Berjalan Kaki Lebih Ampuh Cegah Diabetes Ketimbang Lari

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

INI MUNGKIN hal yang harus Anda pertimbangkan: Penelitian dari Duke University melaporkan, berjalan kaki mungkin memberikan perlindungan lebih besar terhadap Anda dari ancaman diabetes ketimbang berlari.
Dalam studi ini, para peneliti meminta orang dengan pradiabetes kondisi di mana kadar gula darah sangat tinggi, namun masih belum memenuhi syarat untuk disebut sebagai diabetes berjalan cepat atau joging sejauh 22 kilometer tiap minggu selama enam bulan.
Para peneliti menemukan, mereka yang berada di kelompok jalan kaki menunjukkan peningkatan toleransi terhadap glukosa enam kali lebih besar ketimbang grup pelari. Toleransi glukosa ini diukur bagaimana sel-sel tubuh tiap orang menyerap gula darah. Butuh penelitian lebih lanjut untuk mengetahui mengapa berjalan kaki memberikan perlindungan lebih besar ketimbang berlari, ujar salah satu peneliti, Cris A. Slentz, Ph.D. dari Duke University.
Namun para peneliti mempunyai sejumlah teori. Salah satu kemungkinannya? Ketika Anda melakukan aktivitas fisik sedang seperti berjalan kaki lima kilometer tubuh cenderung lebih banyak menggunakan asam lemak sebagai sumber energi ketimbang latihan yang lebih keras, seperti joging untuk jarak yang sama.
Ini adalah berita baik bagi mereka yang berisiko mengalami diabetes. Terlalu banyak asam lemak yang membuat tubuh Anda bekerja makin keras untuk memroses hormon insulin. Dan jika tubuh Anda tidak bisa memanfaatkan insulin secara efektif, sel-sel tidak akan bisa menyerap gula darah dari aliran darah.
Jadi tubuh Anda akan meminta insulin lebih banyak sebagai tindakan kompensasi. Pada akhirnya, tubuh Anda tidak dapat menghasilkan cukup banyak agar efektif membuang gula darah dari aliran darah, yang memicu pradiabetes dan diabetes. Hingga penelitian lebih lanjut dilakukan, masih belum jelas apa berjalan kaki memberikan pengaruh pada orang sehat dengan cara yang sama untuk mereka yang termasuk golongan pradiabetes.Jadi jika Anda masuk kelompok pradiabetes, pastikan jalan kaki sebagai rutinitas aktivitas fisik Anda. Tetapi jangan mengabaikan joging. Aktivitas fisik yang keras adalah salah satu kunci yang memromosikan kesehatan jantung, di samping meningkatkan mobilitas dan fungsi tubuh lainnya. Mengombinasikan keduanya dalam sebuah rancangan latihan bisa membantu Anda mendapatkan manfaat terbaik dari aktivitas fisik.

More to explorer

Latihan kaki pemula

Latihan kaki pemula

Seringkali, kita berpikir bahwa latihan kaki tidak begitu penting atau kaki sudah terlihat “cukup kuat”. Atau mungkin … memang tidak suka melatih

Manfaat kombucha

Manfaat kombucha

Kombucha adalah teh hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian ditambahkan starter mikroba, yaitu bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa ragi, Saccharomyces

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *