Apa yang terjadi bila kita berhenti berlatih?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

BERHENTI BERLATIH. Seringkali, banyak hal menjadi penghalang rutinitas kebugaran. Cedera, istirahat karena pekerjaan, atau hanya kehilangan minat merupakan beberapa alasan berhenti berlatih. Pernah kah terpikir soal akibat dari hal tersebut? Seberapa cepat dan seberapa jauh kita kehilangan bentuk ideal bila berhenti berolahraga?

Berhenti berolahraga kurang dari 4 minggu

Apa yang terjadi bila kita berhenti berlatih?

Menurut penelitian, banyak perubahan fisiologis mulai terjadi bahkan setelah istirahat singkat, meliputi:

Daya tahan. Individu yang sangat terlatih mengalami penurunan performa tubuh dibanding mereka yang sesekali berolahraga, salah satunya soal daya tahan. Bagi mereka yang sesekali berolahraga minimal berlatih selama beberapa bulan sebelum istirahat pendek tidak akan mengalami perubahan.

Berbeda bagi mereka yang sering berolahraga selama satu tahun atau lebih. Individu tersebut akan alami beberapa penurunan kondisi. Misalnya, kita terbiasa lari dengan jarak 5k dalam 22 menit, setelah 2 minggu kita butuh tambahan 1 menit untuk menyelesaikannya.

Selain itu, dari sisi daya tahan pun akan dirasakan. Kita akan alami “25% kelelahan” lebih panjang dibanding kita konsisten berlatih (rutin).

Otot, kekuatan, dan fleksibilitas tubuh. Dari sisi otot, kita tidak akan melihat penurunan secara signifikan. Hampir mirip dengan kasus sebelumnya, mereka yang terbiasa nelakukan latihan akan melihat penurunan kekuatan secara signifikan.

Penurunan glikogen otot dapat membuat otot Anda tampak lebih kecil, karena retensi air yang lebih sedikit. Akibatnya, kita akan merasa cepat lelah setelah kembali berlatih. Namun, hal ini tidak akan terjadi dalam jangka waktu lama.

Penurunan fleksibilitas akan terasa pada pinggul, badan, dan tulang belakang. Apabila kita rutin mengikuti kelas yoga, maka tubuh akan sedikit kaku setelah 3 minggu tanpa pelatihan.

Ukuran tingkat kebugaran individu yang paling umum digunakan adalah pengambilan oksigen maksimum, VO2max. Ini menunjukkan seberapa efisien tubuh dapat menggunakan oksigen selama berolahraga. Ini adalah hal pertama yang berkurang ketika berhenti berolahraga, mulai dari 4-14%.

Berhenti berolahraga lebih dari 4 minggu

Apa yang terjadi bila kita berhenti berlatih?

Penelitian menunjukkan bahwa istirahat panjang dari latihan rutin memiliki efek signifikan pada tubuh. Beberapa hal yang paling signifikan yaitu pada daya tahan dan otot.

Daya tahan. Apabila berhenti berolahraga hingga 4 pekan lebih, maka kita akan mengalami penurunan kemampuan daya tahan tubuh hingga 20%. Selain itu, kita pun akan kehilangan berbagai keuntungan latihan kardio karena fungsi seluruh sistem kardiorespirasi perlahan-lahan kembali ke keadaan pra-terlatih. Misalnya, jika terbiasa lari jauh dengan jarak 5K selama 22 menit, maka kita butuh 25 menit atau lebih.

Kondisi otot dan lemak. Hilangnya massa otot mulai terjadi secara perlahan. Secara fisiologis, ini menyerupai proses penuaan normal. Tampaknya, tingkat kehilangan kekuatan tergantung pada berapa tahun atau bulan pelatihan, jenis pelatihan, dan usia.

Contoh: Pada satu penelitian, 9 minggu latihan kekuatan meningkatkan kekuatan kaki pada pria muda dengan massa tubuh 80 hingga 100 kg. Selanjutnya, 12 minggu kemudian kekuatan mereka tetap hampir sama. 7 bulan kemudian turun.

Meskipun massa otot berkurang, itu tidak “berubah menjadi lemak”. Namun, istirahat yang lebih lama bisa mengembalikan efek positif dari olahraga terhadap metabolisme. Memang, sulit membedakan mana yang lebih memengaruhi metabolisme lemak: latihan, defisit kalori, atau kombinasi keduanya. Jadi, apakah akan bertambah gemuk atau tidak selama istirahat tergantung pada metabolisme dan juga asupan nutrisi.

“Memori otot” membantu individu yang terlatih mendapatkan kembali kekuatannya lebih cepat setelah istirahat latihan yang lebih lama. Bagian penting dari memori otot adalah adaptasi saraf yang terjadi ketika Anda menghabiskan waktu mempelajari keterampilan dan semakin kuat.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *