Ini 5 Alasan Bagi Anda untuk Mengonsumsi Pisang

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

INI JENIS BUAH yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di Indonesia. Selain itu, harganya relatif murah, memiliki citarasa yang aman bagi lidah, dan dan bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Satu lagi, buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda… seperti yang dipaparkan berikut ini.
#1 Menjaga Jantung
Dengan kadar potasium mencapai 400 miligram dalam sebuah pisang berukuran sedang, buah ini wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Potasium telah terbukti sangat baik untuk memelihara fungsi otot dan syaraf serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Potasium pada pisang juga cocok dikonsumsi untuk mencegah kram otot saat berolahraga.
#2 Memperkokoh Tulang
Pisang memiliki kandungan prebiotik yang disebut fructooligosaccharide. Komponen ini memungkinkan tubuh Anda untuk menyerap nutrisi lebih mudah. Ini berarti pisang akan membantu tubuh Anda menyerap kalsium, sehingga memberikan Anda tulang yang kuat. Kandungan potasium pada pisang juga membantu Anda mencegah hilangnya kalsium, yang otomatis meminimalkan risiko Anda terserang osteoporosis di kemudian hari.
#3 Meredakan Stres
Jika Anda merasa stres atau gelisah, coba konsumsi pisang, ujar Molly Kimball, R.D., seorang ahli nutrisi di Ochsners Elmwood Fitness Centre, New Orleans. Hanya dengan 110 kalori dan 14 gram gula, sebuah pisang akan membuat Anda kenyang, mendongkrak kadar gula darah, dan menawarkan 30 persen dari kebutuhan harian vitamin B6, yang akan membantu otak memproduksi serotonin yang menenangkan Anda.
#4 Melindungi Pencernaan
Pisang adalah sumber zat mangan. Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 3 miligram mangan, sementara Anda hanya membutuhkan 1,8-2,3 mg mangan per hari. Zat mangan ini penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme tubuh. Pisang juga mengandung pektin, yang membantu untuk meningkatkan fungsi pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit. Tidak hanya itu, pisang juga memiliki efek antasid, yang membantu mencegah penyakit maag kambuh.
#5 Cemilan Sehat
Dengan hanya 110 kalori, Anda bisa mendapatkan 3 gram serat dari pisang. Serat membantu tubuh Anda melancarkan proses pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Pisang juga menyediakan karbohidrat sebagai sumber energi tubuh. Dan bagusnya, pisang tidak mengandung lemak dan kolesterol.

More to explorer

Tips Menjaga Sistem Imun Selama Berpuasa

Ahli gizi dan Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, menjelaskan bahwa berpuasa bukan berarti kebutuhan tubuh akan zat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *