Rincian konsumsi Vitamin D bagi pemula

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

VITAMIN D. Vitamin D sama sekali berbeda dari kebanyakan vitamin lain. Alasannya, di dalamnya terdapat hormon steroid yang dihasilkan dari kolesterol ketika kulit terpapar sinar matahari.
Untuk alasan ini, vitamin D sering disebut sebagai “vitamin sinar matahari.” Namun, paparan sinar matahari jarang memberikan vitamin D yang cukup, sehingga perlu untuk mendapatkan tambahan dari suplemen atau makanan.
Sayangnya, hanya segelintir makanan yang mengandung vitamin penting dalam jumlah yang signifikan. Faktanya, sekitar 41,6% populasi A.S. kurang.

Apa itu Vitamin D?

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak, artinya larut dalam lemak dan minyak dan dapat disimpan dalam tubuh untuk waktu yang lama.

Ada dua bentuk makanan utama:

Vitamin D3 (cholecalciferol). Ditemukan dalam beberapa makanan hewani, seperti ikan berlemak dan kuning telur.
Vitamin D2 (ergocalciferol). Ditemukan di beberapa tanaman, jamur, dan ragi.
Dari keduanya, D3 (cholecalciferol) tampaknya hampir dua kali lebih efektif dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah dibandingkan D2 (ergocalciferol).

Apa pengaruhnya bagi tubuh?

Vitamin D perlu menjalani dua langkah konversi untuk menjadi aktif.
Pertama, ini dikonversi menjadi calcidiol, atau 25 (OH) D, di hati Anda. Ini adalah bentuk penyimpanan vitamin.
Kedua, ini dikonversi menjadi calcitriol, atau 1,25 (OH) 2D, sebagian besar di ginjal. Ini adalah bentuk aktif vitamin D hormon steroid.

Calcitriol berinteraksi dengan reseptor vitamin D (VDR), yang ditemukan di hampir setiap sel dalam tubuh.
Ketika bentuk aktif vitamin D berikatan dengan reseptor ini, ia mengaktifkan atau menonaktifkan gen, yang menyebabkan perubahan pada sel. Ini mirip dengan cara kerja hormon steroid lainnya.
Vitamin D memengaruhi berbagai sel yang berkaitan dengan kesehatan tulang. Sebagai contoh, ia meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor dari usus.
Tetapi para ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa itu juga memainkan peran dalam bidang kesehatan lainnya, seperti fungsi kekebalan tubuh dan perlindungan terhadap kanker.

Sinar matahari adalah sumber vitamin D

Vitamin D dapat diproduksi dari kolesterol di kulit ketika terkena sinar ultraviolet B (UVB) dari matahari.
Jika tinggal di daerah dengan sinar matahari berlimpah, kita bisa mendapatkan semua vitamin D yang dibutuhkan dengan berjemur beberapa kali per minggu.
Ingatlah bahwa perlu mengekspos sebagian besar tubuh. Jika hanya mengekspos wajah dan tangan, kita akan menghasilkan vitamin D yang lebih sedikit. Jika tetap menggunakan kaca atau menggunakan tabir surya, kita akan menghasilkan lebih sedikit vitamin D – atau tidak sama sekali.
Namun, kita harus memastikan untuk menggunakan tabir surya ketika tinggal di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama. Sinar matahari itu sehat, tetapi sengatan matahari dapat menyebabkan penuaan kulit dini dan meningkatkan risiko kanker kulit.
Jika tinggal di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama, pertimbangkan untuk pergi tanpa tabir surya selama 10-30 menit pertama – tergantung pada kepekaan kulit terhadap sinar matahari – kemudian menerapkannya sebelum mulai membakar. Alasannya, vitamin D disimpan dalam tubuh selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Kita hanya hanya perlu sesekali sinar matahari untuk menjaga kadar darah yang memadai.
Yang mengatakan, jika kita tinggal di daerah tanpa sinar matahari yang memadai, mendapatkan vitamin D dari makanan atau suplemen sangat penting – terutama selama musim dingin.
Sinar matahari adalah cara yang efektif untuk mendapatkan vitamin D, tetapi tabir surya menghambat produksinya. Meskipun berjemur dengan aman dapat membantu memperoleh tingkat yang memadai, banyak orang tidak memiliki akses ke sinar matahari hampir sepanjang tahun.

More to explorer

DANAMON RUN 2019 Kembali Digelar

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Bank Danamon” atau “Bank”) akan menggelar kembali ajang lari Danamon Run, lomba lari dengan konsep unik dan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *