5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Pesepeda Pemula

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

JIKA ANDA masih ingin bersepeda secara berkelompok, sebaiknya Anda mepersiapkan diri. Namun persiapan itu bukan hanya meliputi apa yang harus Anda lakukan, tetapi juga apa yang seharusnya tidak boleh Anda lakukan. Berikut adalah lima hal yang sebaiknya Anda segera berhenti melakukannya.
#1 MENGONSUMSI MAKANAN TINGGI LEMAK DAN SERAT
Makanan yang Anda konsumsi sebelum pergi bersepeda sebaiknya adalah sumber energi yang mudah dipecah secara cepat. Lemak dan serat tidak masuk dalam kualifikasi ini. Makanan kaya serat butuh waktu untuk dicerna, dan bertahan cukup lama di lambung, ujar Barbara Lewin, RD, pemilik Sports-nutritionist.com. Hal yang sama berlaku untuk makanan kaya kandungan lemak. Selain berpotensi membuat Anda merasa sakit, makanan yang terlalu lama bersarang di lambung tidak dicerna cukup cepat untuk memberikan kebaikan terhadap Anda. Artinya, makanan-makanan tersebut tersebut tidak dicerna secara efisien untuk memberikan energi ke otot. Sebaiknya, kata Lewin, pilih karbohidrat dan protein rendah lemak.
#2 MINUM AIR TERLALU BANYAK
Air, tentu saja , sangat dibutuhkan. Tetapi aturannya jelas: Dalam jumlah sedang. Jika tubuh Anda tidak mendapatkan pasokan air yang mencukupi sebelum bersepeda, Anda mungkin tergoda untuk minum 1-2 gelas air. Ini bukan tindakan bijaksana. Lambung dan hati Anda hanya bisa sejumlah cairan tertentu dalam satu waktu. Minum terlalu banyak hanya akan membuat air mondar-mandir di lambung dan membuat berhenti mengayuh pedal sepeda untuk ke kamar mandi sering dan lebih dini. Pasokan air yang terlalu banyak ke tubuh juga bisa membuat Anda mengalami hyponatremia. Meski jarang terjadi, hyponatremia bisa menyebabkan sejumlah gejala termasuk sakit kepala, kelelahan, dan mual-mual yang membuat Anda harus keluar dari jalanan. Sebaiknya Anda minum 500 mililiter air secara bertahap (perlahan) 1-2 jam sebelum pergi bersepeda. Ini akan menyediakan waktu yang cukup bagi Anda untuk bolak-balik ke kamar mandi. Selama bersepeda, minum air secara rutin tiap 15-20 menit sekali.
#3 BERSEPEDA TANPA MELAKUKAN PENGECEKAN
Saat Anda sudah mengayuh pedal sepeda selama 20 menit, dan kemudian baru mengetahui jika rem tunggangan Anda tidak berfungsi. Jelas ini sebuah kesalahan fatal. Jack Sheehafer, manajer program wanita di USA Cycling menasehatkan, lakukan pengecekan perlengkapan bersepeda Anda (secara cepat) sebelum pergi. Roda yang sobek, rem yang tidak berfungsi, cleat yang rusak bisa membuat Anda melakukan perbaikan di jalanan, bukannya malah bersepeda, ujarnya. Jika Anda berencana bersepeda jarak jauh, sebaiknya periksa sepeda beberapa hari sebelumnya. Ini memberikan kesempatan bagi Anda pergi ke mekanik sepeda jika memang membutuhkannya. Paling tidak, lakukan pengamatan cepat terhadap sepeda Anda sebelum pergi. Pastikan rantai berputar dengan mulus, ban tidak kempes, dan rem bekerja dengan baik.
#4 MELAKUKAN PEREGANGAN STATIS
Meskipun peregangan bukan hal yang buruk, tetapi mencoba menyentuh jari-jari kaki dengan tangan dan menahan posisi ini selama dua menit sebelum otot-otot panas bukanlah gagasan yang bagus. Ya, mungkin masih terjadi perdebatan soal ini. Teyapi sebagian penelitian melaporkan, peregangan statis sebelum latihan justru melemahkan otot. Sebaiknya mulai mengayuh sepeda selama 10 menit dengan kayuhan ringan untuk memanaskan otot. Peregangan statis juga mempunyai tujuan, demikian juga jenis peregangan lainnya. Namun sebaiknya Anda melakukan peregangan statis usai melakukan aktivitas fisik, bukan sebelumnya.
#5 PERGI TANPA MEBERITAHU SIAPAPUN KEMANA ANDA AKAN BERSEPEDA
Pikirkan jika kemudian Anda cedera dan terdampar di suatu tempat yang terpencil. Mungkin itu bukan hal yang Anda inginkan. Tetapi sebaiknya melakukan persiapan secara maksimal sebelum mengayuh pedal sepeda keluar rumah. Pastikan Anda memberitahu seseorang kemana akan pergi dan jangan lupa membawa kartu identitas, ujar Sheehafer. Anda juga perlu memberitahu seseorang berapa lama akan pergi, dan tentu saja, jangan lupa membawa telpon seluler. Paling tidak, Anda mempunyai peluang menggunggah kisah perjalananan di platform media sosial. Dan yang lebih penting, Anda akan lebih cepat ditemukan dan mendapatkan bantuan saat mengalami musibah dalam perjalanan.

More to explorer

Latihan kaki pemula

Latihan kaki pemula

Seringkali, kita berpikir bahwa latihan kaki tidak begitu penting atau kaki sudah terlihat “cukup kuat”. Atau mungkin … memang tidak suka melatih

Manfaat kombucha

Manfaat kombucha

Kombucha adalah teh hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian ditambahkan starter mikroba, yaitu bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa ragi, Saccharomyces

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *