Ini 5 Penyebab Sakit Kepala di Pagi Hari

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

PAGI YANG DAMAI dan tenang. Begitu mungkin harapan di benak banyak orang ketika hari baru saja dimulai. Namun tak setiap saat pagi semenyenangkan itu, ya. Hal paling menyebalkan adalah ketika serangan sakit kepala menyergap Anda, bahkan ketika matahari belum beranjak tinggi. Rasa sakit tak tertahankan yang membuat Anda tiba-tiba tak mampu berkutik, merasa sulit untuk bernafas, dan kepala yang terus berdentam nyeri.Tentu saja hal ini bukan sepele, ada penyebab utama di balik serangan sakit kepala tersebut. Marikenali apa saja penyebab sakit kepala di pagi hari.
#1 Waktu Tidur Masih Kurang
Tubuh membutuhkan tujuh sampai delapan jam untuk tidur agar dapat berfungsi normal. Jika kurang dari itu, tubuh memproduksi hormon tertentu. Ketika hormon fight-or-flight Anda mulai datang, denyut jantung akan meningkat, tekanan darah tinggi datang, dan stres menghampiri, kata Salvatore Napoli, MD, dari New England Center of Neurology, dan semua hal itu menyebabkan sakit kepala.
Untuk meredakan nyeri yang sangat menggangu karena kurang tidur ini, Anda bisa mengonsumsi pereda nyeri dosis ringan seperti ibuprofen, kata Napoli. Obat tersebut dapat mengurangi rasa sakit dengan mengurangi peradangan. Jika masih merasa tidak nyaman, tidurlah 20 sampai 30 menit, hal tersebut dapat membuat Anda merasa lebih baik.Namun hindari tidur siang berlebih karena itu dapat menyebabkan Anda akan kembali sulit tidur di malam hari dan terbangun dengan nyeri yang sama keesokan harinya. Setelah siklus siklus tidur beranjak menjadi normal, sakit kepala akan berangsur hilang.
#2 Terlalu Banyak Tidur
Terlalu banyak tidur menyebabkan penurunan tingkat hormon serotonin di otak, dan kadar serotonin yang rendah akan mengurangi aliran darah ke otak dan memicu sakit kepala, jelas Napoli.
Biasanya, kita melakukan misi balas dendam saat akhir pekan dengan tidur panjang melebihi waktu yang diperlukan. Apa Anda sering melakukan misi yang sama? Rupanya, ini bisa jadi penyebab nyeri di kepala saat bangun pagi. Tapi tenang saja, nyeri ini hanyalah efek samping karena tubuh Anda tidak terbiasa dan masih bisa diredakan dengan ibuprofen.
Akan tetapi, hal yang paling bagus tetaplah bangun pada waktu yang sama setiap harinya, bukan? Maka tetap atur alarm Anda sama seperti biasanya walaupun di akhir pekan.
#3 Tingkat Hormon Endorfin Rendah
Produksi hormon endorfin pada tubuh berada pada titik terendah saat pagi hari, bagi sebagian orang, hal tersebut dapat memicu migrain.Tingkat endorfin rendah dapat memengaruhi tingkat neurotransmiter lainnya, seperti serotonin. Jika kondisi ini berlangsung maka akan menyebabkan pembuluh darah di otak menyempit, jelas Mark Khorsandi, dari Pusat Bantuan Migrain di Dallas dan Fort Worth. Penyempitan itu akan mengurangi aliran darah ke otak, dan memicu sakit kepala.
Cara mengatasinya adalah dengan rutin berolahraga. Berolahraga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hormon endorfin.
#4 Mendengkur
Mendengkur adalah suatu kondisi yang dapat membuat Anda tersedak, tersengal, dan bahkan berhenti bernapas sementara sepanjang malam saat Anda tidur. Saat napas berhenti sejenak, Anda akan kehilangan oksigen yang mengalir ke otak, kata Khorsandi. Beberapa ahli berpendapat bahwa kekurangan oksigen menyebabkan pembuluh darah di otak berkembang, lalu meningkatkan aliran darah dan tekanan di kepala Anda yang kemudian menyebabkan rasa sakit.
#5 Depresi
Depresi dapat menyebabkan sakit kepala kapan pun, karena depresi berkaitan dengan kadar serotonin yang rendah. Depresi mungkin berkaitan dengan kurangnya waktu tidur Anda atau sebaliknya, yang kemudian memicu sakit kepala.Hal tersebut masih bisa diatasi oleh obat pereda nyeri biasa, namun cara terbaik adalah dengan mengatasi akar masalah. Bicarakan dengan dokter kepercayaan Anda. Meminum antidepresan atau terapi dapat membantu Anda kembali normal dan memecahkan masalah dari penyebab nyeri Anda.

More to explorer

Efek squat setiap hari

Efek squat setiap hari

Latihan ini dimulai dengan squat 5 kali seminggu, mulai dari 50 hingga 200-300 pengulangan per hari. Latihan ini sudah banyak dilakukan oleh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *