Apakah susu cokelat baik bagi kesehatan?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

NUTRISI SUSU COKELAT. Susu coklat adalah susu yang biasanya dibumbui dengan cokelat dan gula. Di sini, kita fokus pada susu cokelat yang dibuat dengan susu sapi. Variatas susu ini bagus untuk memulihkan tubuh dari latihan karena mengandung kalsium dan vitamin D.
Meski demikian, beberapa orang masih ragu dengan manfaatnya. Terlebih, susu cokelat mengandung kadar gula yang tinggi akibat rasa manis di dalamnya.

Nutrisi pada susu cokelat

Susu coklat dibuat dengan mencampurkan susu sapi dengan kakao dan pemanis, seperti gula atau sirup jagung fruktosa.
Varian susu ini mengandung lebih banyak karbohidrat dan kalori dibanding susu tanpa pemanis. Detailnya, berikut kandungan nutrisi dalam 1 cangkir (240 ml) susu coklat:

Kalori: 180–211
Protein: 8 gram
Karbohidrat: 26–32 gram
Gula: 11–17 gram
Lemak: 2,5–9 gram
Kalsium: 28% dari Reference Daily Intake (RDI)
Vitamin D: 25% dari RDI
Riboflavin: 24% dari RDI
Kalium: 12% dari RDI
Fosfor: 25% dari RDI
Susu coklat juga mengandung sedikit seng, selenium, yodium, magnesium, dan vitamin A, B1, B6, B12.

Selain beberapa zat di atas, susu memiliki kandungan protein yang lengkap sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Asam amino kaya akan leusin, yang bermanfaat mempertahankan otot-otot yang kuat.
Selain amino, susu cokelat ini pun memiliki asam linoleat terkonjugasi (CLA), sejenis lemak omega-6 yang ditemukan dalam daging dan susu, terutama dari hewan yang diberi makan rumput. Beberapa studi menunjukkan bahwa CLA bermanfaat menurunkan berat badan.
Di sisi lain, karena manis, susu coklat mengandung gula 1,5-2 kali lebih banyak daripada susu sapi tanpa pemanis. Menurut beberapa ahli kesehatan konsumsi gula tambahan sebaiknya kurang dari 5-10% dari asupan kalori harian – atau kurang dari 10 sendok teh gula tambahan per hari untuk rata-rata orang dewasa.
Satu cangkir (240 ml) susu coklat dapat mengandung hingga 3 sendok teh gula tambahan. Oleh sebab itu, ada baiknya membatasi konsumsi susu cokelat.
Susu coklat dapat memberi nutrisi yang sama dengan yang ditemukan dalam susu sapi biasa. Namun, itu juga mengandung lebih banyak kalori dan gula 1,5–2 kali lebih banyak daripada susu sapi tanpa pemanis.

Bermanfaat untuk kesehatan tulang

Susu coklat kaya akan kalsium – mineral utama pada tulang – dan menyediakan sekitar 72% dari asupan kalsium harian rata-rata orang. Sebagai pelengkap, kita tetap perlu mengonsumsi sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, buah, daging, unggas, ikan, dan telur.
Kalsium dalam susu mudah diserap. Para peneliti percaya ini mungkin menjadi alasan utama mengapa susu secara konsisten dikaitkan dengan perkembangan tulang yang kuat pada anak-anak dan remaja.
Susu juga kaya protein dan fosfor, serta sering diperkaya dengan vitamin D – yang semuanya merupakan nutrisi tambahan yang penting untuk membangun serta memelihara tulang dan gigi yang kuat.
Atas dasar ini, tidak heran bila peneliti sering menghubungkan konsumsi susu dan produk susu dengan risiko patah tulang dan penyakit tulang yang lebih rendah, seperti osteoporosis – terutama pada orang dewasa yang lebih tua.
Nutrisi yang seperti demikian, tidak hanya termuat di dalam susu. Makanan lain pun memiliki manfaat yang mirip dengan susu, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, rumput laut, sayuran berdaun hijau, molase blackstrap, dan beberapa jenis tahu. Sereal dan jus, serta susu nabati dan yogurt tertentu pun mengandung kalsium dan vitamin D.
Susu kaya akan kalsium, protein, fosfor, dan vitamin D. Nutrisi ini berperan dalam membangun dan mempertahankan tulang yang kuat dan dapat melindungi tulang seiring bertambahnya usia.

More to explorer

6 Cara Taklukkan Tanjakan

SETIAP KAYUHAN PEDAL yang Anda lakukan ketika mengendarai sepeda di tanjakan memiliki satu elemen dasar: Kerja keras. Tetapi ada hal lain yang

Apakah stevia aman dikonsumsi?

Apakah stevia aman dikonsumsi?

APAKAH STEVIA AMAN DIKONSUMSI. Stevia adalah nama popular dari bahan makanan dari tanaman Stevia rebaudiana. Daun Stevia rebaudiana banyak digunakan oleh masyarakat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *