Apa itu Noni Juice? Segala hal tentangnya yang perlu diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

JUS NONI. Jus Noni adalah minuman tropis yang berasal dari buah Morinda citrifolia. Pohon dan buahnya tumbuh di aliran lava di Asia Tenggara, terutama di Polinesia.
Noni (diucapkan NO-nee) adalah buah kental seukuran mangga yang berwarna kuning. Rasanya sangat pahit dan memiliki bau yang khas, terkadang seperti bau keju.
Orang-orang Polinesia telah menggunakan noni pada pengobatan tradisional selama lebih dari 2.000 tahun. Umumnya, dipergunakan untuk mengobati masalah kesehatan seperti sembelit, infeksi, nyeri, dan radang sendi.
Saat ini, sebagian besar buah Morinda dikonsumsi sebagai campuran jus. Jus ini dikemas dengan antioksidan kuat dan dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Nutrisi pada buah Morinda

Kandungan nutrisi jus noni sangat bervariasi. Satu studi menganalisis 177 merek jus noni yang berbeda dan menemukan variabilitas nutrisi yang signifikan di antara mereka. Alasannya, jus noni sering dicampur dengan jus buah lain atau ditambahkan pemanis untuk menutupi rasa pahit dan bau busuknya.
Konon, Tahitian Noni Juice – diproduksi oleh Morinda, Inc. – adalah merek paling populer di pasaran dan banyak digunakan dalam penelitian. Ini terdiri dari 89% buah noni dan konsentrat jus anggur dan blueberry 11%. Nutrisi dalam 3,5 ons (100 ml) Tahitian Noni Juice adalah

Kalori: 47 kalori
Karbohidrat: 11 gram
Protein: kurang dari 1 gram
Lemak: kurang dari 1 gram
Gula: 8 gram
Vitamin C: 33% dari Reference Daily Intake (RDI)
Biotin: 17% dari RDI
Folat: 6% dari RDI
Magnesium: 4% dari RDI
Kalium: 3% dari RDI
Kalsium: 3% dari RDI
Vitamin E: 3% dari RDI

Seperti kebanyakan jus buah, jus noni mengandung karbohidrat. Selain itu kaya akan vitamin C, yang penting untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh.
Di sisi lain, vitamin B merupakan sumber biotin dan folat – vitamin B yang berperan penting dalam tubuh, termasuk membantu mengubah makanan menjadi energi.

Kandungan antioksidan pada Noni

Jus Noni dikenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas. Tubuh membutuhkan keseimbangan antioksidan dan radikal bebas agar kesehatan tetap optimal.
Para peneliti menduga bahwa manfaat kesehatan jus noni kemungkinan terkait dengan sifat antioksidannya yang kuat. Antioksidan utama dalam jus noni termasuk beta karoten, iridoid, dan vitamin C dan E.
Secara khusus, terlihat aktivitas antioksidan yang kuat dalam studi tabung reaksi – meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi efeknya pada manusia.
Meski demikian, penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya antioksidan – seperti yang ditemukan dalam jus noni – dapat menurunkan risiko kondisi kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

Dosis dan efek samping

Terdapat pertentangan mengenai keamanan jus noni. Alasannya, sedikit penelitian pada manusia yang mengevaluasi dosis dan efek sampingnya.
Misalnya, satu penelitian kecil pada orang dewasa yang sehat menunjukkan bahwa minum hingga 25 ons (750 ml) jus noni per hari cukup aman. Namun, pada 2005, beberapa kasus keracunan hati dilaporkan pada orang yang mengonsumsi jus noni. Otoritas Keamanan Makanan Eropa (EFSA) kemudian mengevaluasi kembali buah tersebut, menyimpulkan bahwa jus noni tidak menyebabkan efek ini.
Pada tahun 2009, EFSA mengeluarkan pernyataan lain yang menegaskan keamanan jus noni untuk populasi umum. Namun, para ahli EFSA melaporkan bahwa beberapa individu mungkin memiliki sensitivitas tertentu untuk efek toksisitas hati.
Selain itu, orang dengan penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal sebaiknya menghindari jus noni – karena tinggi kalium dan dapat menyebabkan kadar senyawa dalam darah tidak aman.
Selain itu, jus noni dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti obat tekanan darah tinggi atau untuk memperlambat pembekuan darah. Untuk alasan ini, kita perlu berkonsultasi dengan dokter keluarga.

More to explorer

DANAMON RUN 2019 Kembali Digelar

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Bank Danamon” atau “Bank”) akan menggelar kembali ajang lari Danamon Run, lomba lari dengan konsep unik dan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *