Manfaat jus apel yang tidak banyak diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

MANFAAT JUS APEL. Apel adalah makanan yang sangat sehat, tetapi tidak demikian dengan jus apel yang pro-kontra. Ketika dijus, kualitas hidrasi pada apel akan lebih maksimal. Meski demikian, mengubah apel menjadi jus akan mengurangi manfaat lain dari apel utuh, termasuk serat dan kemampuan untuk memuaskan rasa lapar.

Berikut adalah 4 manfaat minum jus apel.

Meng-hidrasi tubuh

Jus apel terdiri dari 88% air. Ini membuatnya mudah dikonsumsi – terutama bagi mereka yang sakit dan memiliki risiko peningkatan dehidrasi.
Beberapa dokter anak merekomendasikan jus apel setengah – campuran setengah jus dan setengah air – untuk anak-anak usia satu tahun yang sakit dan mengalami dehidrasi ringan.
Sebuah studi pada anak-anak yang mengalami dehidrasi ringan dengan diare dan muntah, mereka yang diberu jus apel encer 6,5% lebih sedikit membutuhkan cairan daripada mereka yang diberi minuman elektrolit obat.
Meskipun minuman elektrolit diformulasikan secara khusus untuk rehidrasi, beberapa anak tidak menyukai rasanya dan tidak akan meminumnya. Harganya pun relatif mahal.
Jus apel encer adalah alternatif yang praktis dan menyenangkan untuk anak-anak, serta orang dewasa.
Pastikan untuk meminum jus encer untuk direhidrasi, karena kadar gula yang tinggi dapat menarik air berlebih ke usus dan memperburuk diare – terutama selama pemulihan dari penyakit.
Pada kasus dehidrasi yang lebih parah, minuman elektrolit obat masih disarankan. Meskipun jumlah kalium dalam jus apel mirip dengan minuman elektrolit, ia memiliki sedikit natrium, yang juga hilang melalui cairan tubuh ketika sakit.

Mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat

Apel kaya akan senyawa tanaman, terutama polifenol. Sementara sebagian besar senyawa ini ada dalam kulitnya dan beberapa disimpan di dalam dagingnya.
Senyawa tanaman ini dapat melindungi sel-sel dari peradangan dan kerusakan oksidatif. Kedua proses ini merupakan faktor mendasar dalam kondisi kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung tertentu.
Di sebuah penelitian, pria sehat minum 160 ml jus apel, kemudian para ilmuwan mengambil darah mereka. Kerusakan oksidatif dalam darah berkurang dalam waktu 30 menit setelah minum jus, dan efek ini berlanjut hingga 90 menit.
Untuk memperoleh polifenol yang lebih banyak, pilih jus yang keruh dan mengandung pulp – daripada bening. Satu analisis menemukan bahwa jus apel keruh memiliki polifenol hingga 62% lebih banyak daripada jus bening.

Menyehatkan jantung

Senyawa tanaman – termasuk polifenol – dalam jus apel bermanfaat bagi kesehatan jantung.
Polifenol dapat mencegah kolesterol LDL (buruk) teroksidasi dan menumpuk di arteri. LDL yang teroksidasi akan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
Satu studi mengamati bahwa ketika orang dewasa yang sehat minum 1 1/2 cangkir (375 ml) jus apel bening setiap hari selama 6 minggu, kolesterol LDL (buruk) tidak teroksidasi 20% lebih dibandingkan dengan awal penelitian.
Selain itu, ketika wanita sehat minum 1 1/4 cangkir (310 ml) jus apel bening, aktivitas antioksidan darah meningkat hampir 11% dalam waktu 1 jam setelah meminum jus, dibandingkan dengan minuman plasebo.
Peningkatan aktivitas antioksidan ini berarti lebih banyak perlindungan potensial dari penyakit jantung. Namun, masih banyak penelitian pada manusia untuk memastikan manfaat kesehatan jantung.

Melindungi otak seiring bertambahnya usia

Studi menunjukkan bahwa jus apel dapat mempertahankan fungsi otak dan kesehatan mental seiring bertambahnya usia.
Beberapa perlindungan ini terjadi karena adanya aktivitas antioksidan dari polifenol yang ditemukan dalam jus. Mereka dapat melindungi otak dari kerusakan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.
Pada serangkaian penelitian, tikus yang lebih tua diberi jus apel setiap hari yang setara dengan 2-3 cangkir (480-720 ml) untuk manusia. Ketika tikus mengonsumsi jus selama satu bulan, mereka:

  • Jauh lebih baik pada tes memori berbasis labirin, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak menerima jus.
  • Mempertahankan tingkat asetilkolin otak, pembawa pesan saraf yang penting untuk daya ingat dan kesehatan mental
  • Menekan peningkatan fragmen protein beta-amiloid di otak, yang terkait dengan kerusakan otak pada penyakit Alzheimer

Penelitian pada manusia lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat jus apel untuk fungsi otak dan mengklarifikasi berapa banyak yang dibutuhkan untuk tujuan ini.

More to explorer

3 Latihan HIIT Terbaik!

Ingin cepat membakar lemak? Yuk, lakukan High Intensity Interval Training (HIIT) di rumah atau gym terdekat rumah kamu. Fyi, HIIT adalah latihan

Makanan Terbaik untuk Pelari Vegetarian

Mencari tahu apa yang sebaiknya dimakan sebelum melakukan aktivitas lari tak semudah yang dibayangkan ya, apalagi jika kamu seorang vegetarian. Kenapa? Karena

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *