5 Aturan Kekuatan Sejati

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

PIKIRKAN KEMBALI apapun yang Anda ketahui tentang fitnes. Dengan metode revolusioner ini, Anda akan membuat tubuh lebih padat berotot dan siap untuk digunakan melakukan apapun. Dalam aturan pembangunan kekuatan di artikel ini, kelelahan bukan hasil dari latihan, tapi tujuan latihan. Dan siapa pun yang meragukan metode ini, perlu mempertimbangkan pencapaian atlet-atlet yang pernah melakukannya, seperti peraih delapan medali Olimpiade Apolo Ohno, petinju kelas berat Alexander Zolkin, dan rushing leader di NFL 2013 LeSean McCoy.
Latihannya memang berat, tapi para atlet segera menyadari bahwa mereka memiliki lebih banyak energi dan kekuatan otot ketimbang sebelumnya, ujar John Schaeffer, sang penggagas metode ini. Schaeffer telah mendedikasikan dirinya selama 30 tahun untuk menguasai cara-cara untuk memicunya, merealisasikan, dan kemudian mewujudkannya menjadi nyata. Pelajari lima rahasia latihan Schaeffer untuk mengembangkan potensi Anda dan membawa sesi latihan Anda ke tingkat yang lebih tinggi.
#1 ATURAN MAKAN – JANGAN TAKUT KONSUMSI LEMAK
Hal yang bisa meningkatkan performa seorang atlet secara radikal adalah pasokan nutrisi yang memadai ke dalam tubuh, ujar Schaeffer, yang mengembangkan resep di bawah ini untuk membantu kliennya berlatih lebih keras dan memulihkan diri lebih cepat setelahnya, Sebagian besar kalori berasal dari lemak berkualitas tinggi, sebuah sumber energi yang lebih efisien ketimbang karbohidrat, ujarnya. Plus, peluang tubuh Anda untuk menyimpan lemak sebagai lemak sangat kecil.
>> BIKIN KUE CEMILAN Kombinasikan 1 cup raw oats, 4 sdm minyak kelapa, 2 sdm whey protein, dan 1 cup saus apel. Takaran ini bisa menjadi 4 porsi saja dan Anda tak perlu memanggangnya. Makan satu, tunggu satu jam, dan kemudian silakan berlatih di gym.
#2 ATURAN WAKTU – LATIHAN SINGKAT ADALAH YANG TERBAIK
Pertumbuhan otot dan penghilangan lemak tubuh berbanding lurus dengan waktu yang dicurahkan untuk berlatih, bukan begitu? Tidak, ujar Schaeffer. Dia menekankan pada latihan Ohno menjelang Olimpiade 2012 lalu, yang rata-rata berlangsung di bawah 30 menit. Namun Ohno berlatih lebih keras di durasi waktu itu ketimbang yang dilakukan sebagian besar pria dalam dua jam, ujar Schaeffer. Kepadatan (densitas) latihan mengungguli durasi latihan karena Anda dipaksa untuk selalu beraktivitas dalam intensitas tinggi.
>> JANGAN BUANG WAKTU Jangan buang-buang waktu saat Anda berlatih, termasuk di dalamnya adalah bersosialisasi dengan anggota gym lainnya di pancuran, berbincang-bincang dengan cewek seksi di area treadmill, dan menonton tayang olahraga di TV. Kemudian beri perhatian yang sama pada sesi istirahat selayaknya Anda memperlakukan set dan repetisinya. Sediakan waktu 30 detik atau kurang untuk hal tersebut, ujar Schaeffer.
#3 ATURAN ISTIRAHAT – USAHAKAN SELALU BERLATIH LEBIH KERAS
Tak peduli seberapa keras latihan yang Anda lakukan di gym, Anda mungkin masih bisa memaksimalkannya lagi. Alasannya: Anda selalu meletakkan beban di antara set. Usahakan bertahan dengan beban yang Anda gunakan di sepanjang latihan dan kemudian segera lakukan 1 set gerakan balistik seperti stepup atau pushup — akan merekrut syaraf-syaraf motorik yang selama ini terabaikan dan mengondisikan tubuh Anda memulihkan diri di bawah tekanan, ujar Schaeffer. Taktik ini juga memicu gelombang hormon pembentuk otot.
>> KOMBINASIKAN Tambahkan Paket Latihan Kombo (lihat boks) ke rancangan latihan Anda. Bisa jadi ini akan menyulitkan Anda secara mental dan fisik, ujar Schaeffer. Jadi jangan hanya sekadar melakukannya saja, tapi pastikan Anda mempraktekkannya dengan gerakan dan teknik yang sempurna. Jika Anda merasa gerakan dan teknik Anda mulai tak sempurna, gunakan beban yang lebih ringan.
#4 ATURAN OTAK – KECEPATAN BEREAKSI BISA ANDA LATIH
Otak yang bisa memroses apa yang dilihat dan merespon dengan cepat memiliki sebuah bingkai. Anda bisa melakukan steal, umpan, atau mendarat lebih cepat dan bergerak lebih cepat ketimbang lawan Anda, ujar Schaeffer. Journal of Strength and Conditioning Research melaporkan, para pemain NBA yang kecepatan reaksinya tinggi memiliki angka statistik yang lebih baik. Ini adalah pengubah permainan bagi atlet, ujar Schaeffer. Namun pria-pria biasa bisa melakukan hal yang lebih baik dalam tugas-tugas keseharian, mulai dari mengermudi hingga mengawasi anak.
>> DONGKRAKS REFLEKS ANDA Hadapi mitra latihan pada jarak 10 meter. Tutup mata Anda dan minta dia memantulkan bola tenis pada Anda sembari berterian kiri atau kanan. Ketika dia melakukannya, buka mata Anda dan tangkap dengan tangan. Berlatih sendirian? Gunakan dinding untuk memantulkan bola.
#4 ATURAN PAMUNGKAS -JANGAN TAKUT LEMAK
Sebagian besar pria beranggapan latihan kekuatan dan aktiviats kardio sebagai hal yang terpisah. Tapi latihan interval bisa bermanfaat di akhir latihan resistensi. Tubuh Anda mengingat dan beradaptasi dengan apa yang dilakukannya di sesi latihan terakhir, ujar Schaeffer. Jika Anda mengakhiri dengan lamban, Anda akan lamban. Jadi jangan heran jika para atlet mengakhiri latihannya dengan speedwork.
>> SELIPKAN INTERVAL Jika angkatan terakhir Anda telah tuntas, gunakan treadmill, rowing machine, atau static bike untuk 5-10 interval. Untuk masing-masing interval, lakukan sprint selama 30 detik dan pemulihan selama 30 detik, ujar Schaeffer. Tapi jangan terlalu santai ketika beristirahat. Biasanya saya meminta Louie melakukan sprint 22,7 kilometer per jam dan melakukan pemulihan di kecepatan 13 kilometer per jam.

More to explorer

Latihan kaki pemula

Latihan kaki pemula

Seringkali, kita berpikir bahwa latihan kaki tidak begitu penting atau kaki sudah terlihat “cukup kuat”. Atau mungkin … memang tidak suka melatih

Manfaat kombucha

Manfaat kombucha

Kombucha adalah teh hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian ditambahkan starter mikroba, yaitu bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa ragi, Saccharomyces

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *