkan jika musik membantu mereka dengan fibromyalgia. Para peneliti mengizinkan partisipan memilih musik favorit dan mendengarkannya. Kemudian peneliti mengukur tingkat rasa nyeri setelahnya. Peneliti menemukan, rasa nyeri menjadi berkurang secara signifikan.
#4 MENGURANGI STRES
Di zaman seperti sekarang, stres adalah sebuah kondisi yang susah untuk dihindari. Semua butuh perangkat untuk mengendalikan stres, dan musik adalah salah satunya. Di studi yang berlangsung 2011, musik membantu mengurangi kegelisahan para pasien kanker dengan meningkatkan suasana hati mereka. Musik juga sangat efektif untuk digunakan sebagai perawatan pelengkap pasien kanker, saran para peneliti.Para peneliti mencoba menggali lebih dalam tentang hal ini dan mereka menemukan, musik mengurangi kadar hormon stres kortisol di dalam tubuh. Selain itu, musik juga mempunyai efek langsung terhadap sistem syaraf.
Penelitian lain menemukan, musik dengan tempo tertentu biasanya 60 beat per menit bisa mensinkronisasi otak dengan beat tersebut, yang menyebabkan gelombang alpha (normalnya adalah sebuah kondisi meditasi).
#5 BANTU PENGIDAP INSOMNIA
Memiliki masalah tidur? Saatnya membawa musik ke tempat tidur Anda. Sebuah review studi pada 2015 dari Center for Music in the Brain di Aarhus University menemukan, musik efektif meningkatkan kualitas tidur untuk orang dewasa yang mengidap insomnia. Salah satu studi dalam review juga mendemontrasikan jika musik membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan frekuensi mereka terjaga dari tidur. Hal ini meningkatkan waktu tidur mereka.Penelitian lain menemukan, mendengarkan musik selama 45 menit sebelum waktu tidur memberikan waktu tidur yang lebih lama dan memberikan kualitas tidur yang tinggi, yang penting untuk kesehatan fisik dan mental.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *