Manfaat konsumsi jahe di pagi hari

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

MANFAAT JAHE. Bukan rahasia lagi, sarapan adalah makanan yang paling penting untuk mengawali aktivitas. Sayangnya, sarapan terkadang membosankan. Namun, berbeda ketika kita punya jahe.
Rempah super serbaguna ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari mengobati mual hingga mengurangi nyeri otot. Tapi bukan itu saja yang membuatnya dijuluki sebagai rempah super. Melainkan, jahe dapat dengan mudah ditambahkan ke makanan harian apa. Berikut bagaimana memperoleh manfaat dari jahe untuk makanan harian:

Tambahkan pada secangkir kopi pagi

Kopi dan jahe menciptakan penangkal radikal bebas yang kuat, terutama berkat peran kopi sebagai salah satu sumber antioksidan terbesar di dunia.
Untuk mendapatkan makanan super di pagi hari, tambahkan jahe bubuk (1 sendok teh per cangkir), atau coba membuat qishr (salah satu minuman asal Yaman). Kopi jahe Timur Tengah tradisional ini tidak hanya pedas dan lezat, tetapi juga dapat membantu pencernaan.

Teh jahe untuk dosis harian vitamin C

Teh jahe adalah minuman populer untuk menghangatkan musim dingin. Tidak hanya hangat dan menenangkan, perut pun akan menerima manfaat dari jahe. Secangkir teh pedas di pagi hari akan sangat membantu dalam meredakan mual, mabuk, atau mual di pagi hari yang disebabkan oleh kehamilan. Kita dapat membuat teh jahe sendiri di rumah dengan memarut jahe dan membiarkannya meresap dalam air mendidih selama 10 menit. Tambahkan gula secukupnya.

Sejumput jahe pada biskuit

Pantry sering diisi dengan selai buah, tetapi pernahkah mencoba selai jahe? Ini mungkin bukan yang paling sehat, tetapi tentu saja merupakan pilihan yang lebih sehat. Kita bisa mendapatkan selai jahe atau membuatnya sendiri. Bila sudah siap, oleskan selai jahe lezat untuk roti bakar atau biskuit.
Bagi siapa pun yang ingin menikmati sensasi klasik, coba variasi selai kacang dan selai jahe yang unik.

Ganti sirup pancakge dengan sirup jahe organik

Baru-baru ini, muncul sirup jahe organik sebagai alternatif sirup pancake. Dengan hanya dua bahan, sirup lezat ini bisa dicampur ke minuman, makanan yang dipanggang, oatmeal, panekuk, dan wafel.
Kita bisa membuat sirup jahe sendiri dengan merebus bahan secara perlahan selama 30 menit dan menyaring campuran melalui saringan dengan tekstur yang lebih halus.

Coba resep anti-inflamasi

Semangkuk granola renyah dan kaya serat selalu merupakan pilihan sarapan yang mudah. Sebagai pelengkap, tambahkan granola jahe yang wangi dan pedas ke dalamnya.
Granola adalah makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan juga bisa ditambahkan dengan minyak, madu atau pemanis lainnya.
Untuk memperoleh resep lezat dari Granola, mulailah dengan memarut 1 inci jahe, campur dengan madu atau minyak kelapa, lalu taburkan di atas mangkuk sarapan. Untuk nutrisi dengan dosis super, konsumsi granola yang dikemas dengan 11 makanan super (termasuk jahe, tentu saja).
Tambahan jahe ke mangkuk sarapan memiliki manfaat anti-inflamasi yang serius, terutama bagi orang-orang dengan rheumatoid arthritis.

Tambahkan jus jahe ke smoothie (atau mimosa!)

Untuk memulai aktivitas yang penuh tantangan, cobalah jus jahe yang “membangkitkan” usus. Jus jahe sanga cocok dicampurkan ke beberapa makanan, seperti tumis dan saus salad. Kombinasi ini bermanfaat meningkatkan metabolisme hingga melawan bakteri secara alami. Selain itu, jahe dapat mengobati rasa sakit, kram menstruasi, dan nyeri akibat olahraga.
Jika jus jahe terlalu kuat, tambahkan jahe ke smoothie pagi hari atau protein setelah latihan.

More to explorer

3 Latihan HIIT Terbaik!

Ingin cepat membakar lemak? Yuk, lakukan High Intensity Interval Training (HIIT) di rumah atau gym terdekat rumah kamu. Fyi, HIIT adalah latihan

Makanan Terbaik untuk Pelari Vegetarian

Mencari tahu apa yang sebaiknya dimakan sebelum melakukan aktivitas lari tak semudah yang dibayangkan ya, apalagi jika kamu seorang vegetarian. Kenapa? Karena

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *