Manfaat dan kandungan nutrisi pada domba muda

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

DOMBA MUDA. Kambing mudah disukai banyak orang. Daging domba muda adalah sejenis daging merah – daging mamalia yang lebih kaya zat besi daripada ayam atau ikan.
Daging domba muda – di tahun pertama – dikenal sebagai domba, sedangkan daging kambing adalah istilah yang digunakan untuk daging domba dewasa.
Daging domba sering dikonsumsi tanpa pengolahan yang ribet, misalnya cukup diasap dan diasinkan. Karena kaya akan protein berkualitas tinggi dan banyak vitamin dan mineral, domba menjadi bagian terpenting pada program diet.

Kandungan nutrisi pada domba

Domba mengandung protein dam berbagai lemak. Satu porsi 3,5 ons (100 gram) domba panggang memiliki nutrisi:

Kalori: 258
Air: 57%
Protein: 25,6 gram
Karbohidrat: 0 gram
Gula: 0 gram
Serat: 0 gram
Lemak: 16,5 gram

Kandungan protein pada domba

Serupa jenis daging lainnya, daging domba terdiri dari protein. Kandungan protein daging domba tanpa lemak biasanya dimasak 25-26%.
Daging domba adalah sumber protein berkualitas tinggi, menyediakan sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan pemeliharaan.
Oleh karena itu, makan domba – atau jenis daging lainnya – bermanfaat bagi binaragawan, atlet yang pulih, dan orang-orang pasca operasi. Selain itu, konsumsi daging meningkatkan nutrisi pada jaringan otot, yang sedang dibangun atau diperbaiki.

Lemak pada domba

Domba mengandung berbagai lemak, tergantung pada usia, jenis kelamin, dan makanan hewan. Kadar lemak biasanya sekitar 17-21%. Lemak yang dimaksud terdiri dari lemak jenuh dan tak jenuh tunggal – dalam jumlah yang kira-kira sama – tetapi juga memiliki sejumlah kecil lemak tak jenuh ganda.
Jadi, satu porsi 3,5 ons (100 gram) domba panggang memiliki 6,9 gram lemak jenuh, 7 gram tak jenuh tunggal, dan hanya 1,2 gram lemak tak jenuh ganda. Lemak domba, atau lemak, mengandung kadar lemak jenuh yang sedikit lebih tinggi daripada daging sapi dan babi.
Lemak jenuh telah lama dianggap sebagai faktor risiko penyakit jantung, tetapi penelitian belum menemukan keterkaitan antara keduanya. Lemak domba mengandung lemak trans yang dikenal sebagai lemak trans ruminansia.
Tidak seperti lemak trans yang ditemukan dalam produk makanan olahan, lemak trans ruminansia diyakini bermanfaat bagi kesehatan. Trans fat ruminansia adalah asam linoleat terkonjugasi (CLA).
Dibandingkan dengan daging ruminansia lainnya – seperti sapi dan sapi – domba mengandung CLA dalam jumlah tertinggi. CLA telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk berkurangnya massa lemak tubuh, tetapi sejumlah besar suplemen mungkin memiliki efek buruk pada kesehatan metabolisme.

Vitamin dan mineral pada daging domba

Domba adalah sumber yang kaya vitamin dan mineral, termasuk:

Vitamin B12. Penting untuk pembentukan darah dan fungsi otak. Makanan hewani ini kaya akan vitamin, sedangkan tidak pada diet vegan. Kekurangan dapat menyebabkan anemia dan kerusakan neurologis.
Selenium. Daging sering merupakan sumber yang kaya selenium, meskipun ini tergantung pada pakan hewan. Selenium memiliki berbagai fungsi penting dalam tubuh.
Seng. Seng biasanya lebih baik diserap dari daging daripada tanaman. Ini adalah mineral penting yang penting untuk pertumbuhan dan pembentukan hormon, seperti insulin dan testosteron.
Niasin. Juga disebut vitamin B3, niacin melayani berbagai fungsi penting dalam tubuh. Asupan yang tidak cukup sering dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.
Fosfor. Ditemukan di sebagian besar makanan, fosfor sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.
Besi. Domba kaya akan zat besi, sebagian besar dalam bentuk besi heme. Jenis zat besi ini sering ditemukan pada hayati. Uniknya, jenis zat besi ini diserap lebih efisien oleh tubuh daripada zat besi non-heme pada tanaman.

Selain itu, domba mengandung sejumlah vitamin dan mineral lain dalam jumlah yang lebih rendah. Kandungan sodium (garam) sangat tinggi dalam beberapa produk domba olahan.

More to explorer

3 Latihan HIIT Terbaik!

Ingin cepat membakar lemak? Yuk, lakukan High Intensity Interval Training (HIIT) di rumah atau gym terdekat rumah kamu. Fyi, HIIT adalah latihan

Makanan Terbaik untuk Pelari Vegetarian

Mencari tahu apa yang sebaiknya dimakan sebelum melakukan aktivitas lari tak semudah yang dibayangkan ya, apalagi jika kamu seorang vegetarian. Kenapa? Karena

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *