Apakah Jello itu bernutrisi?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

NUTRISI JELLO. Jello adalah hidangan penutup berupa gelatin yang telah ada di menu Amerika sejak 1897. Sebagian menggambarkannya sebagai zat manis yang cocok dikonsumsi pada saat makan siang di sekolah, rumah sakit, mereka yang ingin diet.

Apa itu Jello?

Bahan utama jello adalah gelatin. Gelatin terbuat dari kolagen hewan – protein yang membentuk jaringan ikat, seperti kulit, tendon, ligamen, dan tulang.
Cara pembuatannya dimuali dengan mengumpulkan tulang sapi dan babi. Selanjutnya, direbus, dikeringkan, diberikan asam atau basa kuat, dan akhirnya disaring sampai kolagen diekstraksi. Kolagen kemudian dikeringkan, ditumbuk menjadi bubuk, dan diayak untuk membuat agar-agar.
Meskipun sering dikatakan bahwa jello terbuat dari kuku kuda atau sapi, ini tidak benar. Kaki hewan-hewan ini terbuat dari keratin – protein yang tidak bisa dibuat menjadi gelatin.
Jello dapat dipergunakan sebagai bubuk yang dicampur pada makanan penutup. Saat membuat jello di rumah, larutkan campuran bubuk pada air mendidih. Pemanasan memecah ikatan yang menyatukan kolagen. Saat campuran dingin, untaian kolagen berubah menjadi semi-padat dengan molekul air terperangkap di dalamnya. Akhirnya, terciptalah
jello yang bertekstur seperti gel.

Bahan – bahan selain gelatin

Gelatin memiliki tekstur yang bergelombang, mengandung pemanis, zat penyedap, dan pewarna. Pemanis yang digunakan pada jello berupa aspartam, pemanis bebas kalori buatan, atau gula.
Rasa buatan sering digunakan dalam jello. Ini adalah campuran kimia yang meniru rasa alami. Seringkali, banyak bahan kimia ditambahkan sampai profil rasa yang diinginkan tercapa.
Pewarna makanan pada jello dapat berupa alami atau buatan. Karena permintaan konsumen, beberapa produk sekarang dibuat dengan pewarnaan alami, seperti bit dan jus wortel. Namun, banyak jellos masih dibuat dengan pewarna makanan buatan. Misalnya, Strawberry Jell-O mengandung gula, gelatin, asam adipat, rasa buatan, disodium fosfat, natrium sitrat, asam fumarat, dan pewarna merah.
Gula Hitam Cherry Jell-O mengandung bahan yang sama, kecuali ia menggunakan aspartam sebagai pengganti pemanis dan mengandung maltodekstrin dari jagung dan pewarna biru.
Banyak produsen jello memproduksi produk berbahan kimia, ada baiknya kita perlu mencermati bahan-bahan pada label.

Apakah Jello termasuk makanan bagi vegetarian?

Jell-O terbuat dari gelatin – yang berasal dari tulang dan kulit binatang. Itu artinya bukan vegetarian atau vegan. Namun, makanan penutup berbahan jello vegetarian yang terbuat dari gusi nabati atau rumput laut seperti agar-agar atau karaginan tersedia bisa jadi alternatifnya.
Kita dapat membuat jello vegetarian sendiri di rumah dengan menggunakan salah satu zat pembentuk gel nabati.

Apakah jello itu sehat?

Jello telah lama dimanfaatkan sebagai makanan pokok program diet. Alasannya, jello rendah kalori dan bebas lemak. Namun, ini tidak selalu membuat menjadi salah satu makanan yang sehat. Satu porsi (21 gram campuran kering) memiliki 80 kalori, 1,6 gram protein, dan 18 gram gula – sekitar 4,5 sendok teh.
Jello tinggi gula dan rendah serat dan protein, menjadikannya pilihan makanan yang tidak sehat. Satu porsi (6,4 gram campuran kering) jello bisa bebas gula asalkan dibuat dengan aspartame hanya memiliki 13 kalori, 1 gram protein dan tanpa gula. Namun, pemanis buatan mungkin memiliki efek negatif pada kesehatan.
Meski jello rendah kalori, ia pun juga rendah nutrisi sehingga hampir tidak mengandung vitamin, mineral, atau serat.
Oleh sebab itu, bisa kita simpulkan bahwa jello rendah kalori tetapi juga tinggi gula atau pemanis buatan dan rendah nutrisi. Meskipun suplemen gelatin bermanfaat bagi kesehatan, kecil kemungkinan jello akan memberikan manfaat yang sama.

More to explorer

DANAMON RUN 2019 Kembali Digelar

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Bank Danamon” atau “Bank”) akan menggelar kembali ajang lari Danamon Run, lomba lari dengan konsep unik dan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *