Pengganti soda kue yang setara

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

BAKING SODA. Soda kue adalah bahan pokok pembuat roti yang berpengalaman dan amatir. Secara formal dikenal sebagai natrium bikarbonat, digunakan sebagai ragi atau penambah dalam makanan yang dipanggang, seperti muffin, pancake, kue, dan jenis roti cepat lainnya.
Soda kue adalah zat yang sangat basa, atau basa. Menggabungkannya dengan bahan asam seperti jus lemon atau krim tartar membentuk gas karbon dioksida, yang memungkinkan makanan melebar dan naik, memberi mereka tekstur yang lembut dan halus.
Banyak resep meminta bahan ini, tetapi jangan panik jika kita tidak perlu khawatir. Berbagai bahan dan teknik dapat digunakan untuk menggantikannya. Berikut adalah 4 pengganti pintar untuk soda kue.

Bubuk pengembang

Seperti baking soda, baking powder adalah bahan yang sering digunakan dalam baking agar adonan mengembang. Baking powder sering membingungkan karena memiliki kesamaan dalam nama, fungsi, dan penampilan fisik dengan soda kue. Padahal, keduanya adalah produk yang sangat berbeda.
Faktanya, baking powder adalah kombinasi dari baking soda dan cream of tartar. Ketika terkena cairan dan panas, gas karbon dioksida terbentuk, yang menyebabkan makanan yang dipanggang mengambang.
Baking powder dapat digunakan sebagai pengganti baking soda. Meski begitu, kekuatan raginya tidak sekuat soda kue biasa. Karenanya, kita perlu menggunakan jumlah besar baking powder untuk mendapatkan produk akhir yang sama.
Meskipun hasilnya dapat bervariasi, kita perlu menggunakan tiga kali lipat jumlah baking powder yang akan digunakan sebagai baking soda. Misalnya, jika resep membutuhkan 1 sendok teh soda kue, gunakan 3 sendok teh baking powder sebagai penggantinya.
Cara ini dapat menghasilkan rasa yang sedikit lebih asin dan lebih asam daripada resep aslinya. Jika resep sudah ditambahkan dengan garam, maka kurangi kuantitas, setidaknya setengahnya untuk memperhitungkan perubahan rasa.
Selain itu, baking powder sudah mengandung asam (cream of tartar). Kita perlu mengurangi atau mengganti beberapa bahan lain yang lebih asam dalam resep dengan sesuatu yang netral.

Potasium Bikarbonat dan Garam

Meskipun sering digunakan sebagai suplemen makanan, kalium bikarbonat juga merupakan pengganti untuk soda kue. Pertukaran ini sangat berguna bagi mereka yang mencoba mengurangi asupan natrium, karena kalium bikarbonat tidak mengandung natrium.
Porsi pengganti 1: 1 untuk baking soda. Karena kandungan garamnya yang rendah, kita akan menemukan perubahan pada rasa makanan. Jika tidak khawatir tentang asupan natrium, kita tambahkan garam lebih banyak ke dalam resep untuk memperhitungkan perubahan rasa.
Jumlah garam yang ditambahkan tergantung pada masing-masing resep dan kemungkinan memerlukan beberapa eksperimen. Sekitar 1 / 4–1 / 2 sendok teh garam untuk setiap sendok teh kalium bikarbonat adalah salah satu takaran yang tepat.

Amoniak Baker

Amonia Baker – atau amonium karbonat – adalah pengganti soda kue. Amonia merupakan salah satu agen ragi kimia utama yang digunakan selama abad ke-13. Sayangnya, eksistensinya sering tergantikan oleh baking powder dan baking soda.
Amonia Baker dikenal memberikan kerenyahan yang berbeda pada makanan yang dipanggang, yang sangat diinginkan dalam beberapa permen, seperti kue kering atau biskuit renyah. Amonia Baker dapat menjadi pengganti soda kue dengan perbandingan 1: 1, tetapi mungkin tidak semua resep cocok.
Ketika dikombinasikan dengan panas dan asam, amonia baker menghasilkan karbon dioksida dan amonia. Amonia dapat menciptakan bau yang kuat dan tidak menyenangkan.
Pada makanan yang dipanggang dengan tekstur tipis dan ringan, amonia akan mudah hilang tanpa mempengaruhi hasilnya secara negatif. Namun, dalam makanan yang dipanggang dengan remah yang tebal, seperti kue atau muffin, amonia akan meninggalkan bau yang tidak sedap.

More to explorer

Puma Hoops Hadir di Tanah Air

PUMA secara resmi meluncurkan koleksi basket untuk pasar Indonesia, PUMA Hoops. Rangkaian koleksi PUMA Hoops yang sudah hadir yakni PUMA Clyde Court,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *