Goldenrod: manfaat, konsumsi ideal, dan mencegahan penyakit

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

GOLDENROD. Goldenrod adalah bunga liar berwarna kuning yang populer sebagai bahan suplemen herbal dan teh. Nama latin ramuan berbahan Goldenrod ini adalah Solidago, yang berarti “membuat seluruh atau menyembuhkan” dan penggunaannya diperuntukkan sebagai pengobatan herbal tradisional.
Goldenrod paling sering digunakan sebagai suplemen untuk meningkatkan kesehatan saluran kemih dan mengurangi peradangan.

Apa itu goldenrod?

Goldenrod tumbuh di Eropa, Asia, dan Amerika Utara dan Selatan. Di tempatnya berasal, ia tumbuh subur di selokan dan ladang pinggir jalan dan sering dianggap sebagai gulma.
Bunga-bunganya berwarna kuning dan mekar di akhir musim panas serta awal musim gugur. Uniknya, Goldenrod mudah untuk diserbukkan silang dengan tanaman lain, sehingga ada lebih dari 100 spesies goldenrod.
Solidago virgaurea – kadang-kadang disebut goldenrod Eropa – merupakan spesies yang paling banyak dipelajari manfaatnya bagi kesehatan. Manfaatnya, menjadi bahan pengobatan tradisional Tiongkok dan pengobatan herbal di beberapa negara Eropa.
Untuk mendapatkan manfaatnya, orang-orang mengonsumsi bagian bunga dan daunnya. Kita dapat membeli goldenrod di toko berupa teh atau suplemen makanan. Teh berbahan dasar Goldenrod ini terasa agak pahit dan beberapa orang cenderung menambahkan gula ke dalam teh Goldenrod.

Sumber tanaman yang kaya senyawa menyehatkan

Goldenrod menyediakan banyak senyawa tanaman bermanfaat, termasuk saponin dan antioksidan flavonoid seperti quercetin dan kaempferol.
Saponin adalah senyawa tanaman yang dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Mereka mungkin sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri dan ragi berbahaya seperti Candida albicans.
Candida albicans adalah jamur yang dapat menyebabkan infeksi ragi vagina, serta infeksi di bagian lain tubuh. Saponin juga telah terbukti memiliki efek antikanker dan anti-inflamasi dalam penelitian tabung dan hewan.
Quercetin antioksidan dan flavonoid kuempferol dalam goldenrod membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas. Kerusakan radikal bebas adalah faktor penyebab kondisi kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.
Aktivitas antioksidan dari goldenrod lebih dari teh hijau dan vitamin C. Antioksidan flavonoid dan senyawa tanaman lain dalam goldenrod juga memiliki manfaat anti-inflamasi.

Dapat mengurangi peradangan

Pada pengobatan tradisional, goldenrod digunakan mengurangi peradangan, yang berkontribusi terhadap rasa sakit dan pembengkakan.
Studi dengan subjek tikus menunjukkan bahwa ekstrak goldenrod yang dikombinasikan dengan ekstrak pohon aspen dan abu dalam suplemen Phytodolor mengurangi pembengkakan jaringan yang terluka sebanyak 60%. Selain itu, campuran kedua tanaman ini mampu menurunkan peradangan yang terkait dengan arthritis sebesar 12-45%, dengan efek yang lebih besar pada dosis yang lebih tinggi.
Pun Goldenrod di Phytodolor telah diuji pada manusia. Berdasar ulasan 11 penelitian pada manusia, pengobatan dengan Phytodolor sama efektifnya dengan aspirin untuk mengurangi nyeri punggung dan radang sendi lutut.
Alasan utama hal ini terjadi karena adanya quercetin, antioksidan flavonoid dalam goldenrod dengan efek anti-inflamasi yang kuat. Di sisi lain, kulit pohon aspen mengandung salisin – bahan aktif dalam aspirin – yang juga berkontribusi terhadap manfaat anti-inflamasi dari campuran herbal yang diuji.
Penelitian tabung reaksi dari Phytodolor menunjukkan bahwa kombinasi bahan – bukan bahan tunggal – mampu menghilangkan rasa sakit. Oleh sebab itu, dibutuhkan studi pada manusia dengan fokus peneltian pada goldenrod. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan peran goldenrod ketika mengobati peradangan dan rasa sakit.
Pada pengobatan tradisional, goldenrod dipakai untuk memerangi peradangan dan rasa sakit. Penelitian pada hewan dan manusia juga menunjukkan bahwa goldenrod dapat meringankan masalah ini, tetapi hanya diuji sebagai bahan campuran.

More to explorer

Puma Hoops Hadir di Tanah Air

PUMA secara resmi meluncurkan koleksi basket untuk pasar Indonesia, PUMA Hoops. Rangkaian koleksi PUMA Hoops yang sudah hadir yakni PUMA Clyde Court,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *