Apakah tiram bagus bagi kesehatan?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

TIRAM BAGI KESEHATAN. Tiram adalah moluska kerang air asin yang hidup di habitat laut, seperti teluk dan lautan. hewan ini bagian penting dari ekosistem, menyaring polutan dari air dan menyediakan habitat bagi spesies lain, seperti teritip dan kerang.
Ada banyak jenis tiram – dagingnya yang asin dan beraroma dianggap sebagai makan terlezat di dunia. Meskipun terkenal dengan kualitas afrodisiak, moluska memiliki banyak manfaat kesehatan.

Fakta gizi pada tiram

Tiram memiliki cangkang keras, berbentuk tidak teratur yang melindungi tubuh bagian dalam yang berwarna abu-abu. Tubuh bagian dalam ini – dikenal sebagai daging – sangat bergizi. Faktanya, satu porsi tiram timur liar 3,5 ons (100 gram) memberikan nutrisi:

  • Kalori: 68
  • Protein: 7 gram
  • Lemak: 3 gram
  • Vitamin D: 80% dari Referensi Harian Intake (RDI)
  • Tiamin (vitamin B1): 7% dari RDI
  • Niasin (vitamin B3): 7% dari RDI
  • Vitamin B12: 324% dari RDI
  • Besi: 37% dari RDI
  • Magnesium: 12% dari RDI
  • Fosfor: 14% dari RDI
  • Seng: 605% dari RDI
  • Tembaga: 223% dari RDI
  • Mangan: 18% dari RDI
  • Selenium: 91% dari RDI

Tiram rendah kalori namun sarat dengan nutrisi, termasuk protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Misalnya, penyajian 3,5 ons (100 gram) menyediakan lebih dari 100% RDI untuk vitamin B12, seng, dan tembaga, dan lebih dari 75% dari kebutuhan harian selenium dan vitamin D. Moluska lezat ini juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, keluarga lemak tak jenuh ganda yang memainkan peran penting dalam tubuh, seperti mengatur peradangan dan menjaga kesehatan jantung dan otak. Mereka yang sedang diet tinggi lemak omega-3 memiliki risiko lebih rendah mengalami kondisi seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Sumber nutrisi penting yang baik

Tiram kaya akan nutrisi, khususnya tinggi vitamin dan mineral berikut:

Vitamin B12. Nutrisi ini sangat penting untuk pemeliharaan sistem saraf, metabolisme, dan pembentukan sel darah. Banyak orang, terutama orang dewasa yang lebih tua, kekurangan vitamin ini.
Seng. Mineral ini memainkan peran penting dalam kesehatan sistem kekebalan tubuh, metabolisme, dan pertumbuhan sel. Satu porsi tiram 3,5 ons (100 gram) menyediakan lebih dari 600% RDI.
Selenium. Mineral ini mempertahankan fungsi dan metabolisme tiroid yang tepat. Ini juga bertindak sebagai antioksidan kuat, membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.
Vitamin D. Vitamin D sangat penting untuk kesehatan kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, dan kesehatan tulang. Banyak orang kekurangan vitamin ini, terutama mereka yang hidup di iklim dingin.
Besi. Tubuh membutuhkan zat besi untuk memproduksi hemoglobin dan mioglobin, protein yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Banyak orang tidak mendapatkan cukup zat besi melalui diet.

Selain berbagai peran dalam kesehatan, banyak nutrisi ini juga menawarkan perlindungan antioksidan. Misalnya, selenium adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif, ketidakseimbangan yang terjadi ketika jumlah radikal bebas yang berlebihan diproduksi. Stres oksidatif telah dikaitkan dengan berbagai kondisi kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan penurunan mental. Terlebih lagi, seng dan vitamin B12 dan D juga memiliki efek antioksidan, meningkatkan manfaat perlindungan tiram bahkan lebih tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan makanan kaya antioksidan menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker tertentu, dan semua penyebab kematian.

Tiram adalah kerang yang kaya akan gizi dan menawarkan beragam manfaat kesehatan. Mereka mengandung protein, vitamin, mineral, dan antioksidan berkualitas tinggi – yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan. Meski demikian, tiram mentah dapat mengandung bakteri yang berbahaya. Jadi, konsumsi tiram setelah dimasak untuk menghindari infeksi.

Bila GOFITers penyuka makanan laut, cobalah menambahkan moluska lezat dan padat nutrisi ini ke dalam diet.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *