5 Tanda alpukat sudah tak layak konsumsi

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

TANDA ALPUKAT LAYAK KONSUMSI. Alpukat tetap mentah hingga dipetik pohon. Meski demikian, proses pematangan ini akan terjadi dengan cepat. Setelah matang, kita memiliki rentang waktu yang sebelum buah mulai rusak.
Lalu, bagaimana menentukan alpukat busuk dan tidak layak dikonsumsi? Berikut beberapa tanda-tandanya:

Terlalu lembek dengan kulit tidak beraturan

Saat memeriksa kematangan, gunakan telapak tangan untuk meremas alpukat dengan lembut. Jangan menekan buah dengan jari-jari karena dapat menimbulkan “memar” pada daging.
Jika alpukat sangat keras dan tidak empuk sama sekali, itu tidak matang. Jika sedikit empuk, kemungkinan matang dan siap untuk dimakan. Bila diperas mengakibatkan lekukan, maka itu terlalu matang.
Selain itu, jika alpukat sudah memiliki area cekung atau tampak mengempis sebelum dipencet, kemungkinan alpukat itu sudah melewati titik matangnya.

Kulit yang menghitam

Beberapa jenis alpukat mengalami perubahan warna kulit yang berbeda saat matang, terutama jenis Hass, dimana 80% alpukat jenis ini dikonsumsi d seluruh dunia.
Ketika tidak sepenuhnya matang, alpukat Hass memiliki kulit hijau cerah bergelombang. Kondisi ini akan berubah menjadi hijau tua atau coklat saat matang. Jika kulit terlihat hampir hitam dan buahnya terasa lembek saat disentuh, ia terlalu matang.
Selain Hass, beberapa jenis lain yaitu zutano dan fuerte. Keduanya akan mempertahankan warna kulit hijau meski masih matang. Oleh sebab itu, kita perlu lebih teliti untuk menentukan apakah mereka dalam kondisi baik.

Daging gelap dan berserat

Setelah memotong alpukat, lebih mudah untuk menentukan kondisinya. Tentu saja, ini hanya opsi setelah membelinya.
Alpukat yang siap dimakan memiliki daging hijau muda. Yang busuk memiliki bintik-bintik coklat atau hitam di seluruh daging. Namun, bintik cokelat pada satu bagian (terisolasi) mungkin disebabkan oleh memar, bukan pembusukan yang meluas sehingga dapat dipotong.
Tanda kondisi busuk buah alpukat lainnya adalah goresan-goresan gelap pada daging.
Namun, beberapa alpukat – terutama yang dipanen dari pohon muda – mungkin memiliki garis-garis gelap meskipun tidak busuk. Jika buahnya terlihat bagus dan rasanya tidak enak, maka itu tetap layak dikonsumsi.
Demikian pula, tekstur alpukat yang berserat ketika telah rusak. Jika tidak ada tanda-tanda busuk lainnya, itu tidak selalu buruk. Tekstur berserat juga dapat dikaitkan dengan kondisi pertumbuhan.

Rasa dan bau yang tidak sedap

Alpukat matang memiliki aroma “lezat”, sedikit manis dan rasanya agak pedas. Saat buahnya rusak, rasa dan bau tidak normal. Jika memiliki rasa atau bau asam, mungkin ada pembusukan bakteri dan harus dibuang.
Bau dan rasa “kimia” menandakan bahwa buah itu tengik dan tidak layak dikonsumsi. Ini dapat terjadi ketika oksigen atau mikroba merusak atau memecah lemak tak jenuh buah.
Ketengikan dapat menyebabkan pembentukan senyawa toksik. Jangan makan alpukat dalam konsisi tengik. Rasa alpukat yang matang dapat bervariasi, tetapi biasanya mudah untuk diketahui. Melalui aroma, rasa, sentuhan, dan inspeksi visual, kita dapat menentukan apakah alpukat telah rusak.

Bentuk cetakan pada buah

Jamur pada alpukat umumnya berwarna putih atau abu-abu dan terlihat kabur. Jangan mengendusnya, karena kita dapat menghirup spora jamur dan memicu masalah pernapasan. Hindari membeli alpukat dengan jamur di bagian luar karena dapat menembus daging dan menyebabkan kerusakan.
Jika kita memotong alpukat dan melihat jamur, buang seluruh buahnya. Meskipun jamur hanya terlihat di satu area, jamur dapat dengan mudah menyebar ke daging. Jangan konsumsi alupkat jenis ini.

More to explorer

6 Cara Taklukkan Tanjakan

SETIAP KAYUHAN PEDAL yang Anda lakukan ketika mengendarai sepeda di tanjakan memiliki satu elemen dasar: Kerja keras. Tetapi ada hal lain yang

Apakah stevia aman dikonsumsi?

Apakah stevia aman dikonsumsi?

APAKAH STEVIA AMAN DIKONSUMSI. Stevia adalah nama popular dari bahan makanan dari tanaman Stevia rebaudiana. Daun Stevia rebaudiana banyak digunakan oleh masyarakat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *