7 Manfaat pisang merah dibanding pisang kuning

By:
Posted: May 4, 2019

MANFAAT PISANG MERAH. Ada lebih dari 1.000 varietas pisang di seluruh dunia. Pisang merah adalah subkelompok pisang dari Asia Tenggara dengan kulit berwarna merah. Teksturnya lembut dan memiliki rasa manis saat matang. Beberapa orang mengatakan rasanya seperti pisang biasa - tetapi dengan sedikit rasa raspberry.
Beberapa orang sering menggunakan jenis pisang ini sebagai makanan makanan penutup yang dipadukan dengan hidangan gurih. Dari sisi nutrisi, pisang merah memberikan banyak nutrisi penting dan dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung, dan pencernaan.

Mengandung nutrisi penting


Seperti pisang kuning, pisang merah memberikan nutrisi penting. Pisang kaya akan kalium, vitamin C, dan vitamin B6 dan mengandung serat dalam jumlah yang cukup. Satu pisang merah kecil (3,5 ons atau 100 gram) menyediakan:

  • Kalori: 90 kalori

  • Karbohidrat: 21 gram

  • Protein: 1,3 gram

  • Lemak: 0,3 gram

  • Serat: 3 gram

  • Potassium: 9% dari Reference Daily Intake (RDI)

  • Vitamin B6: 28% dari RDI

  • Vitamin C: 9% dari RDI

  • Magnesium: 8% dari RDI


Pisang merah kecil hanya mengandung sekitar 90 kalori dan sebagian besar terdiri dari air dan karbohidrat. Jumlah vitamin B6, magnesium, dan vitamin C di dalamnya sangat tinggi.

Menurunkan tekanan darah


Kalium adalah mineral penting untuk kesehatan jantung karena perannya dalam mengatur tekanan darah. Pisang merah kaya akan kalium - dengan satu buah kecil menghasilkan 9% dari RDI.
Penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak makanan kaya kalium dapat membantu mengurangi tekanan darah. Sebuah penelitian dari 22 studi terkontrol menemukan bahwa makan lebih banyak potasium menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 7 mm Hg. Efek ini paling kuat dialami orang yang memiliki tekanan darah tinggi pada awal penelitian.
Mineral penting lainnya untuk kontrol tekanan darah adalah magnesium. Satu pisang merah kecil menyediakan sekitar 8% dari kebutuhan harian mineral. Sebuah telaah dari 10 studi mencatat bahwa meningkatkan asupan magnesium sebesar 100 mg per hari dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi hingga 5%.
Selain itu, meningkatkan asupan magnesium dan kalium mungkin lebih efektif dalam mengurangi tekanan darah daripada makan lebih dari satu saja mineral.

Mendukung kesehatan mata


Pisang merah mengandung karotenoid - pigmen yang memberi buahnya kulit kemerahan. Lutein dan beta karoten adalah dua karoten dalam pisang merah yang mendukung kesehatan mata.
Sebagai contoh, lutein dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia (AMD), penyakit mata yang tidak dapat disembuhkan dan penyebab utama kebutaan.
Faktanya, satu ulasan dari 6 studi menemukan bahwa makan makanan yang kaya lutein dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia lanjut sebesar 26%. Beta karoten adalah karotenoid lain yang mendukung kesehatan mata, dan pisang merah menyediakan lebih banyak daripada varietas pisang lainnya. Beta karoten dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh - salah satu vitamin paling penting untuk kesehatan mata.

Kaya akan Antioksidan


Seperti kebanyakan buah dan sayuran lainnya, pisang merah mengandung antioksidan kuat. Bahkan, pisang merah memberikan jumlah antioksidan yang lebih tinggi daripada pisang kuning.
Antioksidan adalah senyawa yang mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas. Radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan ketidakseimbangan yang dikenal sebagai stres oksidatif, yang terkait dengan kondisi seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.
Antioksidan utama dalam pisang merah termasuk:

  • karotenoid

  • anthocyanin

  • vitamin C

  • dopamin


Antioksidan dapat menawarkan manfaat poteksi kesehatan. Sebagai contoh, satu tinjauan ilmiah menemukan bahwa asupan diet anthocyanin mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebesar 9%. Konsumsi buah-buahan yang kaya antioksidan - seperti pisang merah - dapat menurunkan risiko beberapa kondisi kronis.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts