Fakta gizi dan manfaat kesehatan buah bit

By:
Posted: May 5, 2019

BUAH BIT. Bit (Beta vulgaris) adalah sayuran akar yang juga dikenal sebagai bit merah, bit meja, bit taman, atau bit. Buah bit mengandung nutrisi penting, karena mengandung serat, folat (vitamin B9), mangan, kalium, zat besi, dan vitamin C.
Bit dan jus bit telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan peningkatan kinerja olahraga.
Manfaat ini ada karena kandungan nitrat anorganik yang tinggi. Buah bit lezat mentah tetapi lebih sering dimasak atau diasinkan. Daunnya - dikenal sebagai bit hijau - juga bisa dimakan. Ada banyak jenis bit, banyak yang dibedakan berdasarkan warnanya - kuning, putih, merah muda, atau ungu tua.

Fakta nutrisi


Bit terdiri dari air (87%), karbohidrat (8%), dan serat (2-3%). Satu cangkir (136 gram) bit rebus mengandung kurang dari 60 kalori, sementara 3/4 cangkir (100 gram) bit mentah mengandung nutrisi sebagai berikut:

Kalori: 43
Air: 88%
Protein: 1,6 gram
Karbohidrat: 9,6 gram
Gula: 6,8 gram
Serat: 2,8 gram
Lemak: 0,2 gram
Karbohidrat

Bit mentah atau dimasak menawarkan sekitar 8-10% karbohidrat. Gula sederhana - seperti glukosa dan fruktosa - masing-masing terdiri dari 70% dan 80% karbohidrat dalam bit murni dan dimasak.
Bit juga merupakan sumber fructans - karbohidrat rantai pendek yang diklasifikasikan sebagai FODMAPs. Beberapa orang tidak dapat mencerna FODMAP karena menyebabkan gejala pencernaan yang tidak menyenangkan.
Bit memiliki skor indeks glikemik (GI) 61, sedang. GI adalah ukuran seberapa cepat kadar gula darah naik setelah makan. Di sisi lain, muatan glikemik bit hanya 5, yang sangat rendah. Ini berarti, bit tidak boleh memiliki efek besar pada kadar gula darah karena jumlah total karbohidrat dalam setiap porsi rendah.

Kandungan serat pada buah bit


Bit mengandung serat yang tinggi, menyediakan sekitar 2-3 gram dalam setiap 3/4 cangkir (100 gram) penyajian mentah.
Serat makanan penting sebagai bagian dari diet sehat dan dikaitkan dengan pengurangan risiko berbagai penyakit.

Vitamin dan mineral


Bit adalah sumber vitamin dan mineral penting. Beberapa vitamin dan mineral yang disediakan oleh buah bit meliputi:

Folat (vitamin B9). Salah satu vitamin B, folat penting untuk pertumbuhan jaringan normal dan fungsi sel. Ini sangat penting bagi wanita hamil.
Mangan. Unsur jejak penting, mangan ditemukan dalam jumlah tinggi di biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran.
Kalium. Diet tinggi kalium dapat menyebabkan penurunan tingkat tekanan darah dan efek positif pada kesehatan jantung.
Besi. Mineral penting, zat besi memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh Anda. Ini diperlukan untuk transportasi oksigen dalam sel darah merah.
Vitamin C. Vitamin terkenal ini adalah antioksidan yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.

Manfaat buah bit: darah rendah


Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan jantung. Terlebih lagi, ini merupakan salah satu faktor risiko terkuat untuk penyakit jantung, stroke, dan kematian dini di seluruh dunia.
Makan buah dan sayuran yang kaya akan nitrat anorganik dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan meningkatkan pembentukan oksida nitrat. Studi menunjukkan bahwa bit atau jusnya dapat mengurangi tekanan darah hingga 3-10 mm Hg selama beberapa jam.
Efek tersebut kemungkinan disebabkan oleh peningkatan kadar oksida nitrat, yang menyebabkan pembuluh darah Anda rileks dan melebar.

Manfaat buah bit: meningkatkan kapasitas kebugaran tubuh


Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa nitrat dapat meningkatkan kinerja fisik, terutama selama latihan daya tahan intensitas tinggi. Nitrat diet telah terbukti mengurangi penggunaan oksigen selama latihan fisik dengan memengaruhi efisiensi mitokondria, organ sel yang bertanggung jawab untuk menghasilkan energi.
Bit dan jusnya sering digunakan untuk kebugaran tubuh karena kandungan nitrat anorganiknya yang tinggi. Konsumsi bit dapat meningkatkan kinerja berlari dan bersepeda, meningkatkan stamina, meningkatkan penggunaan oksigen, dan menghasilkan kinerja olahraga yang lebih baik secara keseluruhan.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts