Latih Otak Anda Agar Tidak Mudah Cemas

By:
Posted: May 8, 2019

TAHUKAH ANDA, rasa cemas yang berlebihan dapat memengaruhi kesehatan mental dan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Kecemasan berlebihan bisa menjadi kebiasaan yang dapat dihindari dengan melakukan latihan yang melatih otak Anda untuk menghentikannya. Kami akan membahas beberapa tip dan trik yang bisa membantu Anda untuk mengatasi hal ini.
#1 Tuliskan dan Berhenti Merasa Cemas
Teknik ini telah terbukti memberikan hasil terbaik dalam melatih otak agar tidak mudah cemas. Jika Anda tidak bisa tidur karena memikirkan hal tertentu, tulislah di selembar kertas atau dalam format elektronik. Dengan melakukan hal ini maka otak Anda akan rileks karena tidak perlu mengeluarkan energi untuk mengingat hal-hal yang Anda cemaskan.
Cara ini akan memberitahukan otak Anda bahwa ada hal yang sangat penting hingga Anda perlu menuliskannya. Mengapa menulis dapat membantu meringankan rasa cemas dalam diri Anda? Para ahli melakukan tes di mana mereka mengatakan kepada orang-orang yang sedang mengalami kecemasan agar menuliskan tiga hal yang sedang mereka cemaskan. Lalu hal tersebut dievaluasi hasilnya untuk mendapatkan solusi yang praktis. Hasilnya adalah terdapat hubungan yang berlawan antara kenyataan dengan tingkat kecemasan. Ini membuktikan bahwa kecemasan tidak memberikan solusi yang baik dalam suatu masalah.
#2 Atasi Rasa Cemas dengan Meditasi
Meditasi juga sangat bermanfaat jika Anda sedang dilanda rasa cemas yang berlebihan. Para ahli di jurnal Psychosomatic Medicine, menyelidiki manfaat yang ditawarkan meditasi. Mereka membuktikan bahwa ia memiliki kekuatan untuk mengurangi tingkat kecemasan yang mengkhawatirkan dan kognitif. Tapi banyak orang yang berpikir bahwa meditasi membutuhkan banyak waktu sehingga mereka tidak mempunyai waktu untuk bermeditasi. Proses santai dan menjauhi semua kecemasan dan stres adalah langkah awal agar otak Anda tidak mudah cemas.
Jika Anda meluangkan waktu untuk bersantai dan menyimak dari semua kecemasan dan tekanan yang dialami dalam hidup Anda maka Anda akan dapat memusatkan pikiran pada hal yang sebenarnya lebih penting untuk dihadapi saat ini dan juga masa depan. Sementara Anda bermeditasi mungkin juga memikirkan hal-hal yang membuat Anda cemas, tapi normal saja. Orang-orang yang ahli dalam melatih otaknya, menyarankan untuk membayangkan masalah yang membuat Anda cemas tersebut masuk ke dalam otak Anda dan lalu menghilang secara cepat dan sederhana.
#3 Berolahraga
Rasa cemas menunjukkan cara kerja otak Anda untuk memilih bertindak dan menyelesaikan masalah serta apakah Anda akan melawannya atau justru malah melarikan diri. Berolahraga juga sangat efisien untuk mengurangi gejala kecemasan dan kegelisahan. Bila Anda merasa tingkat stres berkurang maka pikiran Anda akan menganggap bahwa tidak banyak yang perlu dicemaskan dan tubuh Anda akan lebih bergairah. Saat Anda merasa cemas, cobalah berjalan selama 5-10 menit, nikmati pemandangan dan suara alam di sekitar Anda sambil memperhatikan juga pernapasan dan gerak anggota badan Anda.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts