Lalu Zohri lolos ke Olimpiade 2020 dan Tegaskan Posisinya Sebagai Pelari Tercepat di Asia Tenggara

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

OSAKA, 19 MEI 2019 – Sprinter muda andalan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, kembali mengukir prestasi yang membanggakan saat turun di Kejuaraan Seiko Golden Grand Prinx 2019 di Osaka, Jepang. Di kejuaraan atletik ini, Zohri memang hanya meraih posisi ketiga di nomor 100 meter putra. Namun catatan waktunya, 10,03 detik memastikan dirinya mendapatkan tiket untuk bertanding di Olimpiade 2020. Catatan waktu yang diukirnya ini melewati batasan waktu kualifikasi Olimpiade 10,05 detik.
Di nomor 100 meter putra ini, Zohri hanya berada 0,03 detik di belakang sprinter Amerika Serikat Justin Gatlin yang menjadi peraih podium utama dan selisih 0,02 detik dari sprinter Jepang Yoshihide Kiryu yang finish di tempat kedua.
Di Seiko Golden Grand Prix 2019, Zohri juga turun di nomor estafet 4 x 100 meter putra. Di nomor ini, Zohri berlari bersama Bisma Mochammad Abina, Eko Rimbawan, dan Bayu Kertanegara. Tetapi di nomor estafet ini, Zohri dan koleganya hanya menempati posisi kelima dengan catatan waktu 39,76 detik.
Catatan waktu yang dibuat Zohri di Osaka ini berhasil memecahkan rekor nasional dan Asia Tenggara yang baru saja diukirnya di Doha, Qatar, sekitar sebulan lalu. Zohri adalah satu-satunya sprinter Asia Tenggara yang turun di final nomor lari 100 meter putra Golden Grand Prix Osaka 2019.
Satu bulan lalu, Zohri, berhasil memecahkan rekor lari 100 yang dipegang seniornya, Suryo Agung, sebagai manusia tercepat di Asia Tenggara sejak 2009. Ia memecahkan rekor Suryo Agung (10,17 detik) di Kejuaraan Atletik Asia 2019 yang berlangsung di Doha, Qatar, pada April 2019. Di semifinal kejuaraan ini, Zohri mencatatkan waktu 10,15 detik. Namun Zohri hanya menempati posisi runner-up pada perlombaan tersebut. Ia kalah bersaing, lagi-lagi, dengan Yoshihide Kiryu, yang mengukir catatan waktu 10,12 detik.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *