Jenis beras apa yang paling sehat?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

JENIS-JENIS BERAS. Beras merupakan makanan pokok di banyak negara dan sumber energi yang murah dan bergizi. Ada banyak varietas biji-bijian populer yang berbeda, dari sisi warna, rasa, dan nilai gizi. Beberapa mengandung nutrisi dan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, sementara yang lain memiliki profil nutrisi yang minim.
Kita akan membahas jenis beras yang paling bergizi dan mengapa harus memilihnya untuk dikonsumsi setiap hari.

Beras merah

Beras merah adalah beras gandum dengan cangkang pelindung luar. Tidak seperti nasi putih yang mengandung lapisan dedak dan kuman.
Sebagai contoh, dedak beras merah mengandung flavonoid antioksidan apigenin, quercetin, dan luteolin. Senyawa ini berperan mencegahan penyakit. Konsumsi makanan ber-flavonoid secara teratur meminimalisir risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker tertentu.
Nasi merah memberi sejumlah kalori dan karbohidrat yang serupa dengan nasi putih. Namun, varietas coklat memiliki serat sekitar tiga kali lebih banyak dan lebih tinggi protein.
Serat dan protein meningkatkan perasaan kenyang dan dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Terlebih lagi, memilih nasi merah daripada nasi putih dapat membantu mengatur gula darah dan insulin, hormon yang mendukung kadar gula darah yang sehat.
Sebuah penelitian pada 15 orang dewasa yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 7 ons (200 gram) beras merah selama 5 hari memiliki kadar gula darah dan insulin yang jauh lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi jumlah nasi putih yang sama.
Selain itu, kelompok beras merah mengalami persentase perubahan insulin 57% lebih rendah dari persentase perubahan 5 hari yang diamati pada kelompok nasi putih.
Akibatnya, nasi merah mungkin menjadi pilihan yang lebih baik bagi mereka yang menderita diabetes. Terlebih lagi, nasi merah mengandung magnesium yang tinggi, mineral penting dalam gula darah dan metabolisme insulin.

Beras hitam (terlarang)

Varietas beras hitam, seperti beras hitam Indonesia dan beras hitam melati Thailand, memiliki warna hitam pekat yang sering berubah menjadi ungu saat dimasak.
Jenis ini kadang-kadang disebut sebagai beras terlarang, karena dikatakan telah dicadangkan untuk royalti di Tiongkok kuno.
Penelitian menunjukkan bahwa beras hitam mengandung antioksidan tertinggi dari semua varietas, menjadikannya pilihan yang bergizi.
Antioksidan adalah senyawa yang melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh kelebihan molekul yang disebut radikal bebas dan menyebabkan stres oksidatif.
Stres oksidatif menjadi penyebab penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker tertentu, dan penurunan mental.
Beras hitam sangat kaya akan anthocyanin, pigmen tanaman flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.
Antosianin terbukti memiliki sifat antikanker yang kuat. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi makanan kaya antosianin yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah, termasuk kanker kolorektal.
Terlebih lagi, dalam penelitian tabung reaksi, anthocyanin yang berasal dari beras hitam secara efektif menekan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara manusia.

Beras merah

Varietas beras merah, seperti beras merah Himalaya dan beras merah Thailand, sangat berpigmen dan mengandung sejumlah nutrisi dan senyawa tanaman bermanfaat.
Jenis ini lebih tinggi protein dan serat daripada varietas nasi putih, tetapi yang paling menonjol adalah kandungan antioksidannya.
Seperti beras hitam, beras merah mengandung antioksidan flavonoid, termasuk anthocyanins apigenin, myricetin, dan quercetin.
Penelitian menunjukkan bahwa beras merah memiliki potensi lebih besar untuk melawan radikal bebas dan mengandung konsentrasi antioksidan flavonoid yang lebih tinggi daripada beras merah.
Flavonoid dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh, menjaga kadar radikal bebas, dan dapat mengurangi risiko kondisi kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

More to explorer

6 Cara Taklukkan Tanjakan

SETIAP KAYUHAN PEDAL yang Anda lakukan ketika mengendarai sepeda di tanjakan memiliki satu elemen dasar: Kerja keras. Tetapi ada hal lain yang

Apakah stevia aman dikonsumsi?

Apakah stevia aman dikonsumsi?

APAKAH STEVIA AMAN DIKONSUMSI. Stevia adalah nama popular dari bahan makanan dari tanaman Stevia rebaudiana. Daun Stevia rebaudiana banyak digunakan oleh masyarakat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *