7 Makanan yang Wajib dan Jangan Dicuci

By:
Posted: May 13, 2019

APA YANG BIASANYA Anda lakukan jika hendak memasak? Apakah langsung memasak bahan-bahan yang diperlukan atau mencucinya terlebih dahulu? Ternyata tidak semua makanan perlu dicuci terlebih dahulu. Begitu pula sebaliknya, makanan tertentu harus dicuci terlebih dahulu. Berikut ini, merujuk laman www.mashed.com, adalah sejumlah makanan perlu dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan residu asin agar bakteri jahat tidak masuk ke tubuh.
WAJIB DICUCI
Kacang kalengan. Jika Anda adalah salah satu konsumen kacang kalengan, jangan langsung mengolahnya saja dari kaleng. Anda harus mencucinya dulu untuk menghilangkan residu asinnya. Selain itu, kalau Anda ingin menumisnya, tiriskan dulu setelah mencucinya.
Buah dan sayuran. Makanan ini jelas harus dicuci untuk membersihkan kotoran. Tetapi ingat, Anda tak perlu menggunakan sabun karena kulit sayuran dan buah mudah keropos sehingga akan mengakibatkan zat pembersihnya masik ke dalamnya.Beras. Beras harus dicuci paling sedikit dua atau tiga kali. Beras yang dicuci terlebih dahulu akan menghasilkan nasi yang lembut dan lezat.
Minuman kaleng. Yang dicuci adalah bagian atas kaleng atau bagian untuk meminumnya. Anda mungkin tidak tahu berapa banyak kuman dan kotoran yang telah menempel pada minuman kaleng saat pengirimannya dari pabrik ke toko.Makanan kaleng. Sama seperti minuman kaleng, makanan kaleng juga perlu dibersihkan bagian atasnya. Anda cukup membersihkannya dengan tisu.
Rempah segar. Rempah-rempah bisa mengandung kotoran yang berasal dari lingkungan Anda membelinya.
Kerang. Sudah banyak laut yang tercemar akibat polusi. Polutan ini bisa mengendap di kulit kerang.
SEBAIKNYA TAK PERLU DICUCI
Unggas dan daging. Kontaminasi silang dapat menyebabkan penyakit saat Anda mencuci daging sapi, ayam, dan sebagainya dengan menggunakan air yang tidak cukup panas. Bakteri jahat justru bisa menyebar ke bagian-bagian dapur ketika mencucinya dengan tidak benar.
Salad. Mencuci salad dapat meningkatkan kemungkinan mereka terkontaminasi dengan bakteri yang mungkin sudah berada di permukaan dapur.
Ikan mentah. Cuci tangan Anda dengan baik dan bersihkan permukaan di area kerja dapur semaksimal mungkin. Kemudian, olah ikan mentah tanpa perlu mencucinya terlebih dahulu. Namun, pastikan Anda membelinya dari penjual yang terpercaya.
Telur. Mencuci telur dapat menyebabkan kontaminasi silang. Jadi, Anda tidak perlu mencuci telur sebelum mengolahnya.
Pasta. Pati pada pasta akan membantu saus menempel di pasta dengan sempurna. Jika mencucinya, maka patinya akan hilang dan Anda akan mendapatkan rasa pasta yang tidak sempurna.
Jamur. Setelah mencuci jamur, akan lebih sulit untuk mendapatkan tekstur jamur yang renyah. Padahal, tekstur itu sama pentingnya dengan rasa.
Kalkun. Mencuci kalkun tidak akan hanya gagal untuk menghilangkan bakteri, namun juga akan menyebarkan bakteri di sekitar dapur.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts