Apakah wortel ungu lebih sehat? Nutrisi, manfaat, dan penggunaannya

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

WORTEL UNGU. Wortel adalah sayuran lezat yang datang dalam berbagai warna. Wortel ungu sangat menarik dan memberikan manfaat kesehatan khusus untuk buah dan sayuran ungu.
Semua jenis wortel sangat bergizi, tetapi wortel ungu sangat kaya akan antioksidan kuat yang dikenal untuk melawan peradangan dan menguntungkan kondisi kesehatan tertentu.

Sejarah dan nutrisi wortel ungu

Meskipun kebanyakan orang membayangkan sayur oranye ketika membayangkan wortel, wortel pada awalnya berwarna ungu atau putih. Faktanya, bukti wortel pertama yang digunakan sebagai tanaman pangan adalah di Dataran Tinggi Iran dan Kekaisaran Persia pada abad ke 10 M – wortel kuno ini berwarna ungu dan putih.
Wortel oranye modern kemungkinan berasal dari generasi baru wortel kuning, yang dikembangkan sebagai hasil dari mutasi genetik.
Wortel merah dan ungu dianggap varietas Timur, sementara wortel kuning, oranye, atau putih dikenal sebagai wortel tipe Barat. Wortel tipe Timur telah banyak digantikan oleh wortel oranye Barat yang umum di toko bahan makanan hari ini.

Nutrisi wortel ungu

Semua wortel – terlepas dari warnanya – memiliki berbagai nutrisi, seperti serat, kalium, vitamin C, mangan, vitamin A, dan vitamin B tertentu. Selain itu, wortel ungu relatif rendah kalori, dengan 1 cangkir (128 gram) wortel mentah menghasilkan hanya 52 kalori.
Apa yang membuat wortel ungu menjadi nutrisi yang unik adalah kandungan antosianin antioksidannya. Antosianin termasuk dalam keluarga antioksidan polifenol dan ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna ungu seperti blackberry, anggur, kentang ungu, kubis ungu, dan wortel ungu.
Antioksidan seperti anthocyanin membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif, yang mengacu pada ketidakseimbangan antara molekul reaktif yang disebut radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh. Stres oksidatif telah dikaitkan dengan kondisi kesehatan seperti kanker, penurunan mental, penyakit jantung, dan penuaan.

Bermanfaat sebagai antikanker

Studi menunjukkan bahwa antioksidan kuat yang ditemukan dalam wortel ungu memiliki sifat melawan kanker.
Sebuah studi 12 minggu di mana tikus terkena senyawa yang mempromosikan kanker menemukan bahwa tikus yang diberi makan diet yang ditambah dengan ekstrak wortel ungu memiliki perkembangan kanker yang lebih sedikit daripada mereka yang melakukan diet normal.
Demikian pula, penelitian tabung reaksi mengamati bahwa anthocyanin dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara, hati, darah, dan kolon.
Sebuah penelitian pada 923 orang dengan kanker kolorektal dan pada 1.846 orang tanpa kanker mencatat bahwa wanita dengan asupan tinggi sayuran dan buah ungu memiliki risiko lebih rendah terkena kanker kolorektal dibandingkan wanita yang makan lebih sedikit produk ungu.
Studi lain menunjukkan hasil yang sama pada pria dan wanita. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi dalam semua jenis wortel dapat melindungi terhadap kanker payudara.
Sebuah tinjauan terhadap sepuluh studi pada 141.187 wanita menghubungkan asupan tinggi semua jenis wortel dengan penurunan risiko kanker payudara sebesar 21%. Terlebih lagi, diet tinggi sayuran secara umum – termasuk wortel – telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker secara keseluruhan.

Penurun berat badan

Studi populasi menunjukkan bahwa orang yang makan makanan kaya sayuran cenderung memiliki berat kurang dari orang yang makan lebih sedikit sayuran. Ini karena sayuran seperti wortel rendah kalori namun bergizi tinggi, menjadikannya makanan yang ramah penurunan berat badan.
Mengganti camilan berkalori tinggi dan olahan dengan makanan berbasis nabati dan camilan dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dan menyebabkan penurunan berat badan yang sehat.
Wortel ungu adalah sumber serat larut yang baik, yang membantu mengurangi nafsu makan dan asupan makanan dengan meningkatkan hormon yang menghasilkan perasaan kenyang seperti peptida YY)
Sebuah studi pada 100 wanita menemukan bahwa mereka yang makan 1,6 cangkir (200 gram) wortel utuh pada saat makan siang terasa lebih kenyang dan makan secara signifikan lebih sedikit sepanjang sisa hari dibandingkan dengan wanita yang tidak makan wortel utuh.
Terlebih lagi, sebuah penelitian besar di lebih dari 124.000 orang mengaitkan peningkatan asupan makanan kaya antosianin, seperti wortel ungu, dengan penurunan berat badan yang lebih besar baik pada pria maupun wanita.

More to explorer

DANAMON RUN 2019 Kembali Digelar

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Bank Danamon” atau “Bank”) akan menggelar kembali ajang lari Danamon Run, lomba lari dengan konsep unik dan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *