7 Penyebab Utama Kematian pada Pria

By:
Posted: May 14, 2019

KEMATIAN memang hak prerogatif Yang Maha Kuasa. Meski begitu, ada sejumlah penyebab kematian terbanyak pada pria. Apa sajakah itu? Mengutip laman www.idph.state.il.us, ada tujuh penyebab kematian utama pada pria. Berikut ini urutannya:
#1 Penyakit Jantung
Penyakit jantung adalah istilah yang mencakup banyak kondisi jantung yang spesifik. Menurut the U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penyakit arteri koroner (CAD), yang dapat menyebabkan serangan jantung, adalah penyakit jantung yang paling umum di Amerika Serikat (AS). Kondisi jantung lainnya meliputi nyeri dada yang dikenal dengan angina, gagal jantung, dan denyut jantung tidak teratur yang dikenal sebagai aritmia. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian pada pria dan wanita. Sekitar seperempat dari semua kematian terkait penyakit jantung terjadi pada pria berusia 35-65 tahun.
#2 Kanker
Penyebab utama kematian akibat kanker pada pria adalah kanker paru-paru, kanker prostat, dan kanker kolorektal. Sembilan puluh persen kanker paru-paru disebabkan karena merokok.
#3 Cedera yang Tidak Disengaja
Cedera dalam kategori ini meliputi luka akibat terjatuh, kebakaran, dan cara mengemudi yang tidak safe. Cara mengemudi ini, misalnya, menggunakan ponsel atau perangkat elektronik lainnya sambil berkendara. Ini berbahaya dan harus dihindari.
#4 Stroke
Stroke terjadi saat darah mengalir ke area otak terganggu oleh bekuan darah yang menghalangi arteri atau pembuluh darah yang pecah. Dengan kondisi ini, sel otak mulai mati dan kerusakan otak terjadi. Kerusakan otak akibat stroke dapat menyebabkan hilangnya kemampuan, termasuk ucapan, gerakan, dan ingatan.
#5 Paru
Penyakit paru obstruktif kronik (COPD) adalah istilah yang digunakan dokter untuk merujuk pada dua penyakit paru-paru, yakni bronkitis kronis dan emfisema. Kedua penyakit ini sering terjadi bersamaan dan menyebabkan penyumbatan aliran udara yang mengganggu pernapasan normal. Pria yang merokok hampir 12 kali lebih mungkin meninggal akibat COPD dibandingkan pria yang tidak pernah merokok (Dinas Kesehatan dan Pelayanan AS).
#6 Diabetes
Menurut Departemen Kesehatan Masyarakat Illinois, diabetes dapat merujuk pada kekurangan insulin atau kemampuan tubuh untuk menurunkan insulin. Insulin adalah hormon yang dikeluarkan oleh pankreas yang memungkinkan glukosa (gula) memasuki sel dan diubah menjadi energi. Jika diabetes tidak diobati, glukosa dan lemak tetap berada dalam aliran darah. Seiring waktu, kondisi ini merusak organ vital tubuh dan berkontribusi terhadap penyakit jantung. Lebih dari sepertiga penderita diabetes tidak tahu mereka menderita penyakit ini. Inilah sebabnya mengapa diabetes kadang-kadang disebut sebagai silent killer.
#7 Influenza dan Pneumonia
Beberapa orang, seperti orang dewasa lanjut usia, wanita hamil, anak-anak, dan orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu, berisiko tinggi mengalami komplikasi flu serius termasuk kematian. Sementara itu, pneumonia adalah radang paru-paru yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, atau organisme lainnya. Ada banyak jenis radang paru-paru, mulai dari yang ringan sampai yang mengancam jiwa.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts