Warna Urine Bisa Menunjukkan Tingkat Kesehatan Anda

By:
Posted: April 25, 2019

JIKA URINE atau air seni dapat berbicara, ia akan mengisahkan apa yang sedang terjadi dalam tubuh. Melalui warnanya, Anda bisa mendapat gambaran sehingga dapat menindaklanjutinya.
#1 Tanpa Warna
Urine atau air kencing yang tanpa warna atau benar-benar jernih seperti air biasa boleh jadi merupakan tanda adanya penyakit diabetes. Ini mungkin disertai dengan gejala lain misalnya sering merasa haus dan selalu buang air kecil. Bila ini terjadi, sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter.
#2 Kuning Bening
Bila warna urine Anda bening namun bernuansa kuning, artinya Anda terhidrasi baik atau cukup minum. Urine yang sehat terdiri dari 96persen air dan sisanya adalah limbah-limbah tubuh yang memang dibuang melaluinya. Kalau urine sehat diletakkan di dalam botol, maka kita bisa membaca tulisan di sebuah kertas yang diletakkan di satu sisi botol dari sisi sebaliknya botol tersebut.
#3 Oranye atau Kuning Tua
Bila warna urine Anda seperti ini, maka besar kemungkinan Anda kurang minum atau alami dehidrasi. Segeralah minum. Bila Anda terlalu sering buang air kecil dengan warna air seni seperti ini, waspadalah. Ginjal Anda mungkin bekerja terlalu berat. Selain itu, warna ini juga bisa menjadi tanda adanya penyakit hepatitis. Atau bisa juga sekadar pertanda bahwa Anda terlalu banyak makan wortel!
#4 Kuning Terang seperti Lampu Neon Kuning
Apakah Anda sering mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung banyak sekali vitamin B kompleks? Urine berwarna kuning terang bisa jadi pertanda bahwa Anda kelebihan dosis vitamin B, khususnya B2. Tubuh Anda tidak bisa menahan terlalu banyak dosis vitamin B2. Bila sudah di luar batas yang bisa dipertahankan tubuh, maka secara otomatis ia akan dibuang setelah disaring melalui ginjal. Ini tidak membahayakan karena termasuk proses normal dari tubuh ketika membuang zat yang tidak diperlukan.
#5 Biru
Terkadang ada urine yang berwarna biru. Secara umum ini terjadi oleh sebab pewarna makanan tertentu yang tergolong biru. Misalnya permen atau minuman-minuman tertentu. Selain itu, ada obat-obatan jenis tertentu yang bisa menyebabkan air seni menjadi biru, misalnya: indomethacin. Bila terjadi terus-menerus, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter karena boleh jadi pertanda adanya infeksi ringan di saluran kemih (urinary tract infection).
#6 Ungu
Anda mungkin heran mengetahui bahwa urine terkadang berwarna ungu. Ini sungguh terjadi pada beberapa orang. Warna ungu pada air seni bisa menjadi pertanda adanya penyakit Porphyria. Bila Anda mengalami berkemih dan mengeluarkan urine berwarna ungu selama berhari-hari, maka segeralah datang ke dokter. Penyakit ini mempengaruhi sistem saraf dan kulit Anda.
#7 Merah
Anda mungkin sudah menebak. Urine berwarna merah berarti terdapat kandungan darah di dalamnya. Ini bisa menjadi pertanda adanya penarahan di saluran kemih yang disebabkan oleh batu ginjal. Selain itu, bisa juga ada kanker di saluran kemih.
#8 Kusam atau Putih
Bila urine Anda berwarna seperti ini, kemungkinan besar Anda alami infeksi bakteri. Jejak aktivitas bakteri membuat urine tercampur zat lain. Ini mengakibatkan warna putih atau kusam. Periksakan diri ke dokter sebelum infeksinya berakibat lebih parah.
#9 Berbusa
Air seni yang berbusa biasanya juga disebabkan oleh infeksi bakteri atau penyakit-penyakit ginjal lainnya. Waspadalah bila ini terjadi. Segera buat janji dengan dokter terdekat
Sehatkan tubuh Anda, maka warna urine akan menyesuaikan dengan status kesehatan Anda. Banyak-banyaklah minum dan sayangi ginjal dan seluruh sistem perkemihan Anda. Anda pasti tidak ingin mengalami gagal ginjal, kan?

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts