Apakah lari tanpa alas kaki itu sehat?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

LARI TANPA ALAS KAKI. Lari tanpa alas kaki dan kaos benarkah dapat meningkatkan kecepatan lari? Terlebih bagi kita yang sedang intens mempersiapkan diri untuk kompetisi maraton jarak 5K. Meski populer dan sering diperbincangkan, maukah kita melakukannya? Apakah ini masuk akal?

Bagi kita yang bersikeras bahwa lari seperti demikian tidak sehat, beberapa alasan kenapa lari tanpa alas kaki di bawah ini akan ada di benakmu, misalnya:

  • Kita bukan pelari Tarahumara, suku Meksiko yang berlari dengan sandal tipis buatan sendiri karena kebutuhan (atau sosial budaya).
  • Kita terbiasa memakai sepatu dengan sol yang empuk
  • Sepatu minimalis tidak akan mempercepat lari
  • Sepatu yang terinspirasi dari bentuk kaki tidak akan mencegah cedera
  • Sepatu merupakan cara bagi sebagian orang untuk menghidupi keluarga

Selain beberapa alasan di atas, lari tanpa alas kaki ternyata telah di bahas secara serius di luar negeri, misalnya:

Gugatan pada Vibram

Pada Mei 2014, gugatan diajukan terhadap Vibram, produsen sepatu bertelanjang kaki. Gugatan ditujukan pada sepatu FiveFingers yang mengklaim bahwa sepatu minimalis memperkuat kaki dan mencegah cedera pada bagian bawah kaki. Pengadilan tidak dapat melihat bukti penguat dari kedua belah pihak.
Selain itu, gugatan terhadap Vobram pun datang dari pihak lain. Salah satunya dari American Podiatric Medicine Association.
Mereka tidak menemukan bukti konkret yang menunjukkan bahwa lari tanpa alas kaki dapat meningkatkan kekuatan dan keseimbangan. Di sisi ain, resiko lari tanpa alas kaki mengakibatkan perlindungan pada kaki menjadi berkurang. Sehingga, pengguna berpotensi alami luka tusuk dan meningkatkan tekanan beban pada kaki bagian bawah.
Gugatan terhadap Vibram belum usai. Kampanye lari tanpa alas kaki menarik The New York Times melakukan survei terhadap 566 pelari. Hasilnya, sepertiga dari mereka menjawab bahwa lari tanpa alas kaki dapat menyembuhkan cedera ringan pada kaki. Dengan catatan, tidak digunakan setiap hari karena hasilnya akan berbeda.

Benarkan lari tanpa alas kaki membuat lari lebih cepat?

Selain tren lari tanpa alas kaki atau separu dengan bentuk seperti kaki sedang merebak, beberapa saat kemudian muncul sepatu minimalis. Sepatu minimalis merupakan sejenis sepatu yang didesain sesederhana mungkin sehingga mampu mempercepat lari. Namun, apakah benar sepatu ini mampu mempercepat lari kita?
Dr. Allison Gruber, rektor pasca doktoral di Universitas Massachusetts melakukan penelitian tentang oksigen dan karbohidrat pada tumit dan kaki bagian belakang. Gruber menemukan bahwa desain sepatu yang minimalis memiliki manfaat yang sedikit bila dipakai oleh pelari jarak jauh.
Tambah Gruber, setiap pelari memiliki caranya sendiri saat berlari. Dan, lebih baik mereka verlari secara alami dan nyaman. Keunikan ini disebabkan oleh bawaan lahir. Namun, bisa jadi cara berlari seseorang sengaja dibentuk akibat dari cedera masa lalu yang berbaya bila tidak mengubah cara berlari.

Tribal Running

Contohnya Kenya, misalnya. Sejak lahir, ribuan orang Afrika berjalan, berlari dan bermain tanpa sepatu. Alasannya, terlalu mahal atau tidak tersedia. Hal yang sama pun terjadi di Tarahumara, yang dipopulerkan di Born to Run karya Chris McDougall — buku yang memulai tren lari bertelanjang kaki yang gila. Walaupun buku ini sangat menarik dan sangat menghibur, buku ini “menyesatkan”, terutama bagi keselamatan pelari.
Kedua suku di atas tidak memakai alas kaki karena tidak mampu membelinya. Faktanya, pelari Kenya yang berhasil memenangkan kompetisi di A.S., mereka memakai sepatu. Dari sisi bisnis, hal ini bisa terjadi akibat sponsor lomba yaitu Nike. Meski begitu, ada perbedaan antara pelari asal Kenya dan Meksiko yaitu pelari tanpa alas kaki biasanya lari pada medan tanah, bukan aspal. Sedangkan kita dan kompetisi lari resmi memakai medan beraspal sebagai lokasi lomba.

More to explorer

3 Latihan HIIT Terbaik!

Ingin cepat membakar lemak? Yuk, lakukan High Intensity Interval Training (HIIT) di rumah atau gym terdekat rumah kamu. Fyi, HIIT adalah latihan

Makanan Terbaik untuk Pelari Vegetarian

Mencari tahu apa yang sebaiknya dimakan sebelum melakukan aktivitas lari tak semudah yang dibayangkan ya, apalagi jika kamu seorang vegetarian. Kenapa? Karena

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *