Mentimun itu buah atau sayuran?

By:
Posted: April 29, 2019

MENTIMUN. Mentimun adalah tanaman paling populer dan dijual di seluruh dunia. Kita sangat mengenal kerenyahan dan rasa segar yang lembut. Namun, kita sering memiliki pertanyaan bahwa mentimun itu kelompok buah atau sayur?

Apa itu mentimun?


Timun memiliki nama ilmiah Cucumis sativus, mentimun adalah anggota labu, atau Cucurbitaceae, famili tumbuhan. Mereka berasal di berbagai bagian Asia Tenggara tetapi saat ini tumbuh di seluruh dunia. Ukuran dan warna dapat sangat bervariasi tergantung pada varietas, tetapi mentimun terkenal karena bentuknya yang panjang, silindris dan kulit hijau cerah.
Jenis sajian paling populer yaitu mengiris mentimun dan acar mentimun. Sesuai dengan namanya, irisan mentimun adalah yang terbaik untuk dinikmati segar. Kita dapat menemukannya di toko kelontong lokal atau di salad atau piring sayuran mentah.
Acar mentimun biasanya lebih kecil dan sedikit kurang umum daripada varietas irisan.

Opsi konsumsi yang menyehatkan


Mentimun bukan sumber vitamin dan mineral. Alasannya, katena terdiri dari air. Namun, porsi 1/2-cangkir (52-gram) menyediakan sekitar 11% dari rekomendasi harian untuk vitamin K - nutrisi yang memainkan peran penting dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang.
Mentimu juga mengandung senyawa tanaman unik, seperti cucurbitacins dan cucumegastigmanes, yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat. Di sisi lain, ketimun ternyata rendah kalori, karbohidrat, dan lemak, menjadikannya pilihan ideal untuk diet. Belum lagi, sensasi crunch yang menyegarkan untuk berbagai hidangan.

Buah-buahan tradisional


Meskipun banyak orang menganggap mentimun sebagai sayuran, definisi ilmiah menunjukkan bahwa mentimun adalah sejenis buah. Perbedaan ini terutama didasarkan pada fungsi biologis mentimun itu sendiri.
Pada botani (studi tentang tanaman), buah-buahan memungkinkan tanaman berbunga untuk bereproduksi. Buah terbentuk dari indung telur yang ada di dalam bunga dan rumah benih yang akhirnya akan tumbuh menjadi tanaman baru.
Sebaliknya, "sayur" adalah istilah yang dicadangkan untuk bagian lain dari tanaman, seperti daun, batang, atau akar.
Mentimun tumbuh dari bunga dan mengandung puluhan biji yang dapat digunakan untuk membudidayakannya di generasi mendatang. Fungsi dasar inilah yang membuat mentimun digolongkan sebagai buah, bukan bukan sayuran.

Ketagori sayuran


Klasifikasi buah dan sayuran yang berbeda berasal dari cara mengolah makanan (kuliner). Definisi kuliner dari buah atau sayuran biasanya didasarkan pada profil rasa, tekstur, dan aplikasi terbaik dalam hidangan tertentu.
Buah cenderung sangat manis, asam, atau tajam, dan memiliki tekstur lebih lembut, lebih lembut. Buah diolah sebagai hidangan penutup, kue kering, sirup, saus, dan smoothie yang membutuhkan rasa dan tekstur seperti itu.
Di sisi lain, sayuran bertekstur keras dan umumnya memiliki lebih banyak unsur pahit. Sayur cocok dihidangk untuk makanan pembuka, sup, dan salad.
Dari sisi rasa, mentimun berada di tengah-tengah antara buah dan sayur. Meski ia cenderung diolah sebagai sayuran. Teksturnya yang segar, rasa lembut pada bagian dalamnya, dan rasa kulit yang sedikit pahit cocok untuk berbagai macam resep gurih.
Mentimun kadang-kadang bisa menghasilkan buah ketika dikombinasikan dengan buah-buahan manis lainnya, seperti berry atau melon.
Praktik kuliner membedakan buah dari sayuran berdasarkan rasa dan tekstur. Mentimun paling sering digunakan dalam hidangan gurih. Inilah yang mengakibatkan timun digolongkan sebagai sayuran.

Kesimpulan


Mentimun adalah jenis tanaman yang bisa dimakan. Timun termasuk dalam keluarga labu. Eksistensi sudah meluas ke seleuruh dunia sebab dibudidayakan secara luas dan menjadi sumber gizi untuk diet.
Mentimun dianggap sebagai sayuran karena cara pengolahannya di dunia kuliner. Namun, saat tumbuh dari bunga dan mengandung biji, secara botani merupakan buah. Terlepas dari status buah atau sayurnya, ada banyak cara untuk menikmati mentimun dalam rutinitas memasak atau kecantikan.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts