10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Latihan

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

JIKA RUTINITAS LATIHAN harian Anda tidak memberi dampak signifikan terhadap tubuh, mungkin perlu upaya ekstra pada aktivitas tersebut. Di sinilah daya tahan ikut bermain. Ketahanan adalah kemampuan untuk menahan situasi yang tidak menyenangkan atau sulit dengan ketekunan. Dorongan untuk mendorong keterbatasan masa lalu tertanam dalam sifat manusia. Inilah yang membangun kekuatan fisik dan mental. Sekaligus meningkatkan daya tahan. Melansir www.healthfitnessrevolution.com, ada 10 cara mendongkrak daya tahan pada rutinitas latihan seseorang.
#1 Makanlah diet seimbang
Makanan adalah bahan bakar. Diet bergizi dan seimbang sangat penting untuk energi dan daya tahan tubuh saat berolah raga. Untuk daya tahan optimal, kombinasi diet rendah lemak dan tinggi karbohidrat akan memaksimalkan usaha Anda. Untuk menjaga agar tubuh tetap konsisten, dianjurkan untuk makan makanan kecil sepanjang hari, bukan tiga kali makan besar.
#2 Pilih latihan yang disukai
Jika latihan terdiri atas rutinitas yang benar-benar dinikmati, mendorong diri lebih keras dan lebih jauh tidak akan sulit. Untuk daya tahan optimal, cobalah menggabungkan latihan yang menyenangkan dan menantang ke dalam rutinitas latihan. Jika menyukai latihan tersebut,Anda tidak akan menyadari betapa kerasnya telah melakukannya.
#3 Beristirahatlah yang cukup
Jika tujuan kebugaran mencakup upaya maksimal di gym, Anda memerlukan seperangkat otot segar. Otot segar akan diperoleh dari tidur delapan jam sehari.
#4 Tetapkan pola pikir mind over matter
Secara teknis, semua ada di kepala Anda. Otak menyimpan kekuatan yang luar biasa. Otak mampu membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Jadi, abaikan suara kecil di kepala yang mengatakan bahwa latihanAnda sudah cukup.
#5 Hindari rutinitas
Rutinitas di sini bisa beragam bentuknya, misalnya push-up sebanyak 50 kali atau lari sejauh lima kilometer tiap pagi. Variasikan latihan Anda, misalnya dengan angkat beban atau naik-turun tangga.
#6 Minum secangkir kopi
Satu cangkir kopi bisa meningkatkan performa latihan Anda dengan segudang cara. Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Sports Medicine mengklaim bahwa konsumsi kafein dapat meningkatkan kemampuan atlet, khususnya untuk melatih output daya yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lama. Kopi juga telah terbukti bisa meningkatkan kecepatan, metabolisme lemak, dan fokus.
#7 Berolahraga dengan teman
Sangat mudah untuk membatalkan rencana individual, tapi sulit untuk membatalkannya bila ingin melakukan bersama teman. Inilah sebabnya mengapa berolahraga dengan teman atau pasangan bisa bermanfaat bagi kemajuan kebugaran Anda. Motivasi ekstra yang akan Anda terima juga akan meningkatkan daya tahan Anda. Bila ada kompetisi dengan teman, Anda akan lebih termotivasi menjalani latihan lebih intens dan meningkatkan daya tahan.
#8 Sertakan gerakan eksplosif ke dalam latihan
Latihan interval intensitas tinggi mencakup gerakan pendek, namun eksplosif yang membuat jantung berdegup kencang dan otot-otot tubuh terbakar. Olahraga yang intensif ini jauh lebih efektif dalam meningkatkan daya tahan.
#9 Kurangi durasi istirahat di antara set
Jika biasanya Anda beristirahat 1 menit di antara set, maka coba pangkas menjadi 30 detik. Untuk meningkatkan daya tahan, Anda perlu merelakan sebagian dari waktu pemulihan itu.
#10 Kembangkan daya tahan seksual
Seks bisa menjadi latihan yang hebat untuk meningkatkan daya tahan. Seks memungkinkan tubuh Anda untuk membangun ketahanan secara alami dan efektif.Tidak sulit, bukan?

More to explorer

Latihan kaki pemula

Latihan kaki pemula

Seringkali, kita berpikir bahwa latihan kaki tidak begitu penting atau kaki sudah terlihat “cukup kuat”. Atau mungkin … memang tidak suka melatih

Manfaat kombucha

Manfaat kombucha

Kombucha adalah teh hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian ditambahkan starter mikroba, yaitu bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa ragi, Saccharomyces

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *