Fakta dan manfaat tomat bagi kesehatan

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

MANFAAT TOMAT. Tomat (Solanum lycopersicum) adalah famili nightshade yang berasal dari Amerika Selatan. Meskipun secara botani menjadi buah, umumnya dimakan dan disiapkan seperti sayuran.
Tomat adalah sumber makanan utama antioksidan lycopene, yang bermanfaat bagi kesehatan, misalnya pengurangan risiko penyakit jantung dan kanker. Tomat juga merupakan sumber vitamin C, kalium, folat, dan vitamin K.
Biasanya, tomat matang ditandai denagn warna. Meski begitu, pada jenis tertentu tomat matang berwarna kuning, oranye, hijau, dan ungu. Dari sisi rasa dan bentuk, beberapa tomat memiliki perbedaan.

Fakta nutrisi tomat

Kadar air tomat sekitar 95%. Sisanya, yaitu 5%, terdiri dari karbohidrat dan serat. Berikut adalah nutrisi dalam tomat mentah (100 gram) kecil:

Kalori: 18
Air: 95%
Protein: 0,9 gram
Karbohidrat: 3,9 gram
Gula: 2,6 gram
Serat: 1,2 gram
Lemak: 0,2 gram
Karbohidrat

Karbohidrat terdiri dari 4% tomat mentah, yang jumlahnya kurang dari 5 gram karbohidrat untuk spesimen sedang (123 gram). Gula sederhana, seperti glukosa dan fruktosa, membentuk hampir 70% kandungan karbohidrat.
Selain itu, tomat adalah sumber serat yang baik, menyediakan sekitar 1,5 gram per tomat ukuran rata-rata. Sebagian besar serat (87%) dalam tomat tidak larut, dalam bentuk hemiselulosa, selulosa, dan lignin.

Vitamin dan mineral

Tomat adalah sumber vitamin dan mineral yang baik. Detailnya:

Vitamin C. Vitamin ini merupakan nutrisi penting dan kaya akan antioksidan. Satu tomat berukuran sedang dapat menyediakan sekitar 28% dari Reference Daily Intake (RDI).
Kalium. Mineral esensial, kalium bermanfaat untuk kontrol tekanan darah dan pencegahan penyakit jantung.
Vitamin K1. Juga dikenal sebagai phylloquinone, vitamin K penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang.
Folat (vitamin B9). Salah satu vitamin B, folat penting untuk pertumbuhan jaringan normal dan fungsi sel. Ini sangat penting bagi wanita hamil.

Manfaat tomat bagi kesehatan: jantung

Penyakit jantung – termasuk serangan jantung dan stroke – adalah penyebab kematian paling umum di dunia. Sebuah studi pada pria paruh baya mengaitkan tingkat likopen dan beta-karoten dalam darah yang rendah dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.
Dari uji klinis menunjukkan bahwa suplemen dengan likopen dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (buruk). Studi klinis produk tomat menunjukkan manfaat terhadap peradangan dan penanda stres oksidatif. Dari studi tersebut, mereka yang mengonsumsi tomat menunjukkan efek perlindungan pada lapisan dalam pembuluh darah dan dapat mengurangi risiko pembekuan darah.

Manfaat tomat bagi kesehatan: pencegahan kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali yang menyebar di luar batas normal dan sering menyerang bagian lain dari tubuh.
Studi pengamatan telah mencatat hubungan antara tomat – dan produk tomat – berdampak positif terhadap kanker prostat, paru-paru, dan perut.
Sebuah studi pada wanita menunjukkan bahwa konsentrasi tinggi karotenoid – ditemukan dalam jumlah tinggi pada tomat – dapat melindungi terhadap kanker payudara.

Manfaat tomat bagi kesehatan: kulit

Tomat dianggap bermanfaat bagi kesehatan kulit. Makanan kaya likopen dan senyawa tanaman lainnya pun dapat melindungi kulit terhadap matahari.
Menurut sebuah penelitian, orang yang mencerna 1,3 ons (40 gram) pasta tomat – menyediakan 16 mg likopen – dengan minyak zaitun setiap hari selama 10 minggu mengalami 40% lebih sedikit terbakar sinar matahari.
Dapat disimpulkan, tomat dan produk tomat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Buah ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, karena dapat melindungi dari sengatan matahari.
Tomat memiliki karakter yang berair dan manis, penuh antioksidan, dan dapat membantu melawan beberapa penyakit. Selain itu, tumat cukup tinggi likopen, senyawa tanaman yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung, pencegahan kanker, dan perlindungan terhadap sengatan matahari.

More to explorer

DANAMON RUN 2019 Kembali Digelar

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Bank Danamon” atau “Bank”) akan menggelar kembali ajang lari Danamon Run, lomba lari dengan konsep unik dan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *